Mengenal Tujuan Perdagangan Internasional Secara Mendalam

Perdagangan internasional adalah suatu interaksi jual beli yang dilakukan oleh individu, perusahaan paling sedikit terletak di dua negara yang berbeda. Perdangan internasional ini terlaksana jika ada kesepakatan bersama dan saling menguntungkan satu sama lainnya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang perdagangan internasional Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

Contoh dari perdagangan internasional adalah misalnya Anda membeli tas mewah dari luar negeri, hal ini sudah terjadi perdagangan internasional antara negara kita dengan negara lain. Perdangan internasional ini dapat dilakukan oleh antar individu dengan individu, antar individu dengan pemerintah, antar perusahaan, pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lainnya.

Perdangan internasional ini sangat penting dilakukan oleh negara, karena dengan adanya perdangan internasional akan memberikan dampak positif bagi suatu negara, untuk mengetahui faktor pendorong perdagangan internasional, Anda dapat membacanya melalui artikel ini.

Perdagangan internasional juga dapat menjalin kerjasama antar negara dan dapat meningkatkan pendapatan negara. Berikut adalah beberapa tujuan dari perdagangan internasional secara spesifik:

5 Tujuan Perdagangan Internasional

1. Menambah Pendapatan Negara

Setiap negara tentu memliki hasil bumi yang berbeda, selain hasil bumi juga memiliki industri unggulan yang dimiliki oleh suatu negara. Perdanganan internasional juga merupakan salah satu faktor untuk menambah pendapatan negara.

Ketika pendapatan negara meningkat, maka otomatis ekonomi suatu negara meningkat. Perdagangan internasional juga dapat mempengaruhi stabilitas harga barang yang di ekspor. Sehigga semakin sering melakukan perdangan internasional maka stabilitas harga semakin stabil. Selain itu negara juga dapat menambah pendapatan perusahaan atau pelaku bisnis di suatu negara.

2. Pemerataan Penggunaan Teknologi

Perdagangan internasional dapat meratakan penggunaan teknologi, hal ini karena negara-negara maju bisa mentransfer teknologi modern yang dimikinya. Sehingga manfaat teknologi akan dirasakan di seluruh negara di dunia, antar perusahaan di suatu negara juga bisa merasakan teknologi yang di pakai oleh perusahaan negara lain.

Sehingga dengan adanya perdangan internasional ini perusahaan bisa menggunakan teknologi modern dan juga dapat menciptakan juga menjual teknologi mereka. Pada akhirnya penggunaan teknologi akan merata dan dengan pemanfaat teknologi proses perdagangan akan semakin mudah.

3. Mensuplai Kebutuhan Barang dan Jasa

Karena memiliki hasil bumi dan sektor industri yang berbeda maka suatu negara akan memenuhi kebutuhan di negara lain. Suatu nengara akan mensuplai kebutuhan akan barang di negara lain, yang mana negara lain itu butuh barang yang tidak bisa diciptakan atau dimiliki oleh negara tersebut.

Negara bisa melakukan impor maupun ekspor barang antar negara. Kegiatan ini terjadi karena kemungkinan negara tidak mempu meproduksi sendiri barang sehingga negara tersebut membeli atau mengimpor barang ke negaranya. Sehingga kebutuhan akan barang dan jasa di suatu negara bisa terpenuhi.

4. Mendapat Keuntungan yang Melimpah

Perdagangan internasional ini dapat menguntungkan dari kedua belah pihak, baik internal maupun eksternal. Baik negara yang menjual maupun negara yang membeli barang.

Misalnya saja Indonesia mengimpor mobil dari jepang, secara tidak langsung Indonesia sudah membantu jepang untuk menggerakan ekonominya. Begitupun di Indonesia perusahan pen impor mobil tentu mendapat keuntungan dari penjualan mobil.

Selain menguntungkan bagi negara perdagangan internasional juga menguntungkan bagi perusahaan yang dapat mengimpor atau mengekspor barang dan jasa. Keuntungan dari perdagangan internasional ini tentu sangat besar, karena perbedaan harga mata uang dan harga barang itulah yang membuat perusahaan akan memperoleh keuntungan yang sangat besar.

5. Meningkatkan Penjualan Perusahaan

Pada perdagangan dengan level nasional saja pasar perdagangannya bisa sangat luas dan penjualannya banyak. Apalagi perdagangan internasional yang skalanya lebih luas. Contohnya saja perusahan jepang yang memproduksi mobil, perusahaan itu tidak hanya menjual mobil di negaranya saja tetapi bisa menjual di negara lain seperti di indonesia.

Sehingga dengan perdangan internasional dapat memperluas pasar dari perusahan mobil di jepang tersebut. Semakin banyak penjualan maka pendapatan perusahaan pun akan semakin meningkat.

Kesimpulan

Perdagangan internasional ini sangat cocok dilakukan oleh para pemilik bisnis. Karena keuntungan dari perdangan internasional ini sangat besar. Sehingga banyak sekali perusahaan di indonesia yang sudah bekerjasama untuk melakukan perdagangan internasional dengan negara lain.

Untuk anda yang ingin mencoba melakukan perdanganan internasional, untuk saat ini peluangnya masih sangat besar dan tentu akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Melakukan perdagangan internasional antar negara tidak ada salahnya untuk dicoba.

Jika Anda sebagai pelaku perdagangan internasional, masalah yang sering terjadi dalam bisnis adalah perbedaan mata uang, terutama dalam masalah pembukuan dan pencatatan transaksi bisnis Anda. Hal ini lumrah terjadi karena perdagangan antar negara biasanya menggunakan kurs berbeda dengan negara asal.

Dalam pencatatan transaksi misalnya, untuk memasukan ke pembukuan Anda harus menghitung jumlah uangnya dan mencocokan dengan kurs terkini. Anda bisa menggunakan software akuntansi online berbasis cloud yang memiliki fitur multi mata uang seperti Accurate Online.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :