Tips Memilih Bisnis Waralaba Yang Menguntungkan

Salah satu jenis bisnis yang mudah dilakukan adalah bisnis waralaba. Mudahnya karena bisnis ini sudah ada produk dan sistemnya, kita tinggal membelinya saja. Jadi bagi yang ingin memulai bisnis tetapi bingung ingin bisnis apa, bisnis waralaba bisa jadi solusinya. Apalagi sekarang ini banyak sekali bidangnya, mulai dari kuliner, jasa, dan lainnya.

Namun, bisnis waralaba juga butuh proses dan punya risiko meskipun kecil. Sebagai contoh ketika Anda memiliki waralaba kuliner A, mungkin di kota asalnya memang laris tetapi ketika Anda membuka di daerah sekitar Anda belum tentu seramai di kota asalnya. Untuk itu dalam memilih bisnis waralaba jangan sekadar memilih mana yang disuka. Perlu ada perhitungan yang matang sebelum Anda benar-benar memilihnya.

Apalagi jika modal yang dibutuhkan untuk membeli sebuah waralaba cukup besar, maka persiapan wajib dilakukan.

Tips yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Memilih Bisnis Waralaba

Sesuaikan dengan Minat

Tips pertama dalam memilih bisnis waralaba adalah sesuaikan minat Anda, mengingat banyaknya pilihan bisnis waralaba. Misalnya Anda minatnya dibidang kuliner maka Anda bisa memiliki bisnis waralaba kuliner. Mengapa menyesuaikan dengan minat penting? Karena nantinya Anda bisa nyaman dalam menjalankan dan bisnis kuliner bisa Anda kembangkan.

Sesuatu yang sesuai minat itu akan mudah dijalankan meskipun di tengah jalan ada tantangan maupun rintangan.

Lakukan Survei

Nah, seperti yang sudah disinggu di atas tadi, bahwa tidak selamanya bisnis waralaba A bisa cocok dilakukan di tempat atau daerah Anda. Untuk itu Anda perlu melakukan survei bagaimana kondisi pasar di tempat Anda, bagaimana minat produk A di daerah Anda, dll.

Termasuk melihat seberapa besar persaingan yang ada di daerah tersebut. Biasanya beberapa pemilik waralaba juga sudah menyediakan tim untuk survei itu semua, tapi ada juga yang masalah itu diserahkan kepada Anda.

Legalitas Jelas

Pastikan bahwa bisnis waralaba yang akan Anda beli sudah memiliki legalitas yang jelas. Meskipun bisnisnya sudah besar, selalu cek apakah legalitasnya sudah lengkap atau belum. Jangan sampai karena Anda tergiur masalah keuntungan, akhirnya mengabaikan masalah legalitas. Akhirnya nanti jika terjadi hal-hal buruk, maka bisnis Anda juga akan terkena dampaknya.

Minta Informasi BEP nya

Bagi yang belum tahu BEP, BEP itu adalah Break Even Point. Sederhananya adalah cara untuk menganalisa laporan keuangan. Dengan memeriksa BEP maka akan tahu seberapa berhasilnya manajemen perusahaan dalam mencapai target penjualannya termasuk keuntungannya. Sehingga dengan mengetahui ini Anda bisa menganalisa prospek bisnis ini ke depannya.

Dan Anda juga bisa mengira-ngira lama balik modalnya. Selain itu ini juga cara untuk melihat apakah bisnis waralaba ini sehat atau tidak dari sisi manajemen. Jangan sampai Anda membeli bisnis waralaba yang ternyata sedang dalam keadaan minus atau hampir bangkrut.

Cek juga Persaingannya

Bisnis waralaba kuliner khususnya, saat ini memiliki persaingan yang cukup tinggi. Jadi Anda perlu mengecek persaingannya bagaimana. Agar nantinya ketika Anda menjadi mitra bisnis waralaba tersebut tidak kalah saing dengan yang sudah ada.

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah apa saja yang akan Anda dapatkan dari pihak pengelola waralaba. Dukungan stok produk atau benefit apa saja yang akan didapatkan.

Intinya dalam menjalankan bisnis waralaba juga butuh persiapan. Jangan terlalu tergiur dengan nilai keuntungan yang ditawarkan. Anda perlu lihat lebih jauh bagaimana bisnis tersebut sesuai dengan kondisi Anda.

Pembukuan pada Bisnis Waralaba sangat Penting

Lakukan juga pencatatan setiap penjualan dan pembelian  terjadi pada bisnis waralaba Anda Hal ini untuk mengetahui kemana saja dana yang Anda dapatkan dan keluar. Anda bisa melakukan pembukuan manual atau menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk memudahkan proses pencatatan pembukuan segala transaksi Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan dan dimana saja. Memiliki fitur terlengkap dan dengan harga yang paling terjangkau di Indonesia. Anda bisa mencoba Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Sudah siapkah Anda memulai usaha waralaba sendiri? Percayalah dengan kemampuan Anda, niscaya usaha akan berjalan lancar.