Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Lengkap

 

Salah satu poin penting yang harus dimiliki oleh pengusaha, organisasi maupun perusahaan adalah Laporan Keuangan. Dan untuk bisa menyusun laporan keuangan ini dengan baik, kita harus menegnali terlebih dahulu contoh laporan keuangan tersebut. laporan ini sangat penting gunanya baik bagi usaha kecil sekalipun.

Namun, kebanyakan usaha kecil masih sering menyepelekan fungsi dari laporan keuangan tersebut. Hal ini disebabkan minimnya pengetahuan mengenai laporan keuangan. Jadi, mereka menganggap laporan ini sulit dan tidak memutuskan untuk membuatnya. Padahal, laporan ini bukanlah hal yang sulit untuk dibuat.

Berbeda dengan yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan besar. Dimana laporan keuangan mereka tersusun dengan detail dan rapi. Karena, mereka sudah dilengkapi dengan informasi yang lebih detail dan akuntan yang terampil.

Cara Membuat Laporan Keuangan

Untuk mulai menyusun dan membuat sebuah laporan keuangan, anda diharuskan untuk menyiapkan beberapa peralatan penting. Hal ini berkaitan dengan informasi yang dibutuhkan dalam pembuatan laporan keuangan tersebut. Beberapa catatan berikut ini harus disiapkan terlebih dahulu, yaitu:

  • Pembelian Barang
  • Penjualan Barang
  • Biaya-biaya Lainnya
  • Hutang
  • Piutang
  • Kas Usaha

Catatan-catatan di atas adalah acuan jika anda hendak melakukan penyusunan dan pembuatan dari laporan keuangan. Setelah selesai dengan pembuatan laporan keuangan, maka anda bisa melanjutkan dengan pembuatan laporan keuangan neraca.

Laporan keuangan neraca ini akan memberitahukan tentang posisi keuangan dari perusahaan atau bisnis tersebut. Dimana nilai dan posisi pasiva serta aktiva harus terlihat seimbang. Jika didapat ketidakseimbangan antara dua poin tersebut maka menyatakan adanya permasalahan pada posisi keuangan anda tersebut.

Contoh Laporan Keuangan

Tidak hanya membahas pengertian dan fungsi laporan keuangan, kali ini kita akan membuat contoh laporan keuangan tersebut. Contoh ini akan disertai dengan komponen-komponen dari laporan keuangan yaitu:

Laporan Neraca

Laporan Neraca ini merupakan sebuah laporan yang isinya adalah informasi tentang aset atau harta (aktiva). Di dalamnya, kita juga bisa menemukan rincian data dari capital atau modal, utang dan kewajiban. Seperti yang digambarkan pada contoh gambar di bawah ini:

Laporan laba rugi

Isi dari laporan ini akan menggambarkan bagaimana kondisi keuangan yang didapatkan oleh sebuah perusahaan maupun organisasi dalam sebuah periode. Apakah mereka mengalami keuntungan atau kerugian. Seperti contoh gambar di bawah ini:

Laporan Arus Kas

Laporan ini digunakan untuk memberikan informasi terkait arus kas yang masuk maupun arus kas yang keluar. Jadi, sebagai pemilik sebuah usaha, anda bisa mengetahui seberapa banyak uang kas yang telah anda keluarkan dan seberapa banyak yang masuk. Anda bisa memantau arus kas tersebut seperti contoh gambar di bawah ini:

Laporan Perubahan Modal

Laporan ini nantinya akan memperlihatkan bagaimana kondisi awal modal yang ada dan kondisi perubahan dari modal tersebut. Di dalam laporan ini akan diperlihatkan bagaimana kondisi awal dari saldo modal yang digunakan.

Dan tentunya dilengkapi juga dengan kondisi saldo terkini atau saldo akhir yang telah mengalami perubahan jumlah. Tidak hanya masalah perbandingan nilai yang signifikan, ini juga digunakan sebagai sumber informasi. Dimana anda bisa mengetahui detail apa saja yang menyebabkan perubahan saldo modal awal dan akhir dalam sebuah periode.

Demikialah lampiran dari contoh laporan keuangan sederhana yang bisa digunakan oleh organisasi serta perusahaan kecil dan besar. Dimana anda bisa mengetahui banyak informasi terkait pengelolaan keuangan bisnis anda tersebut nantinya.

Jika Anda kesulitan dalam membuat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk mempermudah Anda dalam membuat laporan keuangan dan juga proses pembukuan usaha Anda.

Gunakan Accurate Online untuk membuat laporan keuangan yang lebih cepat dan lebih efisien. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud dengan harga terjangkau dan fitur terlengkap. Dengan Accurate Online pengelolaan pembukuan usaha Anda menjadi lebih mudah dan minim kesalahan.

Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Baca Juga :