Tips Memilih Aplikasi Kasir (POS) Terbaik

Aplikasi kasir atau yang disebut juga dengan istilah Point of Sale (POS) sudah menjadi hal wajib jika usaha Anda ingin rapi dan terkelola dengan baik masalah pembukuan dan akuntansinya. Karena daripada membuat pembukuan secara manual, lebih baik pakai aplikasi kasir yang jelas-jelas lebih efektif dan mudah digunakan.

Sekarang ini pun banyak sekali aplikasi kasir yang bisa digunakan, baik itu yang berbayar maupun yang gratis. Semua punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Nah dalam memilih aplikasi kasir ini tentu Anda tidak boleh sekadar memilih, perlu ada yang dipertimbangkan dulu sebelum benar-benar memilih mana yang cocok digunakan.

Apalagi sekarang ini sudah banyak pengembang aplikasi kasir / POS yang menawarkan produknya dengan berbagai kelebihan. Anda sebagai pengguna tentu akan bingung ketika ingin memilih.

Untuk itu sebelum memilih, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini.

1. Cari Fitur yang Lengkap dan Memudahkan.

Salah satu alasan Anda ingin menggunakan software kasir adalah ingin mendapatkan kemudahan dalam pengelolaan keuangan dan mendapatkan laporannya. Untuk itu pastikan mencari aplikasi kasir yang memiliki fitur lengkap.

Kalau Anda mengira aplikasi kasir itu hanya digunakan untuk menghitung transaksi atau mudahnya sebagai ‘kalkulator’ maka itu salah. Karena menggunakan aplikasi kasir Anda bisa melakukan banyak hal.

Jadi sebaiknya perlu memilih yang memiliki fitur lengkap seperti : Fitur Database Stok Produk, Fitur Berbagai Laporan mulai dari laporan pemasukan, pengeluaran, hingga Laba Rugi. Jadi ada fitur akuntansinya. Sehingga masalah laporan akuntansinya Anda tidak perlu memikirkan lagi, dalam satu aplikasi Anda bisa mendapatkan semua.

Itu jelas akan memudahkan bila dibanding Anda memiliki software POS yang hanya berfungsi sebagai alat perhitungan transaksi jual beli saja.

2. Memiliki Fitur Membership

Anda harus bisa memanfaatkan para pelanggan yang telah setiap menggunakan produk Anda. Salah satunya dengan memberikan berbagai promo, voucher atau benefit lainnya melalui Membership. Nah, ini juga perlu didukung oleh software kasir yang memiliki fitur Membership juga.

Di RenePOS, fitur ini telah tersedianya. Namanya fiturnya Membership dan Rewarding System. Sehingga Anda bisa membuat sistem promo melalui poin belanja yang dikumpulkan oleh pelanggan kemudian bisa ditukar dengan barang atau voucher. Menarik tentunya.

3. Pilihan Metode Pembayaran

Pakai aplikasi kasir kalau bayarnya masih mengandalkan uang cash terus rasanya kurang up to date. Nah, pilihlah software POS yang sudah mendukung beragam metode pembayaran seperti menggunakan kartu debit/kredit atau bahkan voucher. Sehingga ini akan memberikan pilihan kemudahan bagi para pelanggan Anda.

Perlu Anda tahu bahwa sekarang ini gaya hidup masyarakat kita sudah mulai berubah yakni dengan meninggalkan uang cash. Maksudnya banyak yang tidak lagi mengandalkan cash untuk melakukan pembayaran.

4. Multi User

Cari aplikasi kasir yang bisa digunakan oleh lebih dari satu pengguna. Apalagi jika skala usaha Anda besar, misalnya saja punya cabang dimana-mana. Maka tiap cabang harus ada akun sendiri-sendiri. Ini akan memudahkan melihat laporan setiap cabangnya dan tentunya dari sisi keamanan ini sangat terjamin.

Anda bisa mencoba RenePOS versi gratisnya melalui link ini. Agar Anda bisa mengetahui aplikasi kasir yang lengkap itu ya yang seperti RenePOS.

5. Terintegrasi dengan Software Akuntansi

Software pos terbaik adalah yang memiliki integrasi dengan software akuntansi. Hal ini sangat penting, jika software POS merekam transaksi yang terjadi, maka software akuntansi yang mengelola pembukuan dan pembuatan laporan keuangan dari transaksi yang terjadi.

Dengan RenePos, Anda bisa mengintegrasikannya dengan software akuntansi Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi online yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna di Indonesia. Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.