Tips Membangun Usaha Warung Kopi yang Menguntungkan

Jauh sebelum banyak kedai kopi kekinian, meminum kopi menjadi gaya hidup banyak masyarakat Indonesia, usaha warung kopi menjadi usaha yang terjamin bisa memberi profit besar. Sesedikit apapun profitnya, tetap saja menguntungkan dan jauh dari kata rugi.

Usaha warung kopi bisa bisa menjangkau target pasar yang luas, bisa dinikmati perempuan maupun laki-laki, bisa dinikmati anak muda hingga dewasa, dan skala lain yang membuktikan memang warung kopi adalah usaha yang hadir dengan jangkauan pasar yang luas.

Tips Memulai Usaha Warung Kopi

Meskipun jangkauan pasarnya luas dan targetnya bisa siapa saja, bukan berarti memulai usaha ini bisa dilakukan sembarangan. Meski tak perlu mengantongi ilmu berbisnis, akan lebih baik jika sebelum memulai  warung kopi nanti Anda sudah mengetahui beberapa tips berikut.

1. Memastikan Subjek Target

Supaya perencanaan akan apa saja nanti lebih matang, terlebih dahulu Anda harus paham siapa target Anda. Apakah target usaha warung kopi Anda cenderung ke anak muda atau ke orang dewasa. Ini tentunya sangat berpengaruh pada persiapan Anda dalam membangun usaha warung kopi nanti.

Jika target Anda nanti untuk anak muda atau remaja, dekorasi ruang usaha nanti seharusnya lebih menarik dan berjiwa muda. Namun jika target Anda orang dewasa mungkin Anda lebih baik membuat kafe dengan dekorasi minimal atau lebih formal dan berfokus pada kualitas cita rasa kopi yang Anda sajikan.

2. Menentukan Konsep

Setelah memastikan siapa target Anda, supaya lebih spesifik dilanjutkan dengan menentukan konsep kafe yang akan Anda wujudkan. Ada berbagai konsep kafe yang bisa Anda pilih, baik itu dengan menyesuaikan perilaku pasar atau menyesuaikan apa yang Anda inginkan.

Anda bisa membuat warung kopi se elit mungkin dengan dekorasi yang mewah, Anda pun juga bisa membawakan konsep ringan yang terkesan lebih merakyat. Jika kafe kopi Anda nanti terletak di tengah kota dan dikelilingi kantor-kantor perusahaan Anda bisa memilih konsep kafe yang metropolitan.

3. Membuat Menu

Selain sekedar membuat menu, Anda juga harus tahu menu andalan apa yang ingin Anda jual di kafe kopi Anda nanti. Ini penting halnya karena para pecinta kopi biasanya hanya nongkrong atau membeli kopi di kafe yang memberi menu andalan mereka. Kopi andalan mereka inilah bisa membuat pecinta kopi berlangganan tersebut karena dinilai bisa menyajikan kopi kesukaan mereka dengan tepat.

Apakah usaha warung kopi Anda nanti mengandalkan menu kopi instan, aneka latte dan frappe, espresso, atau justru kopi-kopi original seperti Americano, Robusta, Arabika. Anda juga bisa mengandalkan menu kopi-kopi nusantara seperti Gayo, Kintamani, Wamena, Mandailing, dan lain sebagainya.

4. Memilih Lokasi

Pemilihan lokasi yang tepat sangat berpengaruh terhadap pemasukan warung usaha kopi Anda. Jika lokasinya tepat, warung usaha kopi Anda akan lebih ramai dikunjungi. Warung usaha kopi yang terletak di dekat kampus pasti akan lebih ramai karena banyak mahasiswa yang suka minum kopi, baik itu hanya mampir untuk bersantai maupun datang ke kafe kopi Anda untuk menikmati kopi.

Perhatikan persaingan yang ada, jika lokasi yang Anda pilih di sekitarnya sudah ada warung kopi berarti Anda tahu apa yang harus dilakukan.

5. Melakukan Pemasaran

Semua usaha atau bisnis yang masih baru jika tidak dipromosikan atau dikenalkan pada masyarakat maka juha sulit diketahui oleh masyarakat. Sesaat setelah warung kopi Anda nanti buka, rajin-rajinlah melakukan promosi dan marketing supaya warung kopi Anda semakin dikenal orang dan berpotensi banyak dikunjungi orang. Lagipula, di masa sekarang ini kegiatan marketing bukanlah hal yang sulit karena Anda bisa memanfaatkan eksistensi dunia online.

6. Memiliki Izin Usaha

Ingin usaha warung kopi Anda lebih maksimal dan jauh dari kendala? Urus saja perizinan resmi untuk warung kopi Anda nanti. Adapun izin usaha yang bisa Anda urus antara lain IMB atau Izin Membangun Usaha, SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan, NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak, dan lain-lain.

7. Selalu Lakukan Pembukuan

Untuk setiap bisnis, pembukuan adalah hal yang utama termasuk untuk warung kopi Anda. Anda harus memantau setiap pengeluaran dan pemasukan yang terjadi pada bisnis. Dengan begitu Anda bisa mengambil keputusan yang tepat untuk pengembangan warung kopi Anda.

Lakukanlah pembukuan sederhana seperti mencatat pada buku catatan atau excel, jika dirasa memakan banyak waktu atau kesulitan Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis. Mulai dari UKM sampai perusahaan manufaktur.

Dengan Accurate Online Anda tidak hanya bisa mencatat pengeluran dan pemasukan tapi juga memantau stok secara real time, penghitungan aset, pembuatan faktur, dan masih banyak lagi fitur yang akan memudahkan bisnis Anda.

Sebagian materi diambil dari sini

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Tertarik dengan artikel bisnis lainnya? Silahkan baca artikel di bawah ini :