Tertarik Dengan Agrobisnis? Berikut 4 Usaha Agrobisnis Bermodal Kecil

Pertanian menjadi salah satu profesi yang banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia, 38% penduduk memilih untuk bertani dan mengembangkan usaha di bidang agrobisnis. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat tingkat kesuburan tanah yang sangat tinggi. Beberapa daerah diketahui kerap berinovasi di bidang pertanian, guna meningkatkan hasil panen.

Istilah agrobisnis merujuk pada usaha di bidang pertanian atau lainnya yang mendukung rantai sektor pangan atau food supply chain. Seluruh usaha berkaitan dengan penyediaan pangan masuk dalam kategori ini. Pergeseran makna agrobisnis pun terjadi kini. Pasalnya beberapa usaha di bidang lain, seperti farmasi, energi, hingga teknologi bahan yang tak lepas dari pertanian disebut agrobisnis pula.

Para pelaku agrobisnis pun mulai merangkul akademisi untuk mengembangkan usaha mereka. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi dan keuntungan. Aktivitas dari hulu ke hilir yang mencakup budidaya, proses panen, pengolahan, sampai pemasaran. Setiap orang yang bekerja di dalamnya bisa disebut sebagai pelaku agribisnis dalam artian luas.

4 Jenis Usaha Agrobisnis Bermodal Kecil

Untuk memulai usaha agrobisnis bukanlah hal mudah, terutama ketersediaan modal. Peluang usaha agrobisnis diklaim membutuhan modal yang tidak sedikit. Tetapi ada beberapa usaha agrobisnis yang ternyata bisa dimulai dengan modal kecil, seperti:

Sayuran Organik

Buat para ibu rumah tangga yang ingin berpenghasilan besar, budidaya sayuran organik bisa jadi pilihan. Tidak perlu media tanam yang luas, Anda bisa menerapkan sistem hidroponik. Dengan memanfaatkan halaman rumah yang terbatas pun, sayuran organik bisa dikembangkan.

Kian tingginya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi sayuran membuka peluang usaha baru.Mengapa sayuran organik? Karena kualitas dan tampilan sayuran jauh lebih menarik.

Rempah-Rempah

Rempah-rempah asli Indonesia dipatok dengan harga tinggi oleh dunia. Kualitas dan rasa rempah yang kuat menjadi peluang ekspor baru. Selain digunakan sebagai bumbu masak, beberapa negara juga memanfaatkan rempah-rempah sebagai bahan baku kosmetik.

Di Indonesia, beberapa brand lokal sudah memanfaatkan bahan-bahan baku rempah. Anda bisa mencoba suplai ke perusahaan kosmetik tersebut.

Buah-Buahan

Gaya hidup sehat rupanya menjadi peluang bisnis tersendiri, salah satunya agrobisnis buah-buahan berkualitas yang dihasilkan petani lokal. Mengingat harga buah yang cukup tinggi di pasaran, Anda bisa mencoba budidaya buah di lahan pribadi.

Ada banyak pilihan buah yang tidak pernah sepi peminat dan gampang dikembangkan, yakni buah naga, pisang raja, mangga, dan jeruk. Jika Anda ingin harga jual yang lebih tinggi, buah musiman bisa jadi pilihan. Perlu diingat, membudidayakan buah juga harus memperhatikan tingkat kesuburan tanah dan area pemasaran.

Bibit Tanaman

Peluang usaha agrobisnis satu ini merupakan paling sulit dari lainnya. Pasalnya, Anda harus memiliki pengetahuan dasar terkait bibit berkualitas. Bibit mana yang paling disukai oleh petani dan mana yang tidak. Meskipun sulit, Anda sebenarnya bisa mempelajari informasi tersebut secara otodidak. Sudah banyak seminar dan informasi online yang bisa dibaca secara gratis. Selama ada kemauan untuk belajar, apapun akan terasa lebih mudah.

Untuk mengetahui ide bisnis pertanian lainnya Anda dapat membacanya melalui artikel ini.

Kesimpulan

Setelah melihat peluang agrobisnis diatas kita bisa memulai dengan modal kecil dan lahan terbatas, misalnya menggunakan sistem tabulampot atau tanam buah dalam pot. Tentunya ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di kota besar, keempat usaha tersebut bisa jadi bisnis sampingan.

Kapan lagi bisa menambah pundi-pundi rupiah dengan berbagai keterbatasan? Perbanyak informasi dan belajar dari pengalaman agar usaha terus berkembang. Bukan tidak mungkin usaha Anda akan bertaraf nasional dan menyediakan lapangan pekerjaan di kemudian hari.

Untuk pengembangan usaha yang lebih cepat, ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi untuk memudahkan proses pembukuan Anda. Pilihlah software akuntansi dengan fitur terlengkap, mudah digunakan, dan harga terjangkau seperti Accurate Online.

Accurate Online sudah dikembangkan sejak 20 tahun yang lalu dan memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang sebagai software akuntansi pilihan pengguna di Indonesia. Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :