• Anggaran bisnis dengan Accurate online

Tips Membuat Anggaran Bisnis dengan Benar

Memulai untuk menumbuhkan bisnis adalah hal yang menarik namun menantang. Meskipun Anda adalah seorang pemimpin yang terampil atau memiliki ide bagus untuk suatu produk atau layanan, namun dalam hal pengelolaan keuangan dalam sebuah operasi bisnis bukanlah sesuatu bakat yang datang secara alami. Bahkan setelah Anda mendapatkan dana, masalahnya tidak selesai sampai disitu. Anda perlu mengalokasikan anggaran bisnis Anda dengan benar untuk hasil terbaik. Jika Anda tidak memiliki rencana dalam anggaran, Anda bisa menghabiskan pengeluaran lebih banyak daripada laba yang Anda terima. Anda harus mengantisipasi dan merencanakan kebutuhan masa depan untuk mempertahankan arus kas yang kuat.

Mirip dengan rencana bisnis Anda, anggaran bisnis menetapkan kerangka kerja yang membantu Anda bergerak menuju tujuan Anda. Namun terkadang, kejadian tak terduga dapat membuat rencana Anda berantakan. Penting untuk menyadari bahwa anggaran Anda tidak pernah statis. Akan ada perubahan yang tidak terduga, dan Anda perlu melakukan penyesuaian di sepanjang jalan.

Darimana Memulai Perencanaan Anggaran Bisnis?

Jika Anda baru memulai membuka bisnis, pengelolaan anggaran dapat membantu Anda memperkirakan total biaya awal. Perencanaan Anggaran bisnis yang realistis juga memberi tahu Anda keuntungan yang bisa Anda harapkan. Anggaran awal Anda harus mencakup semua pendapatan, biaya, arus kas, dan keuntungan Anda. Setelah memperhitungkan biaya, Anda dapat menentukan apakah Anda memiliki sisa dana untuk investasi modal.

Pemilik usaha kecil sering berpikir bahwa mereka tidak memerlukan anggaran bisnis karena mereka menyimpan angka-angka keuangan  (pendapatan dan pengeluaran) di kepala mereka. Apa ada masalah dengan cara ini?

Tentu akan terjadi masalah dalam hal ini, bagi mereka yang baru memulai bisnis mereka cenderung menyesuaikan angka untuk memberikan pandangan yang ideal tentang keuangan bisnis melalui ingatan yang tidak akurat, atau mencatat besaran anggaran pada suatu dokumen dan bekerja dengan dokumen tersebut setiap akhir tahun untuk memastikan keakuratan

Padahal anggaran bisnis harus dipantau tidak hanya sekali setahun, lebih baik memperbaruinya sebulan sekali, atau bahkan setiap hari.

Memeriksa anggaran Anda secara teratur dapat membantu Anda membuat perkiraan yang lebih akurat berdasarkan status terkini dari berbagai saluran penjualan Anda. Anda juga dapat mengidentifikasi bagian mana dalam bisnis Anda yang berada dalam risiko pengeluaran berlebihan dan mengantisipasinya sebelum terlalu banyak menghabiskan dana yang dialokasikan.

Alasan lain kenapa Anda harus meninjau anggaran adalah agar Anda dapat melihat dampak keputusan yang dibuat dalam jangka pendek. Misalnya, Anda mungkin terlalu sedikit  mengalokasikan dana untuk pemasaran produk yang sebenarnya memiliki atau Anda mungkin menghabiskan terlalu banyak dana pada saluran pemasaran yang tidak menghasilkan pengembalian investasi yang tinggi. Penting untuk mempertimbangkan saluran penjualan dan target pasar Anda. Selain itu, Anda mungkin dapat membuat penyesuaian faktur sehingga pembayaran dapat dipercepat, dan dampaknya tentu dapat meningkatkan arus kas Anda.

Jangan mengabaikan pengeluaran atau pendapatan yang sering terlupakan

  • Untuk memastikan Anda tidak ketinggalan pengeluaran, gunakan laporan bank, laporan kartu kredit, dan kuitansi untuk menyusun daftar lengkap.
  • Pengeluaran yang biasanya terlewat termasuk biaya bank / keuangan, bunga, pajak lokal dan penjualan, dan biaya kantor rumah seperti utilitas dan sewa / hipotek.

Persiapkan Hal yang Tak Terduga dengan Rencana Anggaran Bisnis yang Kuat

Bisnis bergerak dengan langkah cepat dan perubahan mendadak adalah hal yang pasti terjadi, misalnya klien mengurangi pembayaran atau mengurangi pesanan. Hal ini tentu dapat membahayakan arus kas Anda. Anda perlu merencanakan anggaran bisnis untuk menentukan bagaimana hilangnya pendapatan tidak akan berdampak pada laba dan berapa lama anggaran bisnis Anda dapat menutupi semua ini. Apakah Anda perlu mengurangi biaya pemasaran atau biaya perekrutan sampai Anda dapat mengganti kerugian? Perencanaan anggaran Anda harus fleksibel.

Anda bisa menggunakan aplikasi pencatatan transaksi dan akuntansi untuk memudahkan mengelola anggaran bisnis Anda dengan mudah dan aman. Accurate Online adalah aplikasi akuntansi berbasis cloud yang bisa memudahkan Anda dalam membuat anggaran bisnis yang akurat, mencatat semua pemasukan dan pengeluaran dalam satu sistem yang bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja. Anda bisa mengunduh demo Accurate Online secara gratis melalui  tautan ini

 

 

Anda juga bisa membaca artikel menarik lainnya dibawah ini :

By |2019-02-01T07:42:44+00:00February 1st, 2019|Bisnis|