Pengertian Ekuitas Dan Pentingnya Pada Sebuah Perusahaan

Pengertian Ekuitas

Ekuitas adalah nilai yang dapat diatribusikan kepada pemilik bisnis. Sederhananya, pengertian ekuitas adalah kepemilikan suatu bisnis atau perusahaan.

Nilai buku ekuitas dihitung sebagai perbedaan antara aset dan liabilitas pada neraca perusahaan, sedangkan nilai pasar ekuitas didasarkan pada harga saham saat ini (jika publik) atau nilai yang ditentukan oleh investor atau profesional penilaian.

Dalam dunia perdagangan, ekuitas mengacu pada saham. Kemudian dalam dunia akuntansi dan pinjaman, ekuitas mengacu pada jumlah modal yang dikontribusikan oleh pemilik atau perbedaan antara total aset perusahaan dan total kewajibannya. Di dunia real estat, ekuitas mengacu pada perbedaan antara nilai pasar aset dan utang yang terutang pada aset.

Istilah ekuitas biasanya disebut sebagai ekuitas pemegang saham yang mewakili jumlah uang yang akan dikembalikan kepada pemegang saham perusahaan jika semua aset dilikuidasi dan semua hutang perusahaan dilunasi.

Ekuitas ditemukan di neraca perusahaan dan merupakan salah satu metrik keuangan paling umum yang digunakan oleh analis untuk menilai keuangan suatu perusahaan. Ekuitas pemegang saham juga dapat mewakili nilai buku perusahaan.

Jenis Ekuitas

Dua jenis ekuitas yang paling umum dijumpai pedagang adalah saham biasa dan saham preferen. Pada sertifikat saham bertuliskan nama pemegang saham, jumlah saham, dan nama perusahaan mewakili ekuitas atau saham.

Jumlah saham yang diizinkan untuk dikeluarkan perusahaan diuraikan dalam piagam perusahaannya. Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk menjual saham tambahan kepada pemegang saham baru atau yang sudah ada merupakan  sebuah kegiatan yang sering disebut dengan meningkatkan ekuitas.

Meskipun hak pemegang saham berbeda-beda di setiap perusahaan, salah satu karakteristik ekuitas yang paling menonjol adalah bahwa hak pemegang saham tersebut memberikan hak kepada pemiliknya untuk memberikan suara pada hal-hal tertentu dan melakukannya secara proporsional dengan jumlah saham yang ia miliki.

Mengapa Ekuitas Itu Penting?

Pemegang ekuitas menikmati hak suara dan hak istimewa lainnya yang datang dengan kepemilikan. karena ekuitas mewakili klaim atas bagian proporsional dari aset dan pendapatan perusahaan.

Klaim-klaim ini umumnya lebih rendah dari klaim pemberi pinjaman, tetapi hanya pemegang saham yang benar-benar dapat berpartisipasi dan mendapat manfaat dari pertumbuhan nilai perusahaan.

Beberapa instrumen keuangan memiliki karakteristik ekuitas tetapi sebenarnya bukan ekuitas. Instrumen utang konversi, misalnya, merupakan pinjaman yang dikonversi menjadi saham ketika perusahaan (peminjam) melewati ambang tertentu, sehingga mengubah pemberi pinjaman menjadi pemilik dalam peristiwa tertentu.

Opsi saham juga bertindak seperti ekuitas karena nilainya berubah dengan nilai saham yang mendasarinya, tetapi pemegang opsi umumnya tidak memiliki hak suara dan tidak memenuhi syarat untuk menerima dividen atau distribusi lain yang dibuat untuk pemegang ekuitas yang bonafid.

Penting untuk dipahami bahwa meskipun ekuitas neraca mewakili kekayaan bersih perusahaan, saham perusahaan pada akhirnya hanya bernilai jika dibayarkan oleh pembeli saham.

Untuk memudahkan proses akuntansi dalam memantau bisnis Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memudahkan kegiatan pembukuan. Accurate Online adalah pilihan terbaik, tidak seperti software akuntansi lain, Accurate Online menetapkan satu harga untuk semua fitur.

Ini berarti Accurate Online cocok untuk semua jenis bisnis, baik UKM sampai perusahaan multinasional. Tunggu apa lagi? Anda bisa mencoba Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

 

Ingin mengetahui tips lainnya seputar akuntansi dan bisnis? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini: