Pelatihan dan Pengembangan SDM untuk Bisnis yang Lebih Baik

Pentingnya pelatihan dan pengembangan sdm tidak lepas dari organisasi membutuhkan komponen-komponennya memiliki standar tinggi untuk lebih memaksimalkan pencapaian tujuannya. Tentunya sebuah organisasi hadir dengan sebuah tujuan bukan? Salah satu komponen yang harus bagus ini adalah sumber daya manusia.

Selain untuk mencapai tujuannya, pasti ada sebuah kompetisi antara organisasi satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, sumber daya manusia atau SDM yang baik tentu sangat berpengaruh pada persaingan ini. Karena hal ini pula, sebuah program pelatihan dan pengembangan SDM dianggap sebagai salah satu penyelesaiannya.

Pentingnya Pelatihan dan Pengembangan SDM

Melatih sumber daya manusia tak serta merta soal memberikan materi, praktek, uji coba, dan lainnya saja. Namun, penyelenggara harus mengetahui apa sebenarnya definisi dari program ini, apa saja tujuannya, apa saja manfaatnya, dan hal-hal lainnya.

Definisi Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Istilah dari pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia ini disusun dari dua kata kerja, yaitu ‘pelatihan’ dan ‘pengembangan’, namun definisi dari program ini juga memberikan dua arti. Pengembangan merupakan suatu proses untuk melatih jangkauan hubungan antar manusia atau human relation dengan kecerdasan konseptual untuk mengambil sebuah keputusan.

Sedangkan kata pelatihan diartikan sebagai sebuah program yang tujuannya untuk mencerdaskan serta meningkatkan wawasan dan pengetahuan seseorang.

Manfaat Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pastinya sebuah program yang dianggap sebagai penyelesaian ini memiliki manfaat. Adapun manfaat dari program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia antara lain meminimalisir kecelakaan kerja, meningkatkan loyalitas sesama anggota, menekan tindak kinerja yang buruk, mengembangkan kepribadian yang baik, menambah wawasan, dan lain sebagainya.

Tujuan Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Selain manfaat, hakikatnya sebuah program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia memiliki tujuan yang formal. Tujuan ini tak jauh berbeda dengan manfaat yang telah dibahas sebelumnya.

Berikut adalah tujuan dari program ini, pertama untuk menyingkat waktu seorang individu dalam belajar menjadi individu yang lebih baik, menanamkan profesionalitas seorang individu, memastikan individu telah mengerti teknologi yang mutakhir, membuat individu lebih berorientasi pada kelompok, menambah kemampuan individu, dan membantu seorang individu bisa memecahkan persoalan pribadinya.

Tahapan Pelatihan dan Pengembangan SDM

Ada tiga tahap umum yang harus terlaksana dalam sebuah program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Tiga tahapan ini antara lain menentukan kebutuhan program, merancang program, dan mengevaluasi efektivitas program.

Tahap Pertama – Perencanaan

Di tahap pertama atau tahap menentukan kebutuhan program, penyelenggara harus bisa mengumpulkan data dan informasi yang sevalid mungkin apakah sebuah organisasi membutuhkan program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia atau tidak. Jika rupanya tidak dibutuhkan lebih baik tidak dilakukan, karena pastinya akan buang-buang tenaga dan biaya.

Tahap Kedua – Pelaksanaan

Tahap kedua adalah melaksanakan program sesuai rencana. Namun jika rupanya memang program ini dibutuhkan maka penyelenggara harus bisa merancang program ini yang mana disesuaikan dengan tujuan utama dari program ini. Penyesuaian tujuan harus tepat karena pasti ada saja tujuan lebih spesifik yang salah satunya ada di atas.

Tahap Ketiga – Evaluasi

Selanjutnya ada tahap evaluasi untuk mengetahui apakah program yang telah dilakukan berjalan efektif atau tidak. Tak hanya itu saja, evaluasi juga dilakukan untuk mengetahui kekurangan program tersebut dan belajar dari kekurangan itu.

Metode Pelatihan dan Pengembangan SDM

Ada sebanyak lima jenis atau metode yang bisa dipilih dalam menyelenggarakan program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Masing-masing jenis ini bisa dipilih dan disesuaikan dengan tujuan dari program itu sendiri.

Metode yang pertama adalah teknik pelatihan keahlian atau skill training, pelatihan ulang, pelatihan lintas fungsional, pelatihan tim, dan pelatihan kreatifitas. Pelatihan kreativitas akan memberikan kesempatan kepada semua anggota untuk memberikan gagasan serasional mungkin dan kemudian dibahas.

Sedangkan pelatihan lintas fungsional adalah pelatihan yang akan membuat masing-masing anggota mempelajari bidang lainnya yang jobdesknya tidak mereka miliki. Pelatihan tim bertujuan untuk membuat sesama anggota bisa bekerja sama dalam menyelesaikan satu masalah yang mana bisa meningkatkan kerja tim untuk selanjutnya.

Kesimpulan

Melakukan pelatihan SDM  bisa membuat karyawan pada bisnis Anda lebih terampil dan loyal terhadap perusahaan Anda. Disisi lain karyawan pun mendapatkan manfaat dari pelatihan yang mereka lakukan dengan meningkatnya kemampuan mereka.

Termasuk untuk para akuntan, mereka diharuskan untuk terus peka terhadap perubahan teknologi yang cepat berubah dan standar akuntansi yang berlaku. Jika dahulu Anda dihadapkan dengan pencatatan manual yang memakan lebih banyak waktu dan  rentan mengalami kesalahan, kini Anda bisa melakukan pembukuan dengan mudah melalui software akuntansi seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia yang tentunya Accurate Online juga cocok untuk bisnis Anda. Hanya dengan 200 ribu perbulan Anda bisa merasakan semua kemudahan pembukuan dimana saja dan kapan saja.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online selama 30 hari secara gratis melalui link ini.

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & manajemen? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :