4 Bisnis Peternakan Dengan Modal Sedikit Dan Mudah Dijalani

Ketersediaan lahan makin berkurang dari hari ke hari. Hal ini disebabkan oleh alih fungsi lahan yang dilakukan oleh masyarakat. Proyek pembangunan yang kian gencar ternyata mengurangi banyak lahan milik warga. Kini, kita mulai sulit menemukan lahan terbuka hijau maupun pertanian. Di kota-kota besar, bangunan dan jalan raya telah mewarnai setiap sudut.

Semakin terbatasnya luas lahan memaksa banyak orang, terutama para pelaku agribisnis berpikir keras tentang bagaimana caranya tetap bisa memanfaatkan lahan yang terbatas. Seiring perkembangan zaman dan arus informasi, peluang usaha bisnis pun terbuka lebar. Bisnis yang tak hanya berkisar pada pertanian mulai digalakkan. Salah satunya bisnis peternakan yang mampu memasok kebutuhan nasional.

Bisnis peternakan inipun telah menjadi lapangan pekerjaan bagi banyak orang, banyak petani yang memberdayakan warga sekitar untuk mengembangkan usahanya. Omset yang didapatkan tak bisa dibilang kecil, bahkan bisa menembus angka puluhan juta. Dengan pangsa pasar yang luas, tentu saja bisnis peternakan menjadi trend usaha baru di kalangan masyarakat.

Jenis Bisnis Peternakan yang Mudah Dijalani

Melirik bisnis peternakan memang tak salah, namun butuh usaha ekstra. Buat Anda yang minim pengalaman dan informasi, pengembangan bisnis peternakan bakal terasa sulit. Apalagi di tengah pasang surut hasil panen serta tingginya tingkat kematian hewan ternak. Biar Anda tak bingung mencari usaha bisnis yang minim risiko, berikut kami paparkan:

Ternak Lele

Permintaan ikan lele terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data nasional, konsumsi ikan lele terbilang tinggi. Kandungan gizi yang tinggi, terutama protein menjadi alasan para konsumen. Budidaya ikan lele sebenarnya tidaklah sulit, bahkan hanya membutuhkan waktu 3 bulan saja. Jika Anda melakukan perawatan yang benar, lele bisa dipanen lebih cepat daripada jangka waktu tersebut.

Untuk mengetahui cara beternak lele dengan benar, Anda bisa membacanya pada artikel ini.

Budidaya Cacing

Taruh dulu rasa jijik Anda, sebab permintaan pasar yang sangat tinggi terhadap cacing. Binatang menggelikan satu ini ternyata jadi komoditas ekspor paling dicari. Di Jepang dan Belanda, harga jual cacing terbilang tinggi. Ekspor cacing kedua negara tersebut selalu mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk lahan kembang biaknya pun tidak memerlukan tempat yang terlalu luas

Cacing sendiri bisa diolah menjadi berbagai produk, termasuk obat-obatan. Pernah mendengar bahwa obat tradisional saat tipus adalah cacing tanah?

Kembang Biak Jangkrik

Selain cacing, jangkrik pun jadi komoditas dagang paling menjanjikan. Jika kita perhatikan, pencinta burung di tanah air terus bertambah. Mereka menjadi konsumen utama para peternak jangkrik yang ingin meraup untung.

Biasanya permintaan jangkrik akan meroket tajam tatkala mendekati kontes nasional. Nah, manfaatkan peluang tersebut untuk menambah pundi-pundi rupiah. Apalagi beternak jangkrik tidak membutuhkan lahan luas dan kemampuan khusus.

Budidaya Lebah Madu

Punya halaman yang sedikit luas? Cobalah untuk membuat beberapa sarang lebah yang cukup nyaman. Beternak lebah bisa dibilang gampang, sebab Anda hanya perlu memperhatikan suhu lingkungan. Selama suhu lingkungan terjaga, lebah akan mendapatkan asupan makanan yang sesuai serta bertahan hidup lebih lama.

Lebah-lebah inilah yang nantinya akan menghasilkan madu lebah layak konsumsi. Bila Anda cermat, madu lebah berkualitas bisa laku ratusan ribu per botol.

Memulai Bisnis Peternakan Dengan Modal Terbatas

Nah, keempat peluang bisnis peternakan di atas bisa Anda pertimbangkan. Peternakan apa yang sesuai dengan tempat tinggal dan modal Anda. Kalau sudah menemukan bisnis yang sesuai, perbanyaklah informasi terkait budidaya hewan tersebut. Ini dapat meminimalisir gagal panen yang sering dialami oleh peternak lainnya.

Lakukan juga pencatatan setiap penjualan dan pembelian yang bisnis Anda lakukan. Hal ini untuk mengetahui kemana saja dana yang Anda dapatkan dan keluar. Anda bisa melakukan pembukuan manual atau menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk memudahkan proses pencatatan pembukuan segala transaksi Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan dan dimana saja. Memiliki fitur terlengkap dan dengan harga yang paling terjangkau di Indonesia. Anda bisa mencoba Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

Sudah siapkah Anda memulai bisnis sendiri? Percayalah dengan kemampuan Anda, niscaya usaha akan berjalan lancar.

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis, keuangan & akuntansi? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini: