4 Fungsi Manajemen Keuangan yang Wajib Diketahui Setiap Pelaku Bisnis

Tahukah Anda,bahwa manajemen keuangan bagi perusahaan atau bisnis yang akan kita jalankan merupakan alat yang dapat mengontrol sebagian besar kegiatan manajemen yang penting untuk dilaksanakan. beberapa keputusan penting dalam bisnis seperti mengetahui laba, arus kas serta kondisi keuangan, dapat diketahui jika manajemen keuanganya berjalan dengan maksimal. meski begitu, aktivitas manajemen keuangan ini harus dikendalikan secara rutin baik oleh manajer bisnis maupun oleh pemilik bisnis.

Fungsi Manajemen Keuangan untuk Perusahaan

Untuk bisa menjalankan manajemen keuangan dengan maksimal, maka sebagai pemilik bisnis, kita harus memahami terlebih dulu apa saja fungsi dari manajemen keuangan tersebut. Apa saja fungsinya,berikut ulasanya:

Sebagai Siklus Kehidupan Bisnis

Bisnis yang sedang berjalan, akan memiliki siklus kehidupan bisnis yang berjalan dinamis. Dalam hal tersebut, manajemen keuangan sangat dibutuhkan, dimana akan menemukan sumber dana yang tepat dengan biaya terendah, serta bisa mengendalikan biaya modal bisnis, juga tidak membiarkan leverage meningkat terlalu tinggi karena pinjaman berisiko tinggi.

Manajemen Keuangan dalam Aktifitas Operasional Normal

Dalam bisnis, aktifitas operasional yang dimulai dari menyediakan produk dan jasa serta melakukan penjualan pada konsumen, mengumpulkan uang hingga mengulangi kembali siklus operasional tersebut. Dalam hal ini fungsi manajemen keuangan adalah dapat menggerakan uang kas secara efisien pada siklus operasional tersebut. Dengan begitu, tidak akan ada istilah kehabisan uang kas, saat bisnis membutuhkan biaya operasional.

Pelaporan Kegiatan Operasional Bisnis

Kegiatan operasional bisnis Anda juga harus memiliki laporan yang dapat dipertanggung jawabkan. Hal ini penting dan biasanya akan dibutuhkan oleh pihak pemberi modal, seperti investor misalnya. Selain itu, sebagai pemilik bisnis juga memerlukan laporan kegiatan operasional dengan indikator kinerja dan performa dari berbagai bagian dari bisnis yang dijalankan. Laporan kegiatan ini juga dapat digunakan pihak lainya yang memerlukan dan memenuhi fungsi manajemen keuangan bagi suatu bisnis.

Pelaporan, Pengarsipan serta Pembayaran Pajak

Bisnis yang sudah berjalan, terlebih jika sudah berkembang pesat, akan memerlukan laporan keuangan untuk pengarsipan dan juga pembayaran pajak. Pihak pemerintah akan selalu ada untuk mengumpulkan pajak dari setiap bentuk usaha yang memenuhi kriteria wajib pajak. Fungsi dari manajemen keuangan pada poin ini adalah untuk membayar pajak secara tepat waktu.

Dapat disimpulkan bahwa manajemen keuangan merupakan keterampilan yang sangat penting dimiliki oleh seorang pemilik bisnis, agar dapat mengatur, menganalisis hingga mengambil keputusan bisnis dengan baik. Mengetahui fungsi manajemen keuangan untuk bisnis, juga dapat menjadikan bisnis semakin maju.