5 Cara Endorsement Instagram yang Tepat Bikin Bisnis Untung

Pengertian Endosement

Di zaman serba online seperti sekarang ini, Endorsement atau endorse menjadi salah satu trik promosi yang wajib dilakukan para pebisnis online. Endorsement memiliki pengertian sebagai strategi untuk promosi yang dilakukan penjual produk atau jasa, dengan meminta tokoh terkenal untuk mempromosikanya.

Ini merupakan teknik marketing yang memang menjanjikan. Selain itu, dengan melakukan endorsement, kita bisa melakukan branding produk dan jasa kita dengan maksimal.

Cara Endorsement yang Tepat Bikin Bisnis Untung

Meskipun endorsement merupakan salah satu teknik marketing yang bisa mendatangkan keuntungan bagi pebisnis, sebagai pebisnis Anda harus mengetahui terlebih dulu bagaimana cara endorsement yang tepat agar bisa menguntungkan. Berikut ulasanya:

Budget Marketing Rendah, Jangan dulu Endorse

Perlu Anda ketahui bahwa melakukan endorse kepada artis itu akan membutuhjan biaya yang cukup mahal. Kisaran biayanya bisa mencapai jutaan rupiah. Maka dari itu, jika Anda baru saja membuka bisnis online, sebaiknya jangan terburu-buru untuk melakukan endorsement. Sebaiknya Anda focus dulu untuk memperbanyak followers yang tertarget.

Pilih Selebriti yang Gaya Hidupnya Mewakili Target Market Anda

Jika Anda pebisnis online yang berjualan sepatu, koper travelling serta baju renang , untuk endorsement, carilah artis yang memiliki hobi liburan dan travelling. Sebaliknya, jika Anda menjual tas branded, sepatu mewah dan glamour, maka carilah artis endors yang suka bergaya hidup mewah.

Endorsement Rutin Minimal 1 Bulan Sekali

Lakukan kegiatan endorsement ke artis ini, setidaknya 1 bulan sekali. Hal ini baik untuk proses branding produk dan jasa Anda. Namun, bila kedepanya Anda memiliki budget lebih, maka endorsement dapat dilakukan hingga 2 minggu sekali.

Buat Budget Khusus Endorsement

Pastikan budget untuk endorsement ini terpisah dengan transaksi keuangan lainya dalam bisnis online Anda. Yang terbaik adalah melakukan endorsement, setelah usaha online Anda memiliki profit yang stabil, agar tidak mengganggu cash flow bisnis Anda.

Pastikan Produk yang Di-Endorse Banyak Stocknya

Ingin melakukan endorsement, pastikan stock produk yang Anda miliki banyak. Untuk melakukan endorsement, setidaknya diperlukan minimal 1-3 produk yang akan dipakai si artis. Calon konsumen nantinya akan berminat pada produk yang di endors kepada si artis.

Disarankan melakukan endors ini pada saat usaha online Anda sudah memiliki profit yang stabil setiap bulanya. Jangan memiliki ekspektasi yang cepat, bahwa dengan endorsement, produk atau jasa Anda akan langsung laku. Pastikan melakukan endorsement ini untuk promosi yang maksimal.

Jika Anda memiliki usaha online, ada baiknya Anda menggunakan software pembukuan untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis Anda. Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai solusi untuk  memudahkan kegiatan akuntansi dalam bisnis online Anda. Coba Accurate Online sekarang dan nikmati gratis selama 30 hari melalui link ini.