5 Cara Perencanaan Bisnis Salon Kecantikan Bagi Pemula

Bisnis salon kecantikan yang hadir saat ini, tentunya menjadi kabar yang menggembirakan bagi para wanita. Pasalnya, bukan saja soal perawatan kecantikan secara pribadi, namun, para wanita bisa terinspirasi untuk membuka bisnis serupa yang menjanjikan. Peluang bisnis ini akan sangat menguntungkan jika pemilik usahanya bisa melakukan perencanaan bisnis salon kecantikan dengan maksimal.

Cara Perencanaan Bisnis Salon Kecantikan

Salon kecantikan yang umumnya hadir dan diminati saat ini, menawarkan beberapa jasa perawatan kecantikan seperti creambath, facial wajah, spa, relaxation hingga make up dan potong rambut. Keseluruhan detail dalam bisnis tersebut, bisa Anda tuangkan dalam perencanaan bisnis salon kecantikan milik Anda. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Mengasah Kemampuan Terlebih Dulu

Serius menekuni usaha salon kecantikan ini, sebaiknya Anda mengasah kemampuan mengenai kecantikan secara lebih mendalam. Akan lebih baik, jika Anda memiliki skill yang mumpuni, disertai dengan kemampuan marketing yang baik. Bagi yang belum memiliki skill di bidang ini, Anda bisa terlebih dulu mengikuti kursus kecantikan agar skill Anda semakin terasah dan bisa memberikan pelayanan terbaik.

2. Mulai Untuk Membuat Perencanaan

Skill di bidang kecantikan sudah dimiliki, maka saatnya membuat rencana  tentang bisnis salon kecantikan Anda. Tulislah beberapa hal penting seperti apa target sasaran bisnis kecantikan ini, bagaimana prospek ke depannya, dan bagaimana menjalani bisnis tersebut. Buatlah rencana ini dengan lebih spesifik, hingga mendata alat dan barang yang diperlukan untuk mulai membuka salon kecantikan milik Anda.

Jangan lupa mencari relasi atau pemasok sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan alat-alat kecantikan dan juga peralatan salon dengan kualitas terbaik dan harga yang bersaing. Relasi adalah hal penting saat Anda membuat suatu bisnis. Dengan banyak relasi, kemungkinan bisnis Anda berkembang akan lebih cepat.

3. Mencari lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis sebagai perencanaan bisnis salon kecantikan Anda, merupakan daya Tarik tersendiri bagi calon konsumen dan pastikan agar mudah dijangkau. Carilah lokasi di sekitar pusat keramaian, kantor, supermarket, dengan akses jalan yang mudah dilalui. Akan lebih tepat, jika salon kecantikan Anda berada di dalam pusat perbelanjaan.

Anda juga bisa memanfaatkan sosial media untuk memasarkan jasa salon kecantikan Anda. Deskripsikan bisnis Anda secara jelas di sosial media atau website Anda, jangan lupakan ulasan positif dari pelanggan Anda.

4. Menyiapkan Karyawan yang Berkompeten Untuk Bekerja di Salon Kecantikan Anda

Saatnya menyiapkan tenaga atau pekerja yang akan ditempatkan di salon kecantikan Anda. Disarankan untuk mencari tenaga kerja yang sudah berpengalaman di bidang salon kecantikan sebelumnya. Sesuaikan jumlah karyawan dengan kebutuhan di salon kecantikan tersebut.

Nantinya, penting juga untuk melaksanakan pelatihan pada karyawan Anda agar mereka mengetahui pengetahuan dan teknik terbaru dalam perawatan kecantikan dan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan mereka pada salon Anda.

5. Mengatur Keuangan Bisnis Salon Kecantikan

Sangat penting untuk mengatur keuangan pada salon kecantikan Anda. Mulai dengan menyimpan data-data transaksi pinjaman dan transaksi penting lainya. Hematlah dalam mengeluarkan dana untuk bisnis kecantikan Anda, terutama bagi para pemula. Jika masih bingung dalam mengatur keuangan, Anda juga bisa menggunakan bantuan software akuntansi khusus yang banyak digunakan saat ini.

Membuat rencana bisnis itu harus matang, artinya harus dibuat dengan detail tanpa terburu-buru. Persiapkan segalanya dengan baik dan catat dalam perecanaan bisnis salon kecantikan bagi pemula, agar usaha salon kecantikan yang didirikan ini bisa berjalan sesuai harapan.

Anda juga bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang sudah banyak dipakai oleh berbagai UKM dalam memudahkan proses akuntansi dan mengatur keuangan bisnis. Accurate Online adalah software akuntansi terbaik di Indonesia yang sudah memenangkan Top Brand Awards selama 4 tahun berturut-turut dan sudah banyak digunakan banyak perusahaan karena kemudahan pengoperasiannya.

Tidak percaya? Silahkan rasakan kemudahan pengembangan bisnis Anda dengan mencoba Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Ingin mengetahui tips lainnya seputar bisnis? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini: