Pengertian Remunerasi, Tujuan, Dan Faktor Pertimbangan Lainnya

Pengertian Remunerasi

Remunerasi adalah pemberian gaji  atau pendapatan tambahan kepada seorang pegawai sebagai apresiasi atas pekerjaan atau kontribusi dalam perusahaan yang sifatnya rutin dimana ia bekerja. Atau bisa juga disebut sebagai sesuatu yang diterima oleh seorang pegawai atau karyawan dari tempat ia bekerja.

Biasanya hal ini diberikan koleh perusahaan kepada pegawai atau karyawan atas prestasi kerja yang sudah dilakukan. perusahaan yang menerapkan kebijakan dengan pemberian remunerasi ini sangat menguntungkan bagi karyawannya dan juga perusahaan.

Terdapat dua unsur utama remunerasi yaitu kompensasi dan bonus (komisi). Kompensasi berhubungan dengan keseluruhan yang diterima tenaga kerja baik dalam berupa fisik maupun non fisik. Dalam beberapa hal, kompensasi seringkali tidak dikenai pajak pendapatan.

Sedangkan komisi atau bonus merupakan bentuk imbalan yang diberikan kepada pegawai dengan perhitungan prosentase hasil penjualan. Bonus juga diberikan berdasarkan kemampuan pegawai untuk mencapai target

Tujuan Memberikan Remunerasi

Tentunya perusahaan yang membeikan remunerasi  memiliki beberapa tujuan yang sifatnya untuk meningkatkan kualitas perusahaan dan juga karyawannya. Namun untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa tujuannya :

Menjadikan SDM yang Berkualitas

Dengan adanya remunerasi diharapkan terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di sebuah perusahaan atau organisasi. Adanya pemberian pendapatan tambahan juga akan mendorong tenaga kerja untuk meningkatkan kualitas kerjanya.

Memotivasi Karyawan untuk Mengembangkan Diri

Remunerasi akan memicu adanya motivasi dalam diri pekerja untuk bekerja lebih baik dan juga bisa mengenbangkan potensi dirinya. Hal ini juga bisa mencipatakan pesaingan yang positif antar karyawandi perusahaan.

Perusahaan akan menilai mana karyawan yang memiliki semangat kerja tinggi serta memiliki keinerja yang baik atau tidak. Tentunya hal ini sangat peting bagi perusahaan agar dapat memotivasi karyawannya untuk terus mengembangkan dirinya.

Mensejahterakan Karyawan

Tentu dengan adanya remunerasi akan sangat membantu kesejateraan karyawan di perusahaan. Karyawan yang biasanya hanya memperoleh gaji pokok saja kini mendapatkan tambahan. Hal ini akan membuat karyawan lebih semangat dalam bekerja.

Menciptakan Keuntungan Perusahaan

Perusahaan yang memberikan remunerasi ini malah justru memilki keuntungan. Profit yang dihasilkan oleh perusahaan akan semakin besar. Karena perusahan dapat memanfaatkan modal yang efektif. Perusahaan tidak perlu merekrut karyawan baru yang akan mengeluarkan biaya yang besardalam proses perekrutan karyawan baru.

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Pemberian Remunerasi

Berikut adalah yang perlu di pertimbangkan dalam memberikan remunerasi atau gaji kepada karyawan antara lain:

Memberikan Gaji Sesuai Kinerja

Karyawan atau pegawai yang bertanggungjawab untuk pekerjaan yang berat dan berisiko sudah wajar untuk mendapatkan remunerasi. Selain itu juga karyawan atau pegawai yang mengerjakan tugas dengan cepat dan tepat serta bisa berkolaborasi dalam memgenbangkan perusahaan juga patut di berikan pendapatan tambahan.

Penghargaan dalam bentuk gaji atau remunerasi yang diberikan perusahaan kepada karyawannya merupakan cara perusahaan menjaga karyawannya untuk memotivasi dan membentuk loyalitas kerja yang lebih baik.

Dan pada kebanyakan karyawan jika tidak ada penghargaan yang diberikan dari perusahaan tersebut, maka besar kemungkinan karyawan tersebut akan pindah tempat kerja lain, karena ia menganggap prestasi kerjanya tidak dilihat oleh perusahaan dan tidak dihargai.

Memberikan Bonus Khusus Karyawan Berprestasi

Karyawan yang berprestasi sudah sepatutnya diberikan penghargaan. Pemberian remunerasi ini akan membangkitkan semangat kerja serta loyalitas dalam diri karyawan itu sendiri. Sehingga ia akan semakin semangat dalam mengerjakan pekerjaan dan merasa dihargai.

Menaikkan Gaji Karyawan

Memberikan kenaikan gaji bagi karyawan merupakan salah satu cara untuk menjaga kinerja dan loyalitas pegawai. Pemberian peningkatan gaji kepada karyawan akan memberikan dampak kepada kinerja karyawan itu sendiri. Besar kecilnya gaji bisa menjadi salah satu tolak ukur kualitas karyawan di sebuah perusahaan.

Kesimpulan

Dengan diberikannya remunerasi pada karyawan terbaik, diharapkan tercipta hubungan baik antara karyawan dan juga pada setiap karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut. Selain itu pemberian bonus juga akan meningkatkan loyalitas dan secara tidak langsung membuat kualitas karyawan menjadi lebih baik.

Jika Anda pemilik bisnis, penting bagi Anda untuk mencatat setiap pos pengeluaran yang terjadi, termasuk bonus dan gaji karyawan pada pembukuan Anda. Untuk memudahkan hal tersebut, Anda bisa menggunakan softaware akuntansi yang sudah mendukung fitur penggajian serta pajak penghasilan karyawan seperti Accurate Online.

Dengan Accurate Online Anda bisa melakukan pembukuan, penghitungan payroll karyawan, dan perpajakan dalam satu software yang sama.

Jadi tunggu apalagi? Jadikan bisnis Anda lebih mudah dan baik dengan menggunakan Accurate Online. Anda bisa mencobanya selama 30 hari secara gratis melalui Link ini.

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :