8 Kelebihan dan Kelemahan Bisnis Franchise yang Wajib Diketahui

Bisnis franchise merupakan bisnis yang bisa menjadi jalan pintas dalam menjalankan usaha yang tidak perlu rencana bisnis dari awal. Di bandingkan dengan mendirikan bisnis sendiri, memilih jenis bisnis inibisa memberikan peluang sukses yang lebih besar. Namun, sebagaimana bisnis yang lainya, bisnis waralaba juga memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri, yang harus dipahami sebelum Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis ini.

Apa Saja Kelebihan Bisnis Franchise?

Kita mulai dengan mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dalam bisnis franchise yang akan dijalankan, yaitu:

#Manajemen Bisnis yang Sudah Terbentuk

Bisnis franchise memang sudah memiliki manajemen yang berjalan dengan baik. Sebagai pemilik bisnis, kita tidak perlu repot untuk memikirkan ide bisnis, brand, sistem bisnis dan Anda sudah bisa mempraktikanya langsung di lokasi yang baru.

#Memiliki Brand yang Sudah Dikenal

Kelebihan bisnis waralaba selanjutnya adalah brand yang sudah dikenal di kalangan masyarakat. Hal ini tentunya akan mempermudah pemilik bisnis dalam melakukan promosi. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya, dan lebih mudah mendapat konsumen baru.

#Memiliki Manajemen Keuangan yang Lebih Mudah

Karena bisnis franchise sudah memiliki mitra, maka manajemen keuangan di dalamnya juga sudah diatur dengan baik. Sistem manajemen keuangan yang sudah teruji ini tentunya akan lebih mempermudah Anda sebagai pemilik bisnis untuk mengatur manajemen keuangan.

#Kerja Sama Partner dan Dukungan Franchisors

Dalam hal ini, kelebihan bisnis waralaba berikutnya adalah mendapat kemudahan dalam membuat dan menjual produk, karena sudah diatur oleh manajemen. Kerja sama untuk supply bahan baku, serta strategi marketing akan diberikan oleh partner. Franchisor yang juga merupakan pemengan lisensi franchise, akan memberikan pelatihan khusus dan kiat sukses berbisnis franchise pada mitra.

Apa Saja Kelemahan Bisnis Franchise?

Setelah mengetahui apa saja kelebihan yang terdapat dalam bisnis franchise, saatnya kita mengetahui apa saja yang menjadi kelemahan dalam bisnis ini. Berikut ulasanya:

#Dikendalikan Penuh Oleh Franchisor

Franchisor atau pemilik merek dalam jenis usaha waralaba ini, tentunya memiliki kendali penuh. Misalkan saja Anda memiliki inovasi produk (ide), maka kemungkinan besar franchisor belum bisa mengabulkan, sebab memiliki aturan sendiri.

#Adanya Pembagian Keuntungan

Berbisnis franchise, berarti Anda sebagai pemilik bisnis wajib untuk membayarkan sebagian dari keuntungan, serta biaya kemitraan. Namun, tidak semua bisnis waralaba meminta bayaran tersebut, maka sebaiknya Anda bertanya dulu pada pemilik brand mengenai pembagian ini secara jelas.

#Supplier Tunggal Bahan Baku

Bahan baku produk dalam bisnis franchise sudah ditentukan oleh pemilik brand sebelumnya. Dalam hal ini, Anda tidak bisa mencari supplier sendiri. Semua sudah diatur dalam franchise, maka pemilik bisnis hanya tinggal menjalankan bisnisnya saja.

#Reputasi Bisnis Mudah Terpengaruh

Jika saja salah satu mitra franchise memiliki reputasi yang buruk, maka franchise yang Anda miliki juga bisa terkena dampaknya. Hal tersebut bisa menurunkan Omset bisnis.

Bagaimana, apakah Anda sudah mulai tertarik dengan bisnis franchise berdasarkan kelebihan dan kelemahanya? Pastikan Anda memahami terlebih dulu tentang bisnis franchise, agar lebih maksimal dalam menjalankanya.