Pengertian Kompensasi Dan Pentingnya Bagi Sebuah Bisnis

Pengertian Kompensasi

Kompensasi adalah tunjangan yang diberikan perusahaan kepada karyawan atau pekerja yang memberikan jasanya kepada suatu perusahaan. Kompensasi sebenarnya termasuk komponen seperti gaji, upah, bonus, atau lainnya yang diberikan untuk membantu memotivasi karyawan, membangun karir mereka dan memastikan bahwa mereka berkomitmen dalam mencapai tujuan perusahaan.

Kompensasi biasanya berupa sesuatu, berupa uang, yang diberikan kepada karyawan perusahaan sebagai pembayaran atau ganti rugi untuk hak mereka terhadap perusahaan atau karena kerugian yang ditimbulkan karena aktivitas perusahaan.

Jenis Kompensasi

Berdasarkan senioritas, tanggung jawab, dan posisi karyawan, ada berbagai jenis rencana kompensasi:

  1. Kompensasi eksekutif untuk CEO, direktur pelaksana, ketua dll. Sebagian besar gaji dan tunjangan ditentukan oleh perusahaan.
  2. Kompensasi untuk pekerja adalah gaji dan upah yang diberikan kepada karyawan dan pekerja.

Komponen kompensasi

1. Gaji/Upah

Gaji atau upah adalah kompensasi uang tunai yang dibayarkan perusahaan untuk pekerjaan yang dilakukan. Biasanya besaran nilainya akan setabil dalam waktu yang lama. Penentuan upah tersebut dilakukan dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu seperti pendidikan dan keterampilan karyawan, kemampuan perusahaan untuk membayar dan lain sebagainya

2. Sistem Upah Waktu

Dengan sistem ini, upah dibayarkan berdasarkan waktu yang digunakan untuk bekerja selain dari waktu kerja utamanya, atau biasa disebut lembur. Ini adalah sistem yang paling umum dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mencapai target tertentu. Besaran upahnya yang diterima tergantung waktu dihabiskan. Upah tersebut dibayarkan setelah periode waktu yang ditentukan habis dan pekerjaan telah selesai.

3. Bonus

Tunjangan yang diterima oleh karyawan selain dari apa yang biasa diterima. Dengan demikian, bonus dapat berupa uang, hadiah atau tunjangan lainnya. Kata bonus terkadang juga digunakan untuk menunjukkan pembayaran insentif kepada pekerja yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan loyalitas mereka kepada perusahaan.

4. Intensif

Kompensasi insentif, juga disebut bayaran berdasarkan hasil, yang pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Secara tidak langsung, ini adalah metode berbagi keuntungan dalam produktivitas dengan karyawan dengan memberi penghargaan secara finansial atas peningkatan produktivitas mereka.

Pentingnya Kompensasi

Kompensasi penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan misi dan visi serta strateginya. Sistem ini akan disusun sedemikian rupa sehingga semua komponen ini saling terkait dan selaras satu sama lain dan biasanya berada di bawah tanggung jawab bagian sumber daya manusia (SDM) dari suatu perusahaan.

Ini adalah alat yang digunakan perusahaan untuk mengelola dan menghargai karyawan Anda, sehingga mereka bekerja secara efisien dan sesuai target. Sistem kompensasi yang diterapkan perusahaan harus menarik, dan harus memotivasi karyawannya untuk bekerja dan memanfaatkan fasilitas yang diberikan kepada mereka oleh perusahaan dengan baik.

Sistem kompensasi juga harus memastikan bahwa tingkat turnover tetap rendah dan karyawan tetap memiliki motivasi yang tinggi. Seiring dengan tunjangan & insentif non-moneter lainnya, perusahaan juga menawarkan manfaat bagi karyawan seperti pelatihan untuk menambah skill karyawan di masa mendatang.

Perusahaan harus menyusun rencana kompensasi berdasarkan posisi, tanggung jawab dan kualifikasi seorang karyawan.

Kesimpulan

Sistem kompensasi yang diikuti oleh perusahaan harus secara teratur dievaluasi dan diperbarui sesuai dengan strategi yang terus berkembang dan juga berdasarkan pada para pesaingnya. Sebagian besar dibayarkan secara berkala seperti pembayaran bulanan.

Untuk pengelolaan gaji dan kompensasi daalam perusahaan ada baiknya Anda mencatatnya dalam pembukuan bisnis. Hal ini penting, karena beban gaji adalah pengeluaran rutin yang harus Anda bayarkan dalam perusahan. Tanpa pembukuan yang tepat, Anda akan kesulitan untuk mencatatkan beban gaji dan tentunya laporan keuangan pada bisnis Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam proses pembukuan, software akuntansi berbasis cloud bisa menjadi pilihan Anda untuk solusi terbaik. Dengan software akuntansi berbasis cloud Anda bisa melakukan proses pembukuan dimana saja dan kapan saja seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi yang sudah ada sejak tahun 1999 dan sudah dipakai 300 ribu perusahaan, baik UMKM maupun perusahaan multinasional dan telah menjadi Top Brand selama 4 tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

Anda bisa meencoba Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca ajrtikel pilihan kami dibawah ini :