Barang Substitusi: Pengertian Dan Contohnya

Barang substitusi  merupakan barang pengganti yang dapat ditukar atau menggantikan barang lainnya tanpa kehilangan nilai atau penggunaan. Dengan kata lain, barang substitusi adalah barang yang sebanding yang dapat ditukar dengan barang lain dengan sedikit atau tanpa perbedaan.

Berbeda dengan barang komplementer atau barang pelengkap, barang substitusi adalah barang pengganti. Dalam teori ekonomi, barang substitusi adalah produk atau layanan yang dilihat konsumen sama atau mirip dengan produk lain.

Sederhananya, ini adalah barang yang bisa digunakan dengan fungsi sama namun dengan bentuk atau merk yang berbeda. Dalam bahasa ekonomi formal, x dan y adalah pengganti jika permintaan untuk x meningkat ketika harga y meningkat, atau jika ada elastisitas silang positif dari permintaan.

Barang substitusi memainkan peran penting di pasar dan dianggap bermanfaat bagi konsumen. Mereka memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen, yang kemudian lebih mampu memenuhi kebutuhan mereka.

Barang ini dipilih ketika barang pilihan telah berubah atau tidak tersedianya barang yang aslinya. Atau dalam penggunaanya lebih nyaman atau bermanfaat menggunakan barang substitusi.

Perubahan ini biasanya termasuk perubahan harga, kenyamanan, atau komposisi. Kedua barang mungkin tidak berfungsi sama persis, tetapi mereka melayani tujuan umum yang sama dan memenuhi kebutuhan pelanggan yang sama. Misalnya nasi dengan singkong.

Contoh Barang Substitusi

Beras dengan jagung atau singkong

Jika kita ingin memasak nasi, namun kita tidak punya beras. Dan mungkin lokasi untuk meperoleh beras jauh atau kita tidak mampu untuk membelinya makan beras in dapat kita ganti dengan jagung atau singkong yang mungkin tersedia di rumah anda. Anda dapat memasak jagung atau singkong makanan pokok anda.  Karena fungsi beras dengan singkong maupun jagung sama yaitu sebagai sumber energi untuk dapat menjalankan aktivitas.

Pena dan pensil

Mungkin anda ingin menulis namun tinta pena anda habis, dan anda memilki pensil yang juga dapat digunakan untuk menulis. Jadi kegunaan dari pena tadi sudah tergantinkan dengan pensil. Anda tetap dapat menulis dan mengerjakan tugas anda. Memang kedua barang ini berbea namun keduanya memilki fungsi yang sama yaitu untuk menulis.

Nasi dan mie instan

Nasi bisa diganti dengan mie isntan, jika anda males untuk masak nasi atau anda memang tinggal dikos yang sudah kelaparan dan tidak sanggup lagi untuk masak nasi anda bisa memakan mie karena waktu untuk memasak mie tidak lama.

Laptop dan komputer

Laptop dapat menggantikan komputer, misalny anda menjadi pembicar aatau anda kekampus anda tidak mungkin membawa komputer karena selain berat dan agak ribet dan sulit untuk dibawa. Maka anda bisa membawa laptop anda.

Antara laptop dan komputer memiliki fungsi yang sama jadi laptop dapat menggantikan komputer.

Santan kelapa dan santan kemasan

Saat ini sudah ada santan kemasan yang menggantikan  santan kelapa. Karena kita tidak ingin lama untuk memasak yang menggunakan santan maka kita bisa beli langsung santan kemasan. Antara santan kelapa dengan santan kemasan memilki fungsi yang sama. Sehingga kita bisa memilih salah satu jika dari kedua itu sulit dilakukakan atau hanya salah satu yang tersedia.

Premium dan pertalite

Karena persediaan premium di spbu sekarang ini sedikit, dan ketika anda ingin mengisi bahan bakar kendaraan anda kebetulan premium in tidak tersedia di spbu maka anda dapat mengisi bahan bakar menggunakan pertalite.

Gelas dan cangkir

Gelas dapat menggantikan cangkir begitu juga sebaliknya. Misalnya gelas dirumah anda semuanya pecah ketika anda ingin minum anda bisa menggunakan cangkir untuk minum.

Kursi dan tikar

Misalnya dirumah anda kursi nya sudah tidak layak dipakai atau misalnya kursi dirumah anda hanya sedikit, maka ketika ada tamu yang banyak datang kerumah anda, anda bisa menggunakan tikar untuk tempat duduk para tamu anda. Tikar ini yang disebut dengan barang substitusi yang menggantikan kursi.

Bus dan angkot

Ketika anda ingin berangkat sekolah atau kerja, namun anda ketinggalan bus yang menuju sekolah atau tempat kerja anda, maka anda bisa menggunakan angkot atau taksi yang menuju ke kantor atau sekolah anda.

Kesimpulan

Penggunaan barang substitusi ini dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Misalnya  jika harganya naik pada satu barang, kemudian tidak ada orang yang mampu membelinya dan semua orang akan membeli barang lainnya.

Konsep ini lebih merupakan teori ekonomi karena tidak ada dua barang yang persis sama, tetapi mampu menggantikan manfaat dari barang tersebut.

Dalam sebuah bisnis penggunaan barang pengganti dalam proses produksi adalah hal wajar untuk pertimbangan efisiensi dalam usaha.

Untuk meningkatkan efisiensi dalam bisnis Anda juga perlu memperhatikan proses pembukuan. Beralihlah dari proses pembukuan manual ke proses pembukuan menggunakan software akuntansi agar pembukuan Anda lebih baik.

Accurate Online adalah pilihan terbaik untuk software akuntansi bisnis Anda. Dengan segudang fitur yang Anda butuhkan, seperti rekonsiliasi otomatis, persetujuan karyawan, multi cabang dan gudang, dan masih banyak lagi fitur Accurate Online yang akan mengembangkan bisnis Anda lebih cepat.

Tunggu apalagi? Anda bisa mencoba Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Ingin mengetahui tips lainnya seputar akuntansi dan bisnis? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini: