Tips Membangun Usaha Laundry Yang Sukses

Bagi orang awam, menjalankan usaha laundry mungkin tampat sangat sederhana, mencuci pakaian kotor lalu menghasilkan pakaian bersih. Terdengar mudah, namun pada kenyataannya membangun bisnis laundry harus melakukan lebih dari sekedar mencuci pakaian jika Anda ingin membesarkan bisnis Anda.

Apakah Anda hanya ingin bisnis usaha laundry Anda berjalan stagnan atau malah bangkrut? Jika tidak berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menemukan kesuksesan pada bisnis laundry Anda.

 

Cari Cara Inovatif Untuk Memperluas Pelayanan Usaha Laundry

Memperluas basis pelanggan Anda bisa jadi sulit dalam bisnis yang sangat bergantung pada lokasi. Bahkan jika Anda memiliki layanan penjemputan dan pengiriman yang sangat efisien, pelanggan Anda kemungkinan masih berada dalam radius geografis tertentu dari fasilitas Anda dan tentunya ini akan membuat Anda memiliki sejumlah pelanggan potensial yang terbatas.

Jelas jawaban pertama untuk masalah itu adalah membuka lebih banyak lokasi. Tetapi itu bukan opsi yang cukup bijaksana karena harus mengeluarkan dana yang cukup besar. Memperluas penawaran layanan dapat menjadi cara hemat biaya untuk meningkatkan pendapatan dari pelanggan saat ini dan menarik pelanggan baru.

Layanan tambahan dapat meliputi:

  • Pengambilan dan pengiriman (jika itu belum menjadi bagian dari bisnis Anda)
  • Setrika dan lipat
  • Layanan pembersihan khusus untuk bahan pakaian tertentu
  • Rush service atau layanan ekspres

Temukan layanan yang mungkin dapat Anda tambahkan tanpa menambah staf Anda atau anggaran yang terlalu besar dan lihat dampaknya bagi bisnis Anda. Jika layanannya berkualitas tinggi, ini akan mengesankan basis pelanggan Anda dan menciptakan peluang untuk akuisisi pelanggan baru.

 

Anggarkan Biaya Untuk Perawatan Mesin

Pengeluaran terbesar dan yang dapat merusak aliran pendapatan pada usaha laundry selain biaya listrik adalah biaya perawatan mesin cuci dan perbaikan jika terjadi kerusakan.

Dalam bisnis laundry, akan selalu lebih baik bersiap-siap untuk hal tersebut. Jadi pastikan bahwa peralatan Anda dalam kondisi baik, lakukan pemeliharaan secara berkala dan lakukan yang terbaik untuk pelanggan Anda.

Pantau kapan garansi mesin habis dan cari jasa servis perbaikan yang terpercaya yang bisa membantu Anda keluar dalam keadaan darurat. Singkatnya: Lakukan apa saja untuk menghindari down-time atau tidak beroperasinya operasional bisnis Anda secara berkepanjangan.

 

Lakukan Penghematan Pada Biaya Utilias

Jika Anda menggunakan air PDAM untuk bisnis laundry, biaya air  dan listrik mewakili lebih dari 50% dari total biaya operasi dalam bisnis ini. Dengan biaya energi di atas itu,  biaya utilitas bisa menjadi biaya yang cukup besar.

Membatasi penggunaan air dan energi bisa membantu mengurangi pengeluaran biaya utilitas pada bisnis Anda. Cara terbaiknya adalah menggunakan perangkat mesin cuci yang memiliki fitur hemat daya juga hemat air yang harganya mungkin lebih mahal, namun ini sepadan dengan penghematan biaya utilitas yang akan Anda dapatkan kedepannya.

 

Lakukan Pembukuan Secara Terperinci Pada Usaha Laundry

Hal yang masih sangat asing pada usaha laundry adalah pembukuan, padahal setiap bisnis pasti memerlukan pembukuan untuk pencatata pengeluaran dan pendapatan pada bisnis tersebut. Kebanyakan bisnis laundry hanya melayani pelanggan dan melakukan pencucian pakaian  tanpa tahu berapa banyak biaya yang telah mereka keluarkan untuk setiap pencucian yang mereka lakukan.

Penghematan dan pemborosan biaya operasional dapat terlihat dengan pembukuan terperinci. Anda bisa membuat bisnis berkembang dengan cepat jika proses akuntansi bisnis Anda dikelola dengan baik, termasuk juga dengan bisnis laundry. Jika Anda berencana melakukan pinjaman lunak untuk mengembangkan bisnis, laporan laba rugi bisa menjadi poin yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan pinjaman tersebut.

Anda tidak bisa akuntansi? Tenang saja. Sudah banyak software akuntansi yang mudah digunakan untuk orang awam, sekalipun mereka tidak memiliki pengetahuan akuntansi, seperti Accurate Online. Dengan Accurate Online Anda bisa melakukan pembukuan dan pencatatan transaksi pada bisnis Anda dengan mudah, cepat dan tepat.

Accurate Online adalah software akuntansi terbaik di Indonesia dengan pengguna lebih dari 300.ooo entitas bisnis, mulai dari UKM sampai perusahaan multinasional yang sudah memenangak Top Brand Awards selama 4 tahun berturut-turut.

Anda bisa mencoba Accurate Online Gratis selama 30 hari melalui link ini, dan raskan kemudahan pengelolaan pembukuan bisnis Anda.

 

 

Ingin mengetahui tips lainnya seputar bisnis? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini: