Apa itu BEP (Break Even Point)?

Break Even Point (BEP) adalah kondisi dimana nilai dari penjualan sama dengan nilai pengeluaran dan perusahaan tidak mengalami kerugian maupun keuntungan. Dalam bahasa kita, BEP ini sering juga disebut sebagai Titik Impas. Jadi modal yang dikeluarkan untuk produksi dan lain-lain, akan menghasilkan penjualan yang nilainya sama atau mendekati.

Sebuah perusahaan pasti akan melakukan analisa BEP yang tujuannya untuk mengetahui total biaya dan pendapatannya. Selain itu agar bisa digunakan untuk menentukan target penjualan baik target harian atau bulanan.

Break Even Point

Manajemen perusahaan wajib melakukan analisa ini karena akan berperan pada berbagai keputusan yang berkaitan dengan produksi dan penjualan. Misalnya saja dengan mengetahui BEP nya, maka akan bisa memutuskan apakah produksi harus dilanjutkan atau tidak.

Banyak yang salah mengartikan BEP sama dengan Balik Modal. Padahal kedua ini berbeda.

BEP itu hanya diukur dari modal sekali produksi, dan pendapatkan yang didapatkan dari modal itu. Sedangkan balik modal dihitung dari seluruh modal awal / aset perusahaan misalnya saja sewa kantor, beli alat, dll.

Beberapa ahli pun sebenarnya punya pengertian BEP yang berbeda-beda tapi poinnya sama.

Misalnya sama pengertian BEP dari Simamora (2012:170), menurutnya, Break Even Point adalah volume penjualan dimana jumlah pendapatan dan jumlah bebannya sama, tidak ada laba maupun rugi bersih.

Kemudian menurut Mulyadi (1997:72), BEP adalah suatu keadaan dimana suatu usaha tidak memperoleh laba dan tidak menderita rugi, dengan kata lain suatu usaha dikatakan impas jika jumlah pendapatan (revenue) sama dengan jumlah biaya, atau apabila laba kontribusi hanya dapat digunakan untuk menutup biaya tetap saja.

Jadi, membuat analisa BEP bagi perusahaan itu sangat penting. Karena hasilnya akan bisa menentukan segala keputusan penting terkait nilai produksi dan target yang ingin ditetapkan. Semoga informasi singkat mengenai pengertian Break Even Point ini bisa memberikan referensi positif untuk Anda.