Pengertian Koperasi, Jenis, Serta Struktur Organisasinya Secara Lengkap

 

Mungkin anda sudah sering mendengar kata koperasi. Namun apakah anda mengetahui definisi koperasi yang dikemukakan oleh para ahli ? Untuk membuka gambaran anda mengenai koperasi, ada baiknya Anda mengetahui dulu pengertian koperasi menurut asal katanya.

Dalam bahasa Latin, koperasi berasal dari kata coopere. Sedangkan dalam bahasa inggris disebut dengan cooperation. Meski sedikit memiliki perbedaan, keduanya memiliki arti yang sama dimana Co berarti bersama sedangkan operation berarti bekerja. Atas dasar itu, koperasi, coopere, cooperation bisa diartikan dengan bekerja sama atau kerjasama. Untuk lebih jelasnya, simak pengertian koperasi menurut para ahli serta

Pengertian Koperasi Menurut Para Ahli

Menurut Arifinal Chaniago, koperasi diartikan sebagai kumpulan orang-orang atau badan hukum, dimana anggotanya memiliki kebebasan untuk keluar atau masuk dan mereka menjalin kerjasama kekeluargaan untuk menjalankan sbeuah usaha dengan tujuan untuk memperbaiki kesejahteraan anngotanya.

Definisi lebih sederhana diungkapkan oleh P.J.V Dooren, menurutnya, koperasi merupakan sebuah perkumpulan anggota, dalam hal ini bisa anggota bisa berasal dari perorangan atau perusahaan yang bersama untuk menggapai tujuan ekonomi secara sukarela.

Sedangkan menurut R.S.Soeraatmadja, koperasi merupakan badan usaha yang dikelola dan dimiliki oleh para anggota. Anggota tersebut juga merupakan pelanggan dari koperasi tersebut.

Selain itu, ahli bernama Richard Kohl dan Abrahamson mendefinisikan koperasi sebagai badan usaha yang dimiliki serta layanannya digunakan oleh anggota itu sendiri. Selain itu, pengawasan koperasi ini juga menjadi tugas mereka yang menggunakan layanan tersebut.

Jenis-Jenis Koperasi

Koperasi Produsen

Dalam koperasi produsen, anggota terlibat dalam waktu produksi seperti di perusahaan peternakan, studio seniman, atau kapal penangkap ikan. Koperasi ini juga dapat menyediakan layanan  seperti pengadaan, pemasaran, pemrosesan, atau asuransi dan lain sebagainya.

Koperasi Konsumen

Koperasi ini ditujukan untuk konsumen yang membutuhkan barang atau jasa. Misalnya seperti melakukan penjualan berbagai kebutuhan sehari-hari, atau lain sebagainya. Karena usaha ini dimiliki oleh koperasi yang memiliki anggota, keuntungan yang dihasilkan tentu akan dibagikan kepada para anggotanya. Tak jarang pembelinya juga berasal dari anggotanya itu sendiri.

Koperasi Simpan Pinjam

Sesuai dengan namanya, koperasi ini memiliki layanan pinjaman untuk para anggotanya. Dengan hal ini, anggota bisa mengajukan pinjaman dengan bunga yang rendah. Pinjaman biasanya diajukan untuk jangka pendek namun dengan syarat yang mudah.

Koperasi Jasa

Tak berbeda jauh dengan koperasi konsumen, jenis koperasi ini juga menyediakan kebutuhan untuk para konsumennya. Namun yang disediakan lebih ke jasa atau layanan yang juga bisa digunakan angotanya. Sebagai contoh, sebuah koperasi yang menyediakan layanan angkutan umum, hingga jasa kebersihan.

Koperasi Investasi

Koperasi investasi dibentuk untuk memberikan peluang bagi setiap orang untuk berinvestasi. Dengan adanya koperasi ini, orang yang tadinya bingung atau kesulitan dalam berinvestasi akan terbantu. Selain itu koperasi investasi sering menjual saham dan memungkinkan pemegang saham untuk menginvestasikan kekayaan yang mereka miliki.

Struktur Organisasi Koperasi

Pada umumnya, sebuah koperasi memiliki perangkat-perangkat ada dalam struktur internal organisasi koperasi, mereka memiliki jabatan atau tugasnya sendiri-sendiri seperti pengawas, pengelola, anggota dan lain sebagainya.

Selain itu terdapat struktur eksternalnya seperti koperasi primer yang anggotanya minimal 20 orang, koperasi pusat yang berasal dari penggabungan koperasi primer, koperasi gabungan yang merupakan gabungan antar koperasi pusat hingga koperasi induk yang dibuat dari gabungan koperasi gabungan.

Demikian mengenai definisi koperasi, jenis serta struktur organisasinya secara lengkap. Artikel ini diharapkan bisa menambah wawasan anda mengenai koperasi.

Bagi Anda yang memiliki kesulitan dalam laporan keuangan dan kegiatan pembukuan, software akuntansi mungkin pilihan terbaik yang mampu meringankan kesulitan Anda. Pilihlah software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja, tanpa instalasi.

Accurate Online juga merupakan software akuntansi yang sudah dipercaya oleh 300.000 ribu pengguna sejak tahun 1999 dan memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari, setelah itu jika Anda ingin menggunakan accurate sebagai software akuntansi bisnis Anda, hanya dengan 200 ribu per bulan Anda bisa menikmati fitur terbaik Accurate Online. 1 harga untuk semua fitur.

Anda bisa mencoba accurate online gratis melalui link ini

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca ajrtikel pilihan kami dibawah ini: