Kemudahan Pencatatan Retur Penjualan & Pengembalian Uang Dengan Accurate Lite

Terkadang, barang yang sudah dibeli atau dijual dikembalikan lagi, dan ini adalah hal yang cukup umum dalam sebuah bisnis. Ini mungkin terjadi karena sejumlah alasan seperti cacat pada barang, kualitas barang tidak cocok dengan standar, atau lain lain. Dan biasanya hal ini terjadi pada barang yang kita jual maupun barang yang kita beli.

Retur penjualan adalah  di mana barang yang  sudah pelanggan beli dikembalikan dengan alasan tertentu kepada penjual, dan karena transaksi pengembalian barang juga merupakan transaksi akuntansi maka aktifitas tersebut harus dicatat dalam pembukuan seperti halnya transaksi akuntansi lainnya.

Apalagi jika Anda memiliki bisnis ritel. Dalam dunia ritel, penukaran atau pengembalian produk adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dalam bisnis. Bahkan terkadang pelanggan mengajukan pengembalian barang karena alasan yang tidak jelas dan banyak yang tidak ada hubungannya dengan kualitas produk.

Karena retur penjualan sudah menjadi bagian dalam bisnis ritel, Anda dan staf Anda harus tahu cara menanganinya. Mulai dari kebijakan toko hingga pelatihan staf untuk mempelajai kondisi tersebut, Anda dapat memanfaatkan retur penjualan untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi pelanggan  dengan begitu berarti Anda sudah mengubah hal yang negatif menjadi positif.

Namun perlu Anda ketahui, seperti yang kami katakan diatas bahwa retur penjualan juga merupakan bagian dari aktifitas akuntansi dan berkaitan dengan pengelolaan kas Anda. Jika Anda tidak teliti dalam menangani retur penjualan maka akan berdampak pada profitabilitas bisnis Anda.

Buat Retur Penjualan Menjadi Lebih Mudah dengan Accurate Lite

Segala sesuatu yang Anda lakukan selama dan setelah pengembalian produk harus bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan dan juga bisnis Anda sendiri. Dengan sedikit improvisasi dan tools yang tepat dalam bisnis akan membuat aktifitas retur penjualan dan pengembalian uang pada pelanggan menjadi lebih mudah dan tercatat dengan benar dalam pembukuan Anda.

Dengan Accurate Lite kini Anda bisa melakukan hal tersebut hanya melalui genggaman, dimanapun, kapanpun. Apabila Anda adalah pengguna Accurate Lite dan ingin mencatat transaksi retur penjualan dan pengembalian pembayaran pada pelanggan, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Tap pada bagian menu sebelah kiri kemudian pilih Retur Penjualan. Selanjutnya tentukan nama pelanggan yang melakukan retur, dan barang yang diretur lalu Lanjut, sampai dengan proses Simpan.

retur penjualan dalam ALT 1
retur penjualan dalam ALT 2
retur penjualan dalam ALT 3

2. Selanjutnya untuk mengembalikan uang kepada pelanggan yang melakukan retur, maka Anda buka Piutang pada menu Penjualan. Akan terlihat retur penjualan yang sudah dibuat sebelumnya ada nilai MINUS atau (-) , sebagai tanda bahwa hasil retur tersebut belum dikembalikan uangnya. Centang pada nilai yang minus tsb kemudian pilih Terima Uang.

retur penjualan dalam ALT 4
retur penjualan dalam ALT 5
retur penjualan dalam ALT 6

 3. Tentukan akan dikeluarkan dari akun Kas atau Bank mana, jika sudah lengkap kemudian Terima.

retur penjualan dalam ALT 7
retur penjualan dalam ALT 8

Bingung? Dibawah ini adalah video yang mungkin bisa membantu.

Accurate Lite : Partner Pengembangan Bisnis yang Tepat

Pengembalian dan pertukaran barang oleh pelanggan adalah bagian dalam menjalankan sebuah usaha, tetapi sebenarnya hal tersebut bukanlah masalah dalam pengembangan bisnis. Dengan mengasah empati, melatih karyawan Anda, berusaha meminimalisir penyebab pengembalian barang, dan menggunakan tools yang tepat, Anda bisa menciptakan lebih banyak peluang untuk membuat bisnis Anda berkembang.

Accurate Lite dapat membantu Anda untuk menjadikan bisnis Anda selangkah lebih mudah. Cukup melalui smartphone kini Anda bisa mengelola bisnis Anda kapanpun dan dimanapun. Jadikan bisnis Anda lebih baik dengan memuaskan pelanggan dan meningkatkan laba Anda. Untuk fitur lain dan cara penggunaa Accurate Lite lainnya, Anda bisa mengunjungi tautan ini