4 Cara Penggunaan Internet Marketing Agar Bisnis Cepat Berkembang

Pengertian dan Contoh Internet Marketing

Pada zaman sekarang ini kebanyakan orang sangat ketergantungan sekali dengan yang namanya internet. Karena itu dapat memicu pemilik dan pelaku bisnis untuk melakukan pemasaran melaui internet. Pemasaran melalui internet ini sering disebut dengan internet marketing.

Pada dasarnya pemasaran menggunakan internet marketing dengan pemasaran konvensial seperti iklan hampir sama. Hal yang membedakan adalah media yang digunakan untuk pemasaran.

Dalam internet internet marketing ini tentu sangat banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Misalnya, Anda bisa mempromosikan produk Anda hanya dengan beberapa puluh ribu saja sudah dapat menjangkau ribuan dan bahkan bisa jutaan orang di seluruh indonesia bahkan dunia.

Sedangkan, pemasaran dengan internet marketing ini tidak ada batasan tempat dan waktu sehingga Anda bisa memasarkan produk Anda kepada siapa saja yang terhubung dan menggunakan internet.

Contoh internet marketing yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pemasaran produk yaitu pemasaran melalui:

  • Sosial Media (Facebook, Twitter, Google Plus, dll)
  • Mesin Pencari (Google, Bing, Yahoo, Yandex, dll)
  • Marketplace (Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Olx, dll)
  • Email Marketing, Video Marketing. (Youtube, Vidio.com, dll)
  • Forum Jual Beli.

Anda tinggal pilih saja media mana yang cocok untuk Anda gunakan dalam pemasaran dengan internet marketing.

Tahapan Melakukan Internet Marketing yang Efektif

Setelah Anda mengetahui pemasaran dengan internet marketing selajutnya kami ulas beberapa tahapannya agar bisnis Anda cepat berkembang dengan menggunakan internet marketing:

1. Buat Konten yang Menarik

Anda bisa membuat kontent di media sosial atau juga di website yang Anda punya. Buat konten yang menarik mengenai produk Anda sehingga banyak orang yang tertarik dengan konten dan produk Anda. Semakin banyak orang melihat konten yang Anda buat, maka akan semakin mudah untuk mendapatkan pelanggan atau pembeli produk bisnis Anda. Konten yang di buat bisa berupa video, foto dan tulisan menarik mengenai produk atau bisnis Anda di website.

2. Gunakan Promosi dengan Media Online

Promosi dengan media online bisa dilakukan dengan menggunakan email marketing, facebook ads, instagram ads, dan google ads. Namun sebelum masuk ke sini sebaiknya Anda manfaatkan cara yang pertama. Karena ketika sudah promosi dengan internet marketing ini Anda perlu mengeluarkan sedikit biaya untuk beriklan. Atau Anda bisa membaca cara strategi email marketing melalui link ini.

Namun jangan khawatir dengan Anda promosi atau beriklan di media online, Anda tetap mendapatkan keuntungan. Karena Anda akan mendapatkan database dari orang yang sudah melihat iklan Anda. Anda juga bisa membangun database pelanggan melalui iklan ini.

3. Bangun Database dari Iklan

Setelah Anda mulai menerapkan iklan di media sosial, maka Anda akan mendapatkan banyak sekali data orang yang mengklik iklan Anda, sehingga data-data akan tersimpan ke database. Database ini bisa Anda olah dengan melakukan follow up atau juga kita bisa lakukan iklan selanjutnya.

Saat Anda sudah memiliki database, ketika kita beriklan dengan cara yang lebih spesifik. Sehingga biaya yang dikeluarkan pun sedikit, dan pelanggan dan pembeli produk kita akan semakin meningkat. Ketika Anda sudah mempunyai database, Anda bisa menggunakan email marketing untuk mempromosikan bisnis Anda.

4. Ciptakan Brand Awarness pada Bisnis Anda

Dengan menggunakan tahapan-tahapan diatas, Anda bisa membangun brand awarness dari bisnis atau perusahaan kita. Tentunya untuk membangun branding yang kuat kita perlu membuat konsumen pecaya dan ingin berlangganan dengan produk kita.

Tahapan membangun brand awarness bisa melalui iklan atau juga dengan database yang sudah kita miliki. Ketika kita sudah memiliki brand awarness yang kuat dan sudah dekat dengan konsumen hal tersebut sangat menguntungkan dan sesuai dengan tujuan bisnis Anda, dan saat Anda menjual produk apa saja akan mudah bahkan tanpa melakukan iklan.

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara yang dilakukan dalam internet marketing, tentu melakukan pemasaran dengan internet marketing  ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Kemudian sangat efektif untuk membuat bisnis Anda berkembang dengan cepat. Tidak ada salahnya untuk mencoba internet marketing dalam pemasaran bisnis Anda.

Jangan lupakan juga dengan pembukuan dalam rencana bisnis. Bisnis yang baik menggunakan pembukuan yang terencana dan rapi, karena pembukuan akan menghasilkan indikator sehat atau tidaknya sebuah bisnis.

Gunakan Accurate Online untuk kemudahan proses pembukuan Anda. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan 300 ribu pengguna dan memenangkan Top Brand Award untuk kategori software akuntansi terbaik di Indonesia.

Hanya 6000 rupiah perhari atau 200 ribu perbulan, Anda bisa menikmati fitur terlengkap dari software akuntansi terbaik di Indonesia. Masih ragu? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Ingin mengetahui tips lainnya seputar marketing? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :