7 Strategi Pemasaran Untuk Peningkatan Bisnis Ritel Yang Lebih Baik

Di dunia ini, Anda akan menemukan dua tipe orang. Mereka yang suka berbelanja atau benci berbelanja. Kamu yang mana?

Bahkan jika Anda tidak suka berbelanja, pada akhirnya Anda harus melakukan pembelian suatu hari Nanti. Di era konsumtif ini, kita di jejali iklan setiap hari yang mencoba meyakinkan kita untuk membeli produk mereka. Inilah yang membuat pemasaran ritel begitu rumit. Berkat teknik pemasaran digital, bisnis e-commerce telah tumbuh dan tampaknya mengambil sebagian besar pangsa pasar dari pemilik bisnis ritel.

Menurut data yang kami ambil, sekitar 96% orang Amerika telah melakukan pembelian online setidaknya sekali. Di sisi lain, 51% lebih suka berbelanja online, tentunya budaya belanja ini tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia.

Jika Anda berpikir teknik pemasaran tradisional untuk bisnis ritel seperti menerbitkan iklan di majalah dan surat kabar masih akan sangat berhasil untuk saat ini, maka Anda salah!

Berikut adalah tujuh strategi pemasaran untuk bisnis ritel terbaik yang kami rangkum untuk meningkatkan penjualan pasar B2C atau B2B Anda sepanjang tahun.

1. Buat Iklan di Google Ads

Anda menyadari fakta bahwa orang sekarang lebih suka berbelanja online, bukan? Nah, sebagai pemilik bisnis ritel. Anda masih dapat memanfaatkan peluang ini tanpa harus teknik marketing tradisional Anda. Selain itu, Anda tidak perlu membuat platform e-commerce juga yang mungkin akan menghabiskan banyak dana.

Sebaliknya, yang harus Anda lakukan adalah berinvestasi dalam menjalankan iklan Google. Miliaran pencarian dilakukan setiap hari, dan mereka senang menggunakan Google untuk berbelanja.

Buat salinan iklan yang indah dan menarik untuk mengalami hasil yang luar biasa. Selain itu, selalu targetkan produk terbaik Anda dengan harga terbaik untuk memberikan peningkatan penjualan B2C atau B2B Anda.

2. Bangun Brand Awareness melalui Media Sosial

Kami cukup yakin sekarang Anda memiliki media sosial. Ada potensi besar untuk membangun brand awareness bisnis jika Anda menggunakan teknik pemasaran melalui media sosial.

Pada 2019, jumlah pengguna media sosial global diperkirakan akan melampaui 2,75 miliar. Bayangkan jika Anda bisa mendapatkan 2% dari pengguna ini untuk melihat produk Anda. Nah, dengan membuat dan merencanakan iklan yang tepat, Anda dapat dengan cepat mencapainya.

Namun, persaingan pada platform sosial media ini cukup tinggi. Karena itu, cobalah untuk menargetkan iklan Anda untuk produk unggulan Anda dan pastikan bahwa Anda menyebutkan detail kontak lengkap dan alamat bisnis Anda sehingga konsumen tahu ke mana harus datang.

Anda juga dapat menawarkan diskoun khusus untuk semua pengguna yang datang ke toko Anda untuk membeli sesuatu. Diskon selalu merupakan magnet yang bagus untuk memikat pembeli ke toko Anda.

3. Gunakan Guerilla Marketing

Strategi pemasaran untuk bisnis ritel selanjutnya adalah tentang menggunakan Guerilla Marketing atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi teknik pemasaran gerilya yang dilakukan di luar pemasaran digital.

Ya, ada dunia di luar lingkungan pemasaran digital. Anda tidak harus selalu berinvestasi pada teknik digital marketing saja untuk bisnis Anda. Dalam pemasaran ritel, orang yang berpikir out of the box adalah pemenang yang sebenarnya. Oleh karena itu, satu cara yang bagus untuk menarik khalayak dan diperhatikan oleh orang-orang saat mereka menjalani kehidupan normal mereka adalah melakukan guerilla marketing.

Teknik pemasaran ini adalah cara kreatif dan modern untuk mempromosikan merek atau produk Anda di jalan-jalan atau tempat umum lainnya. Biaya strategi ini berbeda karena bergantung pada lokasi dan kota yang Anda targetkan.

Misalnya, mengecat halte bus dengan tema bisnis Anda, maskot dan logo adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian. Namun, aksi seperti ini selalu memerlukan izin dari otoritas setempat dan mungkin dikenakan biaya yang cukup besar, namun teknik ini adalah sesuau yang patut Anda coba.

4. Membuat Video Marketing

Tidak ada cara yang lebih baik daripada menghidupkan produk Anda. Apakah Anda tahu berapa banyak anak yang menginginkan action figure Buzz Lightyear setelah film Toy Story pertama kali dirilis? Ya, permintaan untuk masing-masing karakter melebihi 2 juta pesanan segera setelah film tersebut diputar di bioskop saat itu.

Kisah ini membuktikan bahwa sekali Anda menghidupkan produk Anda, orang akan lebih tertarik untuk membelinya. Sekarang bukan berarti Anda harus membuat film untuk produk Anda. Namun, Anda dapat menghasilkan klip video pendek yang terkait dengan kinerja atau spesifikasi produk Anda.

Misalnya, tutorial singkat atau ulasan produk sangat bagus untuk meningkatkan kredibilitas produk Anda. Bahkan video sederhana yang menunjukkan apa yang ditawarkan toko Anda dapat menarik banyak pelanggan ke dalam bisnis Anda.

5. Memasarkan Produk Pada Ecommerce Besar dan Mendunia

Saat ini, banyak pasar B2C dan B2B didedikasikan untuk mendaftarkan bisnis pada platform mereka. Tujuan utama di balik jaringan ini adalah untuk menampilkan  produk dari perusahaan ke seluruh dunia di situs web mereka. Hal ini dapat membantu Anda menemukan banyak pembeli dan pemasok yang sejenis dalam industri Anda.

Yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan bisnis Anda pada jaringan ini. Setelah selesai, Anda akan terhubung dengan ribuan klien. Meskipun teknik ini bekerja secara online, sebagai pemilik bisnis ritel, Anda masih dapat menerima pesanan dalam jumlah besar dari pembeli dan memberi kesempatan untuk memasuki pasar internasional.

Beberapa perusahaan ecommerce terkemuka di dunia dan terpercaya adalah seperti, Alibaba, ExportHub, dan DHgate.

6. Gunakan Promo pada Hari Besar dan Liburan

Pernahkah Anda memperhatikan bahari besar apa saja yang ada selama setahun penuh? Atau pernahkah berpikir bahwa mungkin ada air atau hari musik? Mungkin saja ada, namun bukan berarati Anda harus merayakan semuanya.

Alih-alih, Anda harus fokus pada hari-hari yang terkait dengan produk Anda atau dapat membantu kampanye iklan pada bisnis, Anda juga harus lebih aktif dan menggunakan hari-hari ini besar untuk keuntungan Anda, misalnya mengadakan promo. Jangan pernah melewatkan hari populer di Indonesia seperti lebaran atau saat natal. Strategi ini adalah salah satu strategi pemasaran ritel  terbaik untuk bisnis Anda.

7. Ketahui Musim Ramai Penjualan dan Buat Rencana Sesuai Dengan Hal Itu

Semua industri mengalami pasang surut. Itu berarti, suatu hari nanti Anda akan melihat pelanggan datang ke toko Anda, sementara hari lain orang hanya akan berjalan melewati pintu Anda.

Meskipun, biasanya semua bisnis memiliki musim puncaknya ketika penjualan mereka meningkat dengan cepat. Misalnya, Anda akan selalu melihat orang bepergian lebih banyak selama liburan musim liburan sekolah dan pergantian tahun. Permintaan tiket penerbangan meningkat yang menyebabkan kenaikan harga juga. Cari tahu musim puncak Anda dan mulai merencanakan kampanye marketing sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Adaptasi Teknologi Terbaru untuk Pengembangan Bisnis Ritel lebih Baik

Hal yang terpenting dari semua strategi pemasaran bisnis ritel ini adalah selalu gunakan teknologi terbaru untuk kemudahan operasional bisnis Anda. Hal ini akan berbanding lurus dengan keuntungan dan pengembangan bisnis yang akan Anda capai.

Penggunaan teknologi terbaru akan berdampak pada efesiensi dalam berbagai bagian bisnis itu sendiri, termasuk pembukuan. Jika dahulu Anda mencatat setiap transaksi melalui proses manual yang menghabiskan banyak waktu, lalu  hadir software akuntansi berbasis desktop sebagai revolusi akuntansi yang menarik, namun cara penggunaanya dirasa masih belum optimal oleh banyak pengguna, terutama mereka yang memiliki mobilitas tinggi.

Maka akhir-akhir ini banyak berkembang software akuntansi berbasis cloud yang menjembatani kebutuhan ini, termasuk Accurate Online.

Accurate Online adalah software akutnansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak tahun 1999 dan digunakan oleh 300 ribu pengguna dari berbagai entitas bisnis, mulai dari UKM sampai perusahaan manufaktur. Telah memenangkan Top Brand Award selama 4 tahun berturut turut sebagai software akuntansi terbaik.

Anda dapat mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis, keuangan & akuntansi? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :