6 Cara Memulai Usaha Rumahan yang Bikin Cepat Sukses

Memulai usaha saat ini sudah menjadi salah satu tujuan hidup bagi sebagian orang. Pasalnya, orang yang bekerja sekalipun, setelah pensiun kebanyakan ingin memulai usaha sendiri. Salah satu bentuk usaha yang paling mungkin bisa dilakukan hampir setiap orang adalah memulai usaha rumahan.

Di rumah, Anda bisa memanfaatkan beberapa tempat kosong seperti garasi, halaman hingga dapur untuk memulai menjalankan usaha. Kelebihan dari menjalankan bisnis rumahan adalah hemat modal, namun hal ini juga harus dibarengi dengan beberapa cara lainnya, agar bisnis rumahan lebih cepat sukses.

Cara Memulai Usaha Rumahan yang Bikin Cepat Sukses

Bagi Anda yang sudah berniat untuk mulai menjalankan usaha, berikut ini beberapa cara memulai usaha rumahan  yang dapat dilakukan agar bisnis rumahan Anda lebih cepat sukses kedepannya:

1. Memperolaeh Dukungan Keluarga

Usaha rumahan akan dimulai dari rumah, dimana Anda dan beberapa anggota keluarga tinggal. Pastikan keluarga Anda sudah mendukung usaha tersebut, baik secara materil maupun non materil. Keluarga yang tidak mendukung tentunya akan membuat cara memulai  bisnis rumahan menjadi terhambat dan cenderung akan gagal.

2. Mempelajari Administrasi

Meski hanya usaha rumahan yang masih berjalan dalam skala kecil, namun Anda wajib mengetahui dan menguasai seputar administrasi umum bagi seorang pengusaha. Pastikan Anda melakukan pencatatan administrasi secara tertib, meskipun nilainya masih kecil. Pastikan juga Anda tidak mencampurkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis dalam bisnis rumahan Anda.

3. Memilih Usaha Sesuai Passion

Sangat penting saat kita memutuskan untuk menjalankan suatu usaha yang sesuai dengan passion atau minat kita. Hal tersebut agar usaha kita lebih cepat berkembang. Misalnya, Anda menyukai bidang kuliner, mulailah dengan cara memulai bisnis rumahan dengan membuat aneka makanan kekinian.

4. Menentukan Visi dan Misi Usaha

Meskipun usahanya baru di mulai di rumah dan berskala kecil, Anda harus belajar untuk menentukan apa yang menjadi visi dan misi dari usaha rumahan tersebut. Tujuan yang jelas, tentunya akan mencapai kesuksesan di masa depan. Sementara jika berjalan begitu saja tanpa tujuan, usaha tersebut akan sulit mencapai kesuksesan.

5. Menghitung Kebutuhan Modal

Selain pencatatan mengenai administrasi dari usaha rumahan Anda, pastikan juga Anda menghitung kebutuhan modal untuk cara memulai bisnis rumahan tersebut. Hitung secara teliti kebutuhan apa saja yang penting dalam usaha tersebut. Jika memang bisa berhemat, catat juga berapa biaya yang Anda hemat dengan memanfaatkan fasilitas di rumah seperti garasi, halaman rumah dan dapur rumah.

6. Melakukan Pembukuan Bisnis

Hal yang paling penting dalam membangun sebuah bisnis adalah pembukuan keuangan. Anda harus melakukan pembukuan untuk mengetahui cashflow perusahaan, laporan laba rugi dan laporan keuangan lainnya untuk kebutuhan pengembangan bisnis kedepannya. Untuk kegiatan akuntansi manual memang sedikit memakan waktu, terutama jika bisnis rumahan Anda sudah berkembang cukup besar.

Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk memudahkan kegiatan akuntansi bisnis Anda, contohnya adalah Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud dengan fitur paling lengkap namun dengan harga terbaik. Accurate Online juga cocok untuk semua jenis bisnis dan entitas bisnis, mulai dari UKM sampai perusahaan multinasional. Telah dipakai oleh 300 ribu user juga memenangkan Top Brand Award selama 4 tahun berturut-turut sejak 2016.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Kesimpulan

Selain beberapa cara diatas, Anda juga bisa lebih banyak bertanya pada seorang mentor yang sudah menjalankan bisnis rumahan dan berhasil sukses. Ilmu cara memulai bisnis rumahan dari mereka yang sudah memeiliki pengalaman lebih tentunya akan sangat membantu usaha Anda lebih berkembang dengan cepat.