Mengenal Lebih Jauh Akuntansi Untuk Perusahaan Konstruksi

Dasar-Dasar Akuntansi Perusahaan Konstruksi

Akuntansi adalah salah satu aspek terpenting dari manajemen dan administrasi dalam bisnis. Di perusahaan dengan beberapa bagian yang bergerak, tim akuntansi yang secara akurat melacak pergerakan aset masuk dan keluar perusahaan diperlukan untuk memastikan transparansi dan profitabilitas.

Dalam industri konstruksi, perusahaan dan kontraktor menghadapi tantangan unik dalam hal akuntansi. Dalam artikel ini, kita akan melihat apa tantangan akuntansi dalam perusahaan konstruksi dan mengidentifikasi perbedaan utama antara akuntansi konstruksi dan praktik akuntansi reguler, juga menekankan pentingnya menggunakan software akuntansi untuk meningkatkan proses pembukuan bisnis Anda dan membantu Anda mendapatkan lebih banyak keuntungan sebagai perusahaan konstruksi atau subkontraktor.

Hal Berbeda yang ada dalam Akuntansi Perusahaan Konstruksi

Penting untuk memahami bahwa akuntansi konstruksi berbeda dari akuntansi reguler. Bisnis khas seperti restoran atau toko kelontong menggunakan prinsip akuntansi yang berbeda. Akuntansi pada model bisnis ini bekerja sempurna untuk jenis produk yang menjual bisnis yang hampir serupa di tempat yang tetap. Bisnis ini memiliki harga untuk setiap barang yang dijual dan biaya overhead relatif konstan.

Sebaliknya, bisnis konstruksi bersifat mobile dan menyelesaikan pekerjaan khusus di lokasi baru secara teratur. Dengan demikian, perusahaan konstruksi harus memantau kategori biaya yang sama sekali berbeda: waktu perjalanan, biaya mobilisasi seperti alat dan peralatan pengepakan, pengiriman bahan ke lokasi kerja, dan bahkan biaya membersihkan lokasi kerja dari bahan berlebih setelah pekerjaan selesai.

Dalam arti tertentu, bisnis tidak memiliki lokasi tetap dan dipindahkan ke mana pun pelanggan membutuhkannya, bersama dengan bahan-bahan yang diperlukan untuk pekerjaan itu.

Perusahaan konstruksi juga menggunakan Metode Persentase Penyelesaian, di mana pendapatan diperhitungkan berdasarkan estimasi laba kontrak dan berapa persen dari proyek tersebut telah selesai. Ini membuatnya semakin berbeda dengan bisnis lain.

Perusahaan konstruksi menerapkan metode akuntansi biaya yang memungkinkan pelacakan akurat terhadap pengeluaran mereka untuk secara akurat memproyeksikan laba dan rugi.

Perbedaan utama antara Akuntansi Reguler dan Konstruksi

Penjualan – Bisnis reguler bertanggung jawab atas penjualan dan biasanya menawarkan 1-5 kategori produk dan layanan. Bisnis konstruksi menawarkan lebih banyak kategori layanan – pekerjaan layanan, konsultasi, teknik, tenaga kerja, desain, produk dan bahan fisik, dan banyak lagi.

Harga Pokok Penjualan – Bisnis reguler hanya mencatat biaya produk yang dijual. Dalam akuntansi konstruksi, tidak pernah sesederhana itu. Setiap pekerjaan menimbulkan biaya pekerjaan langsung dan tidak langsung yang masuk dalam ratusan kategori.

Biaya Overhead – Dalam bisnis reguler, perbedaan antara Harga Pokok Penjualan dan Overhead sangat jelas, tetapi ini tidak terjadi pada konstruksi. Banyak barang yang disebut “Overhead” masuk dalam kategori “Harga Pokok Penjualan” karena dalam bisnis konstruksi, kedua hal ini terhubung langsung ke proyek pelanggan.

Break Even Point – Dalam bisnis reguler, hubungan langsung antara pendapatan dan pengeluaran membuat titik impas sangat mudah untuk dihitung. Namun dalam konstruksi, ada terlalu banyak kategori barang untuk mudah dipahami bagaimana mencapai titik impas pada suatu proyek. Selain itu, sebagian besar proyek terdiri dari berbagai bagian kerja berbeda, dengan persyaratan rumit dan berbagai biaya terkait.

Menggunakan Software Akuntansi untuk Bisnis Konstruksi

Akuntansi konstruksi secara signifikan lebih kompleks daripada kebanyakan bisnis. Mampu melacak, melaporkan, dan mengkategorikan biaya dan pengeluaran lain dalam bisnis konstruksi Anda adalah penting untuk memahami cara mengajukan penawaran pada proyek, proyek mana yang menguntungkan untuk bisnis Anda, dan menagih klien secara akurat dan tepat waktu.

Biaya kerja yang akurat membutuhkan laporan harian untuk dihasilkan di lapangan dan diserahkan ke departemen akuntansi secara teratur. Akuntan harus secara manual memasukkan laporan ke dalam sistem akuntansi secara teratur, suatu proses yang memakan waktu dan menghasilkan backlog pada dokumen.

Platform software terintegrasi yang memungkinkan pekerja di lapangan menyelesaikan dan mengirimkan biaya harian dan laporan proyek, dan melacak berapa biaya yang dikeluarkan selama proyek. Lebih baik lagi, laporan tersebut tersedia melalui sistem cloud dan dapat diakses oleh semua pekerja, baik di lapangan dan bagian akuntan di kantor.

Hal ini memungkinkan resolusi dan penanganan yang cepat dari setiap masalah biaya dan pelacakan akurat untuk memastikan keuntungan dalam bisnis.

Kesimpulan

Memperbaiki prosedur akuntansi perusahaan konstruksi Anda dimulai dengan pemahaman tentang berbagai jenis biaya yang dapat Anda tanggung untuk mengerjakan suatu proyek. Langkah selanjutnya adalah mengelompokkan biaya-biaya tersebut secara efektif, memahami antara biaya overhead dan harga pokok penjualan, dan mengapresiasi kompleksitas proyek yang mampu dilakukan oleh perusahaan Anda.

Cara terbaik untuk memastikan akuntansi yang akurat adalah dengan mengimplementasikan solusi softwre pembukuan yang memungkinkan pekerja di perusahaan Anda untuk dengan mudah mengirimkan data tentang penetapan biaya melalui platform yang terintegrasi dengan software akuntansi, seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi cloud yang sudah dikembangkan sejak tahun 1999 dan digunakan oleh 300 ribu pengguna dari berbagai entitas bisnis, termasuk perusahaan konstruksi. Dengan Accurate Online, proses pembukuan akan lebih mudah dan memastikan bahwa data penting tidak pernah hilang, membuat bisnis Anda lebih baik. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama30 hari melalui link ini.

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :