Peran Akuntansi Dalam Perkembangan UKM di Indonesia

Peran akuntansi bagaikan denyut nadi  dalam bisnis Anda. Arus kas, pengeluaran, pendapatan, laba – rugi dan penganggaran adalah hal yang harus diketahui untuk semua perusahaan, terlepas dari  jenis industri atau skala bisnis. Baik itu kepemilikan tunggal, perusahaan multinasional bahkan UKM sekalipun harus tahu di peran akuntansi bagi finansial bisnis yang Anda jalankan. Arus kas adalah urat nadi setiap bisnis, dan jika bisnis Anda ingin berkembang diperlukan ilmu khusus untuk mengetahui kesehatan keuangan perusahaan Anda . Disinilah peran akuntansi, suatu bisnis tidak akan pernah lama bertahan jika tidak meenggunakan sistem akuntansi.

Untuk UKM sendiri, terutama bisnis rintisan, terkadang pemilik pemilik harus memiliki pengalaman dalam berbagai fungsi bisnis, termasuk akuntansi. Memproduksi barang atau jasa, melakukan prediksi pasar, dan membuat strategi pemasaran seperti marketing mix hanyalah beberapa tanggung jawab pemilik UKM. Anda harus tau, peran akuntansi adalah hal penting dalam manajemen bisnis UKM. Contohnya adalah membantu melacak informasi keuangan untuk  mengetahui rencana bisnis sudah berjalan baik atau belum.

 

Fakta yang terjadi

Dilansir dari kompas.com, masih banyak pelaku UKM di Indonesia yang masih buta dengan pencatatan keuangan dan akuntansi. Padahal peran akuntansi sendiri adalah hal yang sangat penting. berdasarkan data yang ada, 2 dari 3 UKM yang gagal adalah mereka menggunakan struktur modal yang buruk, pengeluaran berlebihan ketika memulai bisnis, kurangnya cadangan kas, dan kontrol akuntansi yang buruk. Apalagi ditengah revolusi industri saat ini, persaingan terjadi dalam berbagai aspek bisnis. Negara kita tidak tinggal diam. Pada tahun 2017, Kementerian Koperasi dan UKM meluncurkan aplikasi akuntansi sederhana untuk UKM yang diberi nama Lamikro  dengan fitur seadanya.

 

Peran Akuntansi untuk Bisnis Anda

Bisnis yang sukses  adalah bisnis yang mampu mengontrol utang dan piutangnya. Peran akuntansi contohnya seperti; saat Anda posting ke jurnal umum untuk utang dan piutang, ini memungkinkan Anda untuk bisa melacak utang kepada orang lain dan untuk mengetahui siapa yang berhutang barang atau jasa dari perusahaan Anda. Laporan bulanan seperti neraca dan laporan laba rugi menunjukkan kesehatan keuangan  bisnis berkaitan yang berkaitan dengan penjualan. Laporan arus kas akan menentukan berapa banyak uang yang masuk dan berapa banyak yang akan keluar. Semua prosedur dan pernyataan ini membantu menggambarkan gambaran profitabilitas bisnis secara umum.

Informasi akuntansi memungkinkan pemilik bisnis untuk menilai efisiensi dan efektivitas bisnis mereka di tengah era disrupsi. Laporan keuangan yang disiapkan dapat dibandingkan dengan target atau data pesaing  yang telah ditentukan untuk memantau bagaimana UKM itu beroperasi. Pemilik bisnis juga dapat menggunakan laporan akuntansi keuangan historis untuk menciptakan tren untuk menganalisis dan memprediksi penjualan di masa depan.

 

Metode Akuntansi yang Tepat untuk UKM

UKM yang baik menggunakan metode akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan dalam operasi bisnis. Akuntansi manajemen berfokus pada alokasi biaya bisnis untuk barang atau jasa, menciptakan anggaran agar fungsi bisnis berjalan dengan baik, dan menyiapkan informasi keuangan untuk keputusan bisnis. Akuntansi keuangan menyiapkan laporan keuangan yang mencatat pendapatan penjualan, pengeluaran, aset, kewajiban, dan arus kas untuk usaha kecil. Kedua jenis digunakan untuk mengamankan pembiayaan eksternal atau melaporkan kinerja keuangan kepada pemangku kepentingan bisnis.

Menggunakan metode akuntansi yang tepat harus dilakukan pada setiap individu dalam bisnis yang sedang Anda bangun. Sebagai contoh, jika perusahaan Anda membutuhkan peralatan baru,  Anda selaku pemiliknya harus memiliki berbagai informasi faktual. Seperti; berapa lama peralatan akan bisa dipakai? seberapa besar penyusutan  dari alat ini? apakah harus membeli secara tunai atau berhutang?. Semua pertanyaan ini mudah dijawab ketika peran akuntansi sudah berjalan secara efektif pada bisnis Anda.

Kesimpulan

Peran Akuntansi pada UKM memang sangat penting. Sudah seharusnya jika Anda pemilik bisnis untuk mempelajari akuntansi. Alternatif lainnya adalah Anda dapat menggunakan jasa akuntan untuk  bisnis kecil Anda. Atau mungkin, Anda bisa mempelajari akuntansi sendiri agar tidak membuang pengeluaran yang besar, terlebih untuk usaha yang baru dimulai. Anda dapat menggunakan software akuntansi untuk memantau, menambahkan informasi stok, dan melaporkan informasi keuangan dengan pengoperasian yang mudah. Software akuntansi juga membantu pemilik bisnis memberikan catatan keuangan yang akurat, contohnya adalah Accurate. Berdiri sejak 1999, Accurate software akuntansi terkomputerisasi yang juga  dapat menghitung pajak dan  gaji bagi karyawan. Kini juga telah hadir Accurate lite yang bisa Anda gunakan dimana saja dan kapan saja. Software akuntansi berbasis Cloud, yang memudahkan Anda untuk tetap bisa mengakases laporan bisnis Anda secara real time melalui smsrtphone Anda. Dimanapun dan kapanpun. Sudah saatnya UKM Indonesia menjadi lebih baik.

Ayo coba Accurate Lite sekarang, Anda bisa mengunduh aplikasinya melalui link ini

 

Anda juga bisa membaca artikel menarik lainnya dibawah ini :