Pengertian Lembaga Keuangan Bank Dan Jenisnya

Pengertian Lembaga Keuangan Bank

Lembaga Keuangan Bank merupakan lembaga yang kegiatannya menghimpun dana langsung dari masyarakat dalam bentuk simpanan, misalnya deposito, giro, tabungan. Selain menghimpun juga memberikan jasa pelayanan keuangan kepada masyarakat. Lembaga ini biasanya menawarkan jasa sama seperti bank yang memudahkan dalam transaksi keuangan.

Adapun jasa layanan masyarakat yang di berikan oleh lembaga keuangan bank adalah sebagai berikut: Jasa pemindahan uang (transfer), Jasa penagihan (inkaso), Jasa penjualan mata uang asing (valas), Jasa safe deposit box, Jasa kliring (clearing), Travelers cheque, Bank card, Bank draft, Letter of credit (L/C), Dan berbagai jasa Bank lainnya.

Jenis Lembaga Keuangan Bank

1. Bank Sentral

Bank sentral merupakan salah satu lembaga keuangan yang bertanggung jawab untuk menstabilkan kurs mata uang atau nilai mata uang yang berlaku di suatu negara.

Di Indonesia yang menjadi bank senral adalah bank indonesia. Bank sentral memegang fungsi sebagai bank sirkulasi sehingga uang tersebut selalu berputar. Kemudian bank sentral juga menjadi lender of the last resort dan bankers bank pada suatu negara.

Bank Indonesia merupakan bank sentral bagi Negara Indonesia dalam melayani banyak kepentingan keuangan pihak pemerintah dan pihak lembaga perbankan. Tujuan dari bank sentral adalah untuk mencapai serta memelihara kestabilan nilai rupiah. Sehingga bank sentral beupaya dalam menetapkan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem devisa hingga mengatur dan mengawasi bank yang lain

2. Bank Umum

Bank umum adalah lembaga keuangan yang melakukan kegiatan usaha di bidang jasa keuangan, baik secara konvensional maupun dengan berprinsip syariah.

Fungsi dari bank umum ini adalah lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan atau yang menjembatani pihak yang memerlukan dana atau yang memiliki dana. Sehingga dana dihimpun dari masyarakat kemudian disalurkan kembali kepada masyarakat, baik untuk  individu maupun perusahaan yang membutuhkan modal.

3. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Bank Perkreditan Rakyat adalah lembaga yang memberikan pinjaman dana untuk keperluan modal usaha masyarakat. Kemudian BPR ini hanya menerima simpanan dalam bentuk deposito dan tabungan. BPR biasanya terletak dilokasi masyarakat yang membutuhkan modal.

Contoh dari  BPR  adalah Bank desa, Bank pasar, Bank pegawai, Lembaga perkreditan desa (LPD), dan Badan kredit desa (BKD). Adapun tugas pokok Bank Prekreditan Rakyat antara lain:

  • Menghimpun dana dari masyarakat baik deposito berjangka atau tabungan.
  • Memberikan kredit kepada masyarakat untuk mengembangkan usaha, baik individu maupun badan usaha.
  • Menempatkan dana tersebut dalam bentuk Sertifikat Bank Indonesia (SBI), tabungan pada bank lain, deposito berjangka, dan sertifikat deposito.
  • Memberikan jasa perbankan dalam bentuk pinjaman atau pembiayaan dengan sistem bagi hasil sesuai Peraturan Pemerintah.

Lembaga keuangan ini sangat membantu masyarakat dalam transaksi keuangan, karena lembaga keuangan bank sebagai tempat menyimpan uang yang aman dan terpercaya. Selain itu juga sebagai tempat meminjam modal untuk mengembangkan usaha baik untuk usaha kecil maupun besar.

Kesimpulan

Semua lembaga keuangan tersebut telah membantu masyarakat dan menciptakan regulasi yang mampu untuk mendorong kemajuan negara ini, khususnya dalam bidang keuangan ekonomi dan perbankan. Dengan adanya lembaga keuangan tentunya ini akan memudahkan Anda dalam mengetahui kebijakan apa saja yang berpengaruh pada Anda, terutama untuk bisnis Anda.

Dalam hal pembukuan misalnya, kebijakan keuangan berperan penting pada laporan keuangan Anda. Contohnya adalah seperti dalam melakukan transaksi menggunakan mata uang asing, kebijakan bank sentral berperan dalam hal ini.

Jika Anda menginginkan proses pembukuan yang mudah, cepat, dan efektif, Anda bisa coba untuk meninggalkan proses pembukuan manual Anda dan beralih menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Dengan fitur terlengkap dan harga yang sangat terjangkau, Accurate Online sudah dipakai oleh lebih 300 ribu entitas bisnis yang ada di Indonesia. Telah memenangkan Top Brand Award sebagai sofware akutnansi terbaik sejak tahun 2016  sampai 2019 untuk software akuntansi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba untuk menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Ingin mengetahui tips lainnya seputar akuntansi dan bisnis? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :