Mempelajari Cara Beternak Lele Yang Benar Dan Menguntungkan

Beternak lele merupakan usaha yang sangat mudah dilakukan dan bisa dijadikan sebagai usaha sampingan bagi anda yang bekerja di kantor. Usaha ternak lele ini juga tidak membutuhkan modal yang besar.

Beternak lele ini ada dua macam yaitu pertama khusus pembibitan lele dan juga membesarkan lele untu siap di konsumsi. Kedua cara ini dapat anda pilih salah satu. Namun jika anda ingin fokus dalam beternak lele kedua macam beternak lele itu juga bagus untuk dilakukan. Berikut akan dijelaskan kedua macam cara beternak lele tersebut:

peternak lele bibit

Cara Beternak Lele Khusus Pembibitan

Untuk beternak lele khusus pembibitan ada beberapa cara yang perlu anda lakukan:

Memilih Indukan Lele

Dalam memilih indukan  untuk pembenihan lele hendaknya dimulai sejak calon induk berukuran 5 -10 cm. Pilihlah ikan lele yang mempunyai keunggulan dan tidak cacat. Kemudian memiliki bentuk tubuh yang baik. Lalu gerakannya yang lincah. Kemudian pertumbuhannya paling cepat.

Untuk ikan lele jantan baru bisa di jadikan indukan jika sudah berumur 8 bulan. Kemudian untuk lele betina minimal sudah berumur 1 tahun.Setelah induk lele di pilih kemudian Pisahkan antara jantan dan betina. Kemudian berikan pakan lele yang bermutu untuk mempercepat pematangan dari lele tersebut.

Teknik Pemijahan Ikan Lele

Setelah pemilihan bibit baik jantan maupun betina dan bibit ikan pun sudah berumur yang cukup maka langkah selajutnya adalah pemijahan. Pemijahan atau mengawinkan ikan lele dilakukan dengan cara alami atau intensif.

Perbedaan dari keduanya adalah jika secara alami maka perkawinan ikan lele tanpa bantuan manusia. Kemudian pemijahan intesif yaitu perkawinan ikan lele yang memelukan campur tangan manusia dalam  proses pembuahannya. Cara memijahkan lele secara intensif adalah dengan penyuntikan hipofisa dan hormon serta pembuahan in vitro.

Pemeliharaan Larva

Setelah proses pemijahan yang menghasilkan larva, selanjutnya pisahkan larva dari induknya. Air kolam harus terjaga kualitasnya agar larva dapat tumbuh dengan baik. Kemudian suhu yang di perlukan kisaran 28-29C.

Pakan larva berupa kuning telur yang telah direbus, haluskan kuning telur kemudian campurkan dengan 1 liter air. untuk satu liter air cukup untuk 100.000 larva. Kemudian setelah berumur 1 minggu berikan pakan berupa cacing sutra. Pakan cacing sutra diberikan hingga larva berumur 3 minggu. Kemudian selanjutnya larva diberi makan pelet yang berbentuk tepung.

Pendederan Benih

Pendederan adalah suatu tahapan untuk melepas benih ikan ke tempat pembesaran sementara. Tempat pendederan dilakukan di kolam kecil dengan pengaturan kolam yang ketat.  Sehingga pendederan benih perlu dilakukan karena ikan masih rentan terhadap hama dan perubahan lingkungan.

Panen Pembenihan Ikan Lele

Untuk menghasilkan benih ikan lele perlu waktu yang cukup lama sampai 8-9 minggu sejak benih menetas. Ukuran benih lele siap panen berkisar 5-7 cm.

Cara memanennya dengan mengeringkan air kolam cara pemanenan dilakukan dengan mengeringkan air kolam secara pelan sampai ikan berkumpul pada titik yang dalam. Kemudian ambil ikan dengan jaring yang halus.

peternak lele di kolam

Cara Beternak Lele Khusus Pembesaran

Berikut adalah cara beternak lele khusus memperbesar lele agar siap di konsumsi

Pembuatan Kolam Untuk Budi Daya Lele

Banyak sekali macam-macam tipe kolam yang bisa digunakan sebagi tempat budidaya lele. Tipe kolam yang umum di gunakan adalah kolam tanah,kolam semen, kolam terpal. Untuk kolam tanah anda bisa melakukan hal-hal berikut.

Pengeringan tanah, pengeringan ini bertujuan untuk memusnahkan mikro organismen jahat yang menyebabkan penyakit. Pengeringan tanah dilakukan 3 -7 haru. Setelah tanah dikeringkan maka langkah selanjutnya adalah pengapuran dan pemupukan.

Pengapuran dapat menyeimbangkan keasaman kolam dan memberantas mikroorganisme pantogen. Untuk pengapuran di perlukan sekitar 250-750 gram per meter persegi. selanjutnya adalah pemupukan. Gunakan paduan pupuk organik ditambah urea dan TSP.

Untuk pupuk kimia  gunakan masing-masing 15 gram dan 10 gram per meter persegi. Kemudian untuk pupuk kandang. Dosisnya sebanyak 250-500 gram per meter persegi. Setelah di beri pemupukan selanjutnya pengaturan air kolam. Air kolam yang ideal memiliki ketingguan 100-120 cm. Kemudian dalam pengisian air kolam harus dilakukan secara bertahap.

Pemilihan Benih Ikan Lele

Pemilihan benih jug asangat perlu di perhatikan karena akan berakibat pada ikan lele yang di hasilkan nantinya. Benih yang dipilih berukuran 5-7 cm dan harus seragam. ciri-ciri benih ikan lele yang berkualitas, mempunyai tubuh yang seimbang, antara kepala dan badannya, tidak cacat, tubuh mengkilap, gerakannya lincah dan sungut berseri.

Pemberian Makan Lele

Pakan lele ada dua macam yaitu pakan utama juga pakan tambahan. Kandungan nutri yang di butuhkan oleh lele adalah  protein minimal 30%, lemak sebesar 4-16%, karbohidrat sebesar 15-20%, sisanya vitamin dan mineral.

Untuk pemberian makan ikan lele harus disesuaikan dengan nafsu makan ikan. Pemberian makan ikan bisa 4-5 kali sehari. Untuk makan tambahan bisa berupa keong mas yang sudah diolah telebih dahulu.

Pengelolaan Air

Pengeloaan air kolam merupakan hal terpenting dalam budidaya ikan lele. Dalam budidaya lele kualitas air harus terjaga agar mendapat hasil lele yang maksimal dan menghindari lele mati.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama juga penting dalam budidaya ikan ini, karena semakin banyak hama maka bissa jadi kita tidak bisa panen. Jenis hama yang biasanya predator seperti linsang, ular, sero, musang air dan burung. Hama pesaing dari lele adalah ikan mujair, jadi pisahkan lele dengan mujair.

Panen Budidaya Ikan Lele

Ukuran ikan lele yang sudah bisa dipanen sebesar 9- 10 ekor per kg. Biasanya memerlukan waktu 2,5-3,5 bulan dari benih berukuran 5-7 cm.

Kesimpulan

Jika Anda ingin menjadi peernak lele yang sukses, Anda harus disiplin untuk menjalankan cara yang telah dijelaskan diatas. Penting juga untuk mencari suplier dan pelanggan yang bisa mensuplai dan membeli hasil panen Anda dengan harga yang bersaing.

Untuk kemajuan bisnis yang lebih baik, diperlukan juga bagi setiap bisnis memiliki pembukuan untuk memantau secara pasti pemasukan dan pengeluaran yang terjadi. Jika Anda merasa kesulitan menggunakan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk proses pembukuan yang lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud dengan fitur terbaik yang bisa menjadi pilihan software akuntansi bisnis Anda. Accurate Online memiliki fitur terlengkap dengan harga yang terjangkau, tanpa perbedaan harga dan fitur.

Penetapan 1 harga untuk semua fitur menjadikan Accurate Online telah digunakan oleh 300 ribu lebih pengguna yang puas dan membawa Accurate Online manjadi peraih Top Brand Award untuk kategori software akuntansi pilihan konsumen Indonesia.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online selama 30 hari secara gratis melalui link ini.

 

Untuk ide bisnis lainnya, Anda bisa membacanya melalui artikel di bawah ini :