Pengertian, Penilaian, Dan Contoh Solvabilitas Dalam Bisnis

 

Pengertian Solvabilitas

Solvabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi utang jangka panjang dan kewajiban keuangannya. Hal ini sangat penting untuk tetap dalam bisnis karena ini menunjukkan kemampuan perusahaan untuk melanjutkan operasi ke masa mendatang.

Sementara sebuah perusahaan juga membutuhkan likuiditas untuk berkembang dan melunasi kewajiban jangka pendeknya, likuiditas jangka pendek seperti itu tidak harus disamakan dengan solvabilitas. Perusahaan yang buruk dalam mengatur solvablitas akan mengalami kemungkinan kebangkrutan yang cukup besar.

Solvabilitas dapat dilihat dalam dua cara berbeda. Solvabilitas jangka pendek biasanya berfokus pada jumlah kas dan aset lancar yang dapat digunakan untuk menutupi kewajiban. untuk solvabilitas jangka panjang biasanya berfokus pada kemampuan perusahaan untuk menghasilkan pendapatan di masa depan untuk memenuhi kewajiban di masa depan.

Seperti 2 sisi mata pisau, solvabilitas memang bisa membebankan perusahaan, namun dengan perencanaan yang benar ini akan membuat. Misalnya, perusahaan dapat meminjam uang untuk meningkatkan ekspansi bisnis dan tidak dapat segera membayar utangnya dari aset yang ada. Dalam hal ini, pemberi pinjaman mengasumsikan arus kas akan meningkat karena ekspansi bisnis dan memungkinkan perusahaan untuk memenuhi kewajiban pembayaran dengan benar di masa depan.

 

Contoh Solvabilitas

Baik investor dan kreditor menggunakan rasio solvabilitas untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban mereka. Rasio solvabilitas yang paling umum adalah rasio hutang terhadap modal, rasio hutang, dan rasio ekuitas.

Rasio hutang terhadap modal membandingkan total liabilitas dengan total ekuitas. Ini adalah perbandingan dari berapa banyak uang yang investor sumbangkan untuk perusahaan dan berapa banyak kreditor yang telah didanai. Semakin banyak perusahaan berutang kepada kreditor, semakin besar kemungkinan perusahaan akan bangkrut.

Rasio utang membandingkan total liabilitas dengan total aset. Ini menunjukkan jumlah aset yang didanai oleh kreditor. Sebaliknya, ini menunjukkan berapa banyak aset yang harus dijual untuk melunasi kewajiban. Rasio ekuitas membandingkan total liabilitas dengan total aset. Ini menunjukkan persentase aset yang dikontribusikan oleh investor.

 

Menilai Solvabilitas Pada Sebuah Bisnis

Solvabilitas bisnis dinilai dengan melihat neraca dan arus kasnya. Neraca perusahaan memberikan ringkasan semua aset dan kewajiban yang dimiliki. Perusahaan dianggap sehat jika nilai realisasi asetnya lebih besar dari kewajibannya. sebaliknya, perusahaan dianggap tidak sehat jika nilai aset lebih rendah dari jumlah total kewajiban.

Laporan arus kas juga memberikan indikasi solvabilitas yang baik karena berfokus pada kemampuan bisnis untuk memenuhi kewajiban dan tuntutan jangka pendeknya. Hal ini untuk menganalisis kemampuan perusahaan untuk membayar utangnya ketika jatuh tempo dan tetap memiliki kas yang tersedia untuk menutupi kewajiban. Artinya, perusahaan harus dapat mengubah aset yang dapat direalisasikan menjadi kas.

Arus kas juga menawarkan wawasan tentang sejarah perusahaan dalam membayar utang. dalam laporan tersebut akan menunjukkan jika ada banyak hutang yang belum terbayar atau jika pembayaran dilakukan secara teratur untuk mengurangi kewajiban.

Laporan arus kas mengukur tidak hanya kemampuan perusahaan untuk membayar utangnya pada tanggal yang relevan tetapi juga kemampuannya untuk memenuhi utang yang jatuh dalam waktu dekat.

 

Kesimpulan

Analisis solvabilitas dapat membantu meningkatkan tanda bahaya yang mengindikasikan kebangkrutan pada sebuah bisnis. Karena analisis ini dapat mencakup riwayat kerugian finansial, ketidakmampuan untuk mendapatkan pendanaan yang tepat, manajemen perusahaan yang buruk atau tidak membayar pajak dengan benar.

Semua hal tersebut dapat terlihat dari laporan keuangan yang ada dalam bisnis. Jika Anda tidak teliti dalam membuat laporan keuangan, akan berdampak pada kelangsungan bisnis Anda, terutama dimata investor Anda. Kesalahan biasa terjadi jika Anda masih menggunakan pembukuan secara manual.

Accurate Online, software akuntansi berbasis cloud yang memudahkan pembukuan bisnis Anda dan menghasilkan laporan keuangan dengan mudah, cepat, dan tepat. Dengan Accurate Online Anda bisa mengontrol pembukuan dan laporan keuangan dimanapun dan kapan pun.

Accurate Online sudah dipakai oleh lebih dari 300 ribu entitas bisnis dan memenangkan Top Brand Award sejak 2016 sampai 2019. Jadikan bisnis lebih mudah dengan Accurate Online sekarang juga dengan menikmati fitur Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui Link ini.

 

Ingin mengetahui tips lainnya seputar akuntansi dan bisnis? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :