Pasar Persaingan Sempurna. Pengertian & Karakteristiknya

Pengertian Sederhana Tentang Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah situasi pasar  di mana pembeli dan penjual  berada dalam pasar yang bersifat homogen. Tidak ada monopoli pada harga  komoditas yang dijual dalam pasar tersebut. Semua dalam kendali pembeli dan penjual individu.

Analoginya seperti ini:

Bayangkan diri Anda sebagai penjual makanan jalanan, menjual mie ayam di alun-alun utama di kota Anda. Ada tiga penjual mie ayam lainnya di sudut lain alun-alun menjual mie dengan kualitas rasa yang sama persis. Tak satu pun dari penjual mie termasuk Anda dapat mengubah harga, karena semua orang tahu bahwa kesepakatannya adalah 1 porsi mie ayam adalah 15.000 rupiah. Siapa pun yang ingin menjual mie di alun-alun dapat melakukannya, dan jika Anda ingin berhenti untuk menjual mie tidak ada yang berhak menghentikan Anda. Dalam dunia bisnis ini menggambarkan pasar persaingan sempurna atau persaingan murni. Hal yang sama juga bisa dilakukan pada tingkat  perusahaan besar yang terlibat dalam suatu jenis industri.

4 Karakteristik Utama Pasar Persaingan Sempurna

 Berikut adalah 4 karateristik utama yang ada dalam pasar persaingan sempurna.

 

1. Kebanyakan penjual adalah perusahaan kecil

Pasar persaingan sempurna mengandung sejumlah besar perusahaan kecil, relatif kecil dibandingkan dengan ukuran keseluruhan pasar. Hal Ini untuk memastikan bahwa tidak ada satu pun perusahaan yang dapat melakukan kontrol pasar atas harga atau kuantitas. Jika satu perusahaan memutuskan untuk menggandakan outputnya atau berhenti memproduksi seluruhnya, pasar tidak terpengaruh. Harga tidak berubah dan tidak ada perubahan dalam kuantitas yang dipertukarkan.

Berapa banyak perusahaan kecil yang diperlukan dalam industri persaingan sempurna, hingga masing-masing perusahaan tidak memiliki kendali dalam pasar? Tidak ada penjelasan aktual untuk menjawab pertanyaan ini. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar ideal yang tidak ada di dunia nyata. Hal ini juga sebagian besar disebabkan oleh anggapan bahwa jumlah perusahaan tidak sepenting hasil  atau bahwa harus ada perusahaan yang memiliki kendali pasar.

2. Produk identik (homogen) yang dijual oleh semua perusahaan

Setiap perusahaan dalam pasar persaingan sempurna menjual produk yang identik, yang juga biasa disebut “barang homogen.” Ciri penting dari karakteristik ini tidak begitu banyak sehingga barang itu sendiri persis, sama persis, tetapi pembeli tidak dapat membedakan apa pun. Secara khusus, pembeli tidak dapat mengetahui perusahaan mana yang menghasilkan produk tertentu. Tidak ada nama merek atau fitur pembeda yang membedakan produk dengan perusahaan.

Karakteristik ini berarti bahwa setiap perusahaan yang bersaing sempurna menghasilkan suatu barang yang merupakan pengganti sempurna untuk output setiap perusahaan lain di pasar. Dengan demikian, tidak ada perusahaan yang dapat membebankan harga dari barang yang telah diterima oleh perusahaan lain. Jika mereka mencoba untuk membebankan harga yang lebih tinggi, maka pembeli akan segera beralih ke barang lain yang merupakan pengganti yang sempurna.

3. Mobilitas sumber daya yang sempurna atau kebebasan masuk dan keluar dari industri

Perusahaan dengan pasar persaingan sempurna bebas memasuki dan keluar dari industri. Mereka tidak dibatasi oleh aturan dan peraturan pemerintah, biaya awal, atau hambatan lain untuk masuk. Sementara beberapa perusahaan mengeluarkan biaya awal yang tinggi atau memerlukan izin pemerintah untuk memasuki industri, hal ini tidak berlaku untuk perusahaan dengan pasar persaingan sempurna. Demikian juga, perusahaan yang masuk pasar persaingan sempurna tidak dapat dicegah meninggalkan industri seperti halnya untuk utilitas publik yang diatur pemerintah.

Perusahaan dengan pasar persaingan sempurna dapat memperoleh tenaga kerja, modal, dan sumber daya apa pun yang dibutuhkan tanpa penundaan dan tanpa pembatasan. Tidak ada diskriminasi rasial, etnis, atau gender.

4. Pengetahuan sempurna tentang harga dan kualitas antara penjual dan pembeli

Dalam pasar persaingan sempurna, pembeli sepenuhnya sadar akan harga dan kualitas yang diberikan penjual, sehingga satu perusahaan tidak dapat menjual barang dengan harga lebih tinggi daripada perusahaan lain. Setiap penjual juga memiliki informasi lengkap tentang harga yang dikenakan oleh penjual lain sehingga mereka tidak dapat menaikan harga meskipun lebih sedikit daripada harga pasar yang sedang berlangsung. Pengetahuan yang sempurna juga meluas ke teknologi. Semua perusahaan dengan persaingan sempurna memiliki akses ke teknik produksi yang sama. Tidak ada perusahaan yang dapat menghasilkan output lebih cepat, lebih baik, atau lebih murah karena pengetahuan khusus tentang informasi.


Keempat karakteristik diatas ini diciptakan agar diharapkan agar perusahaan yang besar tidak dapat melakukan kontrol apa pun atas pasar, termasuk Negara. Dengan adanya banyak perusahaan kecil yang memproduksi produk identik menjadikan produksi gabungan bisa memenuhi kebutuhan pasar secara keseluruhan

Hal ini membuat kurva permintaan untuk output perusahaan yang sangat kompetitif terutama dengan adanya kebebasan untuk masuk dan keluar dari industri tersebut. Secara bersamaan hal ini juga meningkatkan efisiensi modal dan sumber daya lainnya. Pengetahuan yang sempurna berarti bahwa semua perusahaan yang beroperasi pada standar yang sama. begitupun dengan pembeli yang tahu tentang semua  barang yang dijual

 

pasar persaingan sempurna 2

Apakah Pasar Persaingan Sempurna ada di Dunia Nyata?

Jika ditinjau dari empat karekteristik diatas, jarang sekali dalam suatu industri mengadopsi pasar persaingan sempurna, atau mungkin tidak ada di dunia nyata. Sebagai contoh, sebagian besar produk memiliki beberapa tingkat diferensiasi atau perbedaan. Bahkan dengan produk yang sederhana seperti air kemasan, misalnya, produsen melakukan variasi dalam metode pemurnian, ukuran produk, identitas merek, dll.

Hambatan untuk Pasar Persaingan Sempurna

Banyak industri juga memiliki hambatan yang signifikan untuk masuk, seperti biaya startup yang tinggi (Anda bisa lihat dalam industri manufaktur otomotif) atau peraturan pemerintah yang ketat (seperti yang terlihat dalam industri utilitas), yang membatasi kemampuan perusahaan untuk masuk dan keluar dari industri tersebut.

Ada rintangan signifikan yang mencegah pasar persaingan sempurna muncul dalam perekonomian saat ini. Industri pertanian mungkin paling dekat dengan menunjukkan pasar persaingan sempurna karena ditandai oleh banyak produsen kecil yang hampir tidak memiliki kemampuan untuk mengubah harga jual produk mereka. Para pembeli komersial komoditas pertanian umumnya sangat terinformasi dan, meskipun produksi pertanian melibatkan beberapa hambatan untuk masuk, tidak terlalu sulit untuk memasuki pasar sebagai produsen.

Pemikiran para ekonom tentang Pasar Persaingan Sempurna

Tidak ada ekonom yang percaya bahwa pasar persaingan sempurna adalah perwakilan dari dunia nyata. Sangat sedikit yang percaya bahwa pasar persaingan sempurna dapat dicapai. Perdebatan nyata di antara para ekonom adalah apakah pasar persaingan sempurna harus dianggap sebagai tolok ukur teoritis untuk pasar riil. Ekonom neoklasik berpendapat bahwa persaingan sempurna dapat bermanfaat, dan sebagian besar analisis mereka berasal dari prinsip-prinsipnya. Banyak aliran pemikiran kecil lainnya tidak setuju.

Pemenang Nobel F.A. Hayek berpendapat bahwa pasar persaingan sempurna tidak memiliki klaim yang disebut “kompetisi.” Dia menunjukkan bahwa model tersebut menghapus semua aktivitas kompetitif dan mengurangi semua pembeli dan penjual menjadi pembeli harga yang tak ada bandingannya.

Dalam menjalani dunia usaha kita memang dituntut untuk menjadi rasional namun tetap professional. Misalnya dalam perkembangan teknologi seperti sekarang, Anda dituntutut untuk serba cepat dan tepat termasuk dalam pencatatan keuangan dan pemantauan stok. Anda bisa mecoba menggunakan Accurate online yang sudah dipercaya berbagai perusahaan multinasional untuk membantu pencatatan keuangan Anda dan memantau stok Anda secara real time.

Anda bisa megunduh demo accurate online melalui link ini

 

Anda bisa membaca artikel menarik lainnya dibawah ini :