Mengenal 3 Strategi Email Marketing yang Tepat untuk Meningkatkan Penjualan

Seiring berkembangnya teknologi dan internet saat ini, menjalankan bisnis menjadi lebih mudah dan lebih terarah. Salah satunya dengan melakukan promosi melalui email marketing. Email marketing merupakan suatu bentuk promosi atau kampanye tentang promo diskon yang disesuaikan dengan kebutuhan klien. Email marketing biasanya disajikan dalam bentuk yang menarik, seperti gambar yang menjelaskan seputar promo dari suatu perusahaan atau bisnis tertentu.

Strategi Email Marketing yang Tepat untuk Meningkatkan Penjualan

Umumnya, email marketing yang saat ini banyak dijadikan media promosi bagi perusahaan-perusahaan hingga bisnis online dan e-commerce tertentu menggunakan beberapa strategi khusus dalam membuat email marketing yang dapat merebut hati calon pelangganya, tanpa harus banyak usaha untuk promosi seperti dulu. Apa saja strategi email marketing yang tepat tersebut, berikut ulasanya:

Perkenalan

Sama hal nya dengan saat berkenalan dengan orang untuk pertama kalinya, email marketing akan berisi tentang pengenalan dengan mengirim email selamat berkenalan atau bergabung menjadi subscriber dari usaha atau perusahaan Anda. Email ini juga akan ditulis dengan Bahasa yang lebih non formal, dan menarik perhatian calon pelanggan. Contoh awal:

Selamat datang dan terima kasih telah bergabung dengan batik pekalongan

Halo, nama saya Lita,

Saya selaku tim marketing dan seluruh tim batik pekalongan sangat bersemangat menerima Anda sebagai bagian dari keluarga batik pekalongan.. dst.

Monetizing (Promotional)

Sesuai dengan tujuan dari semua kegiatan marketing, yaitu melakukan promotional untuk moneytizing. Saatnya memberitahukan mengenai manfaat dan solusi dari produk dan jasa yang ditawarkan. Pelanggan akan mendengarkan Anda dan jadikan pelanggan ini teman yang Anda sukai dan percaya. Jadikan ini sebagai momen untuk menjual produk dan jasa dengan mengirim email yang berisi penawaran produk dengan cara unik.

Branding ( Raltional)

Setelah perusahaan atau bisnis Anda melakukan perkenalan dan mulai menawarkan produk, maka branding merupakan strategi email marketing yang selanjutnya. Branding harus dilakukan untuk mendapatkan posisi pertama di hati pelanggan, yang membutuhkan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Pastikan, brand produk atau jasa Anda ini bisa menjadi 3 brand utama yang langsung diingat oleh pelanggan untuk meningkatkan penjualan.

Email marketing ini tidak menjual produk, tetapi hanya menjalin relation untuk branding. Beberapa contoh strategi email marketing branding ini seperti survey, product release dan event.

Dengan adanya email marketing ini, Sebagai pemilik usaha, Anda dapat memaksimalkan tim marketing untuk lebih maksimal dalam meningkatkan penjualan. Menjalankan strategi email marketing yang tepat untuk meningkatkan penjualan, juga merupakan langkah yang tepat agar bisnis atau usaha Anda lebih cepat dikenal luas serta memberikan keuntungan yang maksimal.