Mengenal Apa Itu Penawaran Dan Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran

Penawaran adalah kesediaan produsen untuk menawarkan seluruh barang atau jasa yang tersedia pada berbagai tingkat harga tertentu dan waktu tertentu. Jika harga barang naik maka produsen akan berlomba-lomba untuk menawarkan barangnya. Namun jika harga barang turun makan produsen akan menunda untuk menawarkan barang dan menyimpannya di gudang. Penawaran barang dan jasa di pengaruhi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas 9 faktor yang mempengaruhi penawaran secara lebih mendalam :

1. Harga barang

Harga barang merupakan faktor utama yang mempengaruhi penawaran. Semakin naik harga barang maka banyak produsen yang menawarkan barangnya. Misalnya harga harga beras naik dari 10.000 naik menjadi 15.000, tentu banyak produsen besar yang menambah barang untuk ditawarkan.

2. Teknologi

Dengan adanya kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap mahal atau tidaknya barang yang ditawarkan. Tekologi yang memudahkan produsen untuk menghasilkan barang atau jasa, sehingga hal ini juga berpengaruh pada penawaran.

3. Jumlah penjual

Jumlah penjual atau produsen juga sangat menpengaruhi penawaran. Jika penjual semakin banyak maka produksi barang semakin meningkat, namun apabila penjual sedikit maka produksi barang semakin menurun. Sehingga jumlah penjual juga dangat mempengaruhi besar kecilnya penawaran.

4. Biaya produksi

Biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi barang. Biaya produsi juga mempengaruhi hasil produksi. Semakin kecil biaya prosuksi suatu barang makan produksi barang akan meningkat. Biaya produksi meliputi harga bahan baku, upah pegawai yang tinggi, atau kenaikan tingkat bunga modal.

Maka hal-hal tersebut membuat perusahaan untuk mengurangi produksi barang dengan memperhatikan jumlah anggaran tetap. Contohnya penawaran tempe yang bahan bakunya kedelai. Maka ketika harga kedelai naik produsen tempe memilih untuk mengurangi penawaran tempe di pasar. Bahkan produsen tempe lebih memilih tidak memproduksi tempe sama sekali apabila harga kedelai mahal.

5. Harapan dimasa depan

Harapan penjual dengan kondisi harga dimasa yang akan datang dapat mempengaruhi penawaran terhadap suatu barang atau jasa di masa sekarang. Misalnya ketika penjual beras meramalkan harga beras akan meningkat di masa depan, mereka akan mengurangi persediaan beras dan menyimpannya untuk dijual saat harga tinggi. Hal ini membuat penawaran beras masa sekarang mengalami penurunan.

6. Harga barang pengganti

Penawaran juga dipengaruhi juga dengan barang pengganti barang tersebut. Misalnya harga beras naik. Maka akan banyak orang yang memilih membeli singkong. Maka penawaran terhadap beras akan menurun karena produsen lebih memiih menjual singkong daripada mejual beras walaupun harga beras naik.

7. Faktor alam

Faktor alam ini sangat banyak seperti cuaca iklim dan bencana alam. Bencana alam juga sangat mempengaruhi penawaran barang di suatu tempat. Karena jika terkena bencana otomatis barang yang di butuhkan sedikit sehingga menyebabkan permintaan banyak sehingga harga barang naik dan penawaran juga meningkat.

8. Kebijakan pemerintah

Kebijakan pemerintah mempengaruhi penawaran terhadap suatu komoditas. Misalnya kebijakan untuk menghapus bea cukai impor produk tekstil. Kebijakan ini akan mengakibatkan penawaran produk tekstil meningkat di pasar

9. Pajak

Selain kebijakan pemerintah, pajak juga mempengaruhi penawaran. Apabila pajak suatu barang menjadi tinggi, maka akan menyebabkan penawaran barang menurun. Namun sebliknya jika pajak barang kecil maka akan memungkinkan permintaan menjadi naik sehingga penawaran terhadap suatu barang pun menjadi bertambah.

Dalam menghitung pajak, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk memudahkan Anda dalam perhitungan pajak dan penyajian laporan keuangan. Gunakanlah software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau seperti Accurate Online.

Jika pada software akuntansi lain mengenakan perbedaan harga untuk fitur yang lebih lengkap, berbeda dengan Accurate Online. Jika Anda menggunakan Accurate Online Anda mendapatkan satu harga untuk semua fitur terbaik. Tanpa perbedaan dan semua fitur bisa langsung Anda pakai semua.

Tidak percaya? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :