10 Sifat Kepemimpinan yang Berguna untuk Pengembangan Bisnis

Pemimpin memiliki keterampilan yang mungkin tidak selalu mudah untuk didefinisikan. Tetapi kita tahu sifat kepemimpinan ketika kita melihatnya.

Sebagai hasilnya, mereka yang memiliki kemampuan kepemimpinan berbagi beberapa kualitas yang membuat mereka sukses dan menonjol. Sebagai contoh, mereka tetap memegang teguh prinsip dan nilai yang jelas tentang diri mereka sendiri, orang-orang dalam kehidupan mereka, dan tempat mereka.

Para pemimpin dunia yang hebat: Kennedy, Gandhi, Mandela, Merkle, May dan para pemimpin bisnis yang terhormat, Cooke, Sandberg, Gates dan Winfrey, semuanya menawarkan jawaban atas pertanyaan apakah para pemimpin besar dilahirkan atau dibuat. Ada bukti signifikan yang menunjukkan bahwa keduanya benar. Banyak yang dilahirkan dalam kepemimpinan dan yang lain dilahirkan dengan kualitas yang mendorong mereka menjadi kepemimpinan.

Para pemimpin dari semua lapisan kehidupan yang melangkah dalam komunitas, kota, dan tempat kerja untuk membantu orang lain dan mengubah kehidupanjuga  membuat dampak yang lebih besar pada siapa yang mereka layani sebagai pemimpin dunia dan bisnis.

10 Jenis Sifat Kepemimpinan untuk Kemajuan Bisnis Anda

Berikut adalah 10 jenis keterampilan kepemimpinan yang perlu kita miliki yang sangat penting untuk keberhasilan kepemimpinan.

1. Kompetensi

Apa pun keahlian Anda, kesuksesan dan efektivitas Anda terletak pada kemampuan untuk melakukan pekerjaan berdasarkan kompetensi yang Anda kuasai. Apakah kita memiliki keterampilan, pelatihan, sikap, dan kepribadian yang disukai untuk menguasai pekerjaan dan unggul dalam hal itu?

Namun untuk saat ini tidak cukup hanya dengan memiliki keterampilan. Pekerja harus dapat menyesuaikan diri dengan budaya keragaman yang terus berkembang, perubahan personel, produk dan layanan baru dan berkomitmen untuk selalu memperbaiki diri, dan relevan secara pribadi.

2. Ketenangan

Apakah Anda tenang di bawah tekanan atau Anda menjadi bingung ketika segala sesuatunya menjadi sulit dan intens? Pemimpin perlu menangani beberapa hal pada saat yang sama, yang berarti dipersiapkan dan siap bekerja dengan cerdas setiap hari.

Bersiap untuk menangani dan menangani tanggung jawab kita dan hal-hal tak terduga yang akan muncul dan memiliki tim yang dapat kita andalkan untuk mendapatkan umpan balik dan dukungan hanya membuat kita lebih kuat dan lebih efektif di bawah tekanan.

Berikut adalah beberapa cara bermanfaat untuk menjaga ketenangan kepemimpinan pada saat-saat penuh tekanan:

  • Jangan biarkan emosi Anda menghambat
  • Jangan mengambil keputusan secara pribadi
  • Bertindak seperti Anda telah ada di sana sebelumnya

3. Perbaikan diri

Membawa karir ke arah yang kita inginkan adalah tujuan setiap orang. Pendidikan berkelanjutan, menjadi pembaca yang rajin, berjejaring, dan menghadiri acara-acara yang menambah kemampuan adalah semua kegiatan penting yang harus diikuti.

Selektif tentang hal-hal yang Anda tuju. Dapatkan beberapa rujukan dari jaringan Anda dan kaitkan pada apa yang solid, baru, dan menarik. Jangan takut untuk memulai acara jaringan selektif dengan prospek terpilih. Rajinlah membaca buku pengembangan diri atau mendengarkan podcast yang berhubungan dengan itu semua.

4. Berpikiran Terbuka

Keterbukaan pikiran berhubungan dengan cara kita mendekati, menghormati dan mengakui pandangan dan pengetahuan orang lain. Hal terburuk yang bisa dirasakan oleh seorang pemimpin adalah “tahu semuanya”. Bersikap terbuka dan mengakui bahwa Anda tidak tahu segalanya menciptakan rasa nyaman dan kerendahan hati yang mendasari dan dapat meningkatkan kepercayaan dengan rekan dalam banyak hal yang saling menguntungkan.

5. Disiplin

Disiplin diri sejauh ini merupakan salah satu sifat kepemimpinan utama yang kita butuhkan untuk berhasil dalam pekerjaan dan kehidupan. Apakah Anda dapat mengatur semua sistem dan prosedur yang diperlukan dengan jika tidak memiliki komitmen dan disiplin pribadi untuk membangun sesuatu yang baik?

Kemampuan untuk mengendalikan dan memotivasi diri kita sendiri, tetap di jalur dan melakukan apa yang benar tidak bisa periodik, setengah jalan atau kadang-kadang. Itu harus konsisten, berkomitmen dan Anda harus sadar. Ini adalah perwujudan dari rencana aksi kepemimpinan yang serius dan bijaksana.

  • Bisakah Anda bangun satu jam lebih awal sebelum bekerja setiap hari untuk pergi ke gym atau membaca buku?
  • Apakah Anda memastikan Anda mengonfirmasi janji temu?
  • Apakah Anda konsisten menindaklanjuti dengan pelanggan dan rekan kerja untuk melihat bagaimana kinerja mereka?

6. Kasih sayang

Sifat kepemimpinan lain adalah kasih sayang. Kebaikan, kepedulian, dan keinginan untuk membantu orang lain adalah contoh dari kasih sayang dan mungkin saja di antara sifat-sifat tidak berwujud yang paling penting yang dimiliki para pemimpin. Kemampuan untuk menunjukkan belas kasih dan kepedulian terhadap mereka yang bekerja dengan Anda dan untuk membangun loyalitas, kepercayaan, dan rasa hormat.

Kata yang baik, percakapan satu lawan satu, meluangkan waktu untuk mendengarkan, penuh perhatian, mengungkapkan rasa terima kasih adalah contoh bagaimana menumbuhkan belas kasih dan kesetiaan. Ini adalah magnet yang menarik pada setiap rekan bsinis, referensi, dan pelanggan baru.

Howard Behar, mantan Presiden Starbucks International dan penulis, “It’s Not About the Coffee: Lessons on Putting People First from a Life at Starbucks” mengatakan “Tidak mungkin untuk memimpin dalam bisnis atau dalam kehidupan kecuali jika Anda benar-benar peduli pada orang. Itu adalah hal yang terpenting.”

7. Selera humor

Menurut survei Robert Half, 91% eksekutif percaya bahwa rasa humor adalah penting untuk kemajuan karir dan 84% merasa bahwa orang-orang dengan selera humor yang baik melakukan pekerjaan yang lebih baik.

Ketika tempat kerja dan pemimpin kita menumbuhkan humor, itu akan membuat tempat kerja lebih menyenangkan dan produktif. Bagi Anda yang mencari kegiatan membangun tim yang hebat, cobalah pergi untuk menonton stand up comedy atau mendaftarkan tim Anda ke club komedi. Tim yang tertawa bersama akan tumbuh lebih baik bersama!

8. Akuntabilitas

Mengambil tanggung jawab atas tindakan, keputusan, dan kinerja kita sebagai pemimpin adalah tolok ukur dalam mengevaluasi profesionalisme kita. Sifat kepemimpinan akuntabilitas kita harus berdasarkan pada strategi bukan hanya harapan semu. Para pemimpin yang efektif adalah yang mengatur diri mereka dan tim mereka untuk menang di banyak level.

Beberapa cara pemimpin dapat memupuk akuntabilitas adalah dengan:

  • Model perilaku
  • Mengatur sesi tinjauan akuntabilitas
  • Selalu mendukung dan sampaikan pendapat
  • Tetapkan tujuan SMART: Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time-bound.
  • Bersikaplah konsisten

9. Sadar Keterampilan Orang Lain

Para pemimpin yang memiliki sifat kepemimipinan yang hebat akan menggabungkan kompetensi, kepribadian, visi, dan kemampuan untuk bekerja dengan berbagai jenis orang. Keseimbangan keterampilan teknis dan keterampilan soft core people adalah formula penting bagi para pemimpin untuk tumbuh dan berkembang.

Keterampilan Orang menambah nilai bagi suatu organisasi dengan memungkinkan orang bergaul dengan orang lain melalui komunikasi yang efektif.

10. Selalu Mencari Bimbingan

Sifat kepemimpinan terakhir adalah selalu mencari bimbingan. Mengikuti contoh orang-orang sukses lainnya adalah hal yang baik. Anda bisa saja mengunjungi situs web, blog, dan acara utama tempat orang berkumpul dan berkumpul untuk berbagi ide dan sudut pandang? Pelajarilah mereka. Seorang mentor hebat yang rela menggunakan dan membagikan pengalaman, keterampilan, dan sikap mereka untuk membantu orang lain.

Untuk menemukan seorang mentor, kita perlu tahu apa yang perlu kita tingkatkan dan tujuan apa yang perlu kita tetapkan untuk membantu kita sampai di sana. Identifikasi sumber daya melalui situs web, buku, podcast, acara lokal, dan jangkauan strategis dengan sumber daya tertentu yang dapat membantu mereka. Bergeraklah dan buat diri Anda di sana. Menonjol, diperhatikan, buat perbedaan dan diingat.

 

Anda bisa membaca artikel menarik lainnya di bawah ini :