Mulailah Berinvestasi dari Modal yang Kecil

Ketika seseorang ingin memulai berinvestasi, biasanya yang muncul dibenaknya adalah investasi apa yang bisa mendatangkan keuntungan besar. Padahal sebelumnya belum pernah sama sekali mencoba berinvestasi. Ini wajar, karena salah satu tujuan dari investasi selain menanamkan modal yang dimiliki juga ingin mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.

Hanya saja jika Anda termasuk pemula yang baru mau belajar berinvestasi. Sebaiknya memulai investasi dari modal yang kecil. Rumus dalam investasi itu adalah Modal Kecil Risiko Kecil Untung Kecil, Modal Besar Risiko Besar Untung Besar.

Tidak apa memiliki untung yang kecil tetapi Anda akan mendapatkan pengalaman berinvestasi yang baik. Sehingga nantinya Anda akan bisa melihat alur atau cara kerja produk investasi tersebut. Dan itu bisa menjadi modal selanjutnya untuk melangkah ke investasi yang modalnya besar.

Investasi adalah cara memutar uang yang saat ini Anda miliki agar uang itu bisa menghasilkan keuntungan yang lebih dalam jangka waktu yang panjang.

Kita tahu bahwa saat ini banyak sekali produk investasi yang bisa digunakan. Mulai dari yang bisa memberikan keuntungan besar sampai yang kecil. Namun, sekali lagi jika Anda baru pertama kali berinvestasi, cobalah untuk berinvestasi dari modal yang kecil.

Apalagi sekarang ini banyak produk investasi yang bisa digunakan meskipun Anda memiliki modal yang kecil.

Reksa Dana dan Emas bisa Anda coba

Jika saat ini Anda hanya memiliki modal Rp 100.000 saja, itu sudah bisa digunakan untuk berinvestasi. Anda bisa mencoba investasi Reksa Dana yang bisa dilakukan meskipun hanya memiliki modal Rp 100.000 saja. Reksa Dana ini juga mudah dilakukan, bahkan Anda tidak perlu ribet saat proses investasinya.

Reksa Dana ini memang termasuk produk investasi yang paling mudah. Dan banyak pilihan jenis investasinya. Anda bisa memiliki investasi Reksa Dana Saham, Pendapatan Tetap, Pasar Uang, Campuran atau lainnya.

Nantinya dengan modal yang Anda miliki itu, akan dikelola oleh yang namanya Manager Investasi. Merekalah yang akan mengelola dana investasi Anda agar bisa menguntungkan di masa depan. Sehingga Anda cukup menyetorkan dana investasi dan menunggu hingga beberapa tahun untuk bisa mendapatkan hasilnya.

Selain Reksa Dana, Investasi Emas juga salah satu yang mudah dilakukan. Dengan modal Rp 1 juta saja Anda sudah bisa berinvestasi emas dan mendapatkan emas kurang lebih 1 gram. Harga emas yang relatif stabil dan cenderung mengalami peningkatan setiap waktunya, membuatnya menjadi salah satu produk investasi yang minim risiko.

Hanya saja Anda memang butuh menjaganya, agar tidak hilang. Namun, jika Anda tidak mau ribet, sekarang ini juga sudah banyak layanan investasi emas yang bisa dititipi. Istilahnya adalah tabungan emas. Anda cukup membeli berapa gram, dan nanti emas akan dikelola oleh mereka. Anda pun bisa mencairkannya sewaktu-waktu.

Intinya adalah, dalam berinvestasi cobalah untuk melakukannya mulai dari modal yang kecil dulu. Dari modal yang kecil itu Anda bisa belajar cara berinvestasi yang benar dan memahami produk investasi yang Anda gunakan. Nantinya setelah memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup, baru bisa mencoba investasi yang modalnya besar. Tujuannya agar bisa meminimalisir risiko investasi tersebut.

Karena risiko investasi itu pasti ada, yang membedakan adalah bagaimana sang investor bisa memahami sistem produk investasi tersebut sehingga bisa meminimalkan risiko yang ada.