7 Cara Mudah Menghitung Keuntungan Usaha Anda

Pertanyaan yang mungkin kerap kali muncul di benak para pengusaha pemula adalah berapa keuntungan usaha saya. Setelah menjalankan bisnis dengan berbagai strategi yang diperlukan, tentu Anda harus mengetahui berapa keuntungan yang berhasil di dapatkan, agar bisa menentukan dalam pengambilan keputusan bisnis berikutnya. Perlu Anda ketahui, bahwa menghitung keuntungan usaha ini, harus detail dan runut, agar Anda mendapatkan angka pastinya.

7 Langkah Mudah Menghitung Keuntungan Usaha

Dalam hal menentukan keuntungan, biaya produksi serta harga jual memegang peranan penting. Anda harus menghitung kedua hal tersebut, sebelum memulai usaha. Berikut ini langkah mudah mengelola keuntungan usaha setiap bulan atau setiap tahunya:

1. Ketahui Pendapatan dan Beban

Pendapatan dalam akuntansi bisnis yaitu pertambahan nilai aktifa yang membuat modal menjadi bertambah. Pendapatan itu sendiri, terdiri dari pendapatan usaha dan di luar usaha. Kemudian, beban, merupakan biaya-biaya yang harus dikeluarkan perusahaan Anda yang akan mengurangi modal.

2. Identifikasi Item Biaya Produksi

Perhitungkan biaya tetap dan biaya variable yang termasuk pada biaya produksi ini. Biaya tetao seperti biaya gaji karyawan, biaya sewa gedung dan penyusutan.

3. Susun Laporan Laba Rugi

Pastikan rumus ini Anda pahami, Laba bersih = Laba kotor – beban usaha. Dengan menyusun laporan ini, kita akan menetapkan berapa harga jual ke konsumen yang seharusnya.

4. Menghitung Semua Biaya Pembentuk Harga Pokok Penjualan

Setelah itu, saatnya menentukan harga jual yang layak, dengan mengetahui terlebih dulu harga pokok produksi. Biaya itu ditambah dengan biaya lainya agar mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Adapun rumusnya untuk HPP ( harga pokok penjualan) adalah:

HPP = Bahan baku yang digunakan + Total produksi (BTKL + Overhead Pabrik) + Saldo akhir persediaan (saldo awal persediaan – saldo akhir persediaan).

Pastikan Anda juga melihat daya beli konsumen Anda. Umumnya, harga pokok penjualan juga merupakan hasil perhitungan seluruh biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi sampai ke gudang.

5. Identifikasi Saldo Persediaan Awal dengan Saldo Persediaan Akhir

Di tahap ini, saldo awal persediaan bahan baku harus dihitung. Saldo ini merupakan awal persediaan bahan baku yang merupakan total nilai persediaan bahan baku di awal periode dihitung. Kemudian, saldo awal dihitung dengan saldo akhir periode sebelumnya, yang bisa dilihat dari neraca. Bahan baku yang dimaksud juga bisa dilihat di buku inventory/ persediaan, termasuk bahan baku penolong.

6. Hitung Penjualan Bersih

Tahap berikutnya adalah untuk menghitung keuntungan usaha , dengan menghitung penjualan bersih. Penjualan bersih adalah hasil penjualan bruto atau kotor setelah dikurangi dengan potongan dan pengurangan lainya. Total pendapatan dan penjualan dikurangi factor-faktor pengurang seperti retur, diskon dan komisi.

Rumusnya adalah:

Penjualan bersih = Penjualan – retur penjualan dan pengurangan harga – potongan penjualan.

Mengetahui keuntungan yang didapatkan dari usaha yang dijalankan, tentunya mengasah kemampuan akuntansi bisnis kita agar menjadi lebih baik. Selain itu, yang terpenting, kita dapat mengetahui perkembangan usaha kita dari waktu ke waktu.

7. Gunakan Software Akuntansi Terbaik

jika Anda  merasa kesulitan dalam menghitung keuntungan usaha Anda, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk memudahkan penghitungan dan membuat laporan keuangan dengan cepat dan tepat. Dengan software akuntansi terbaik, bisnis Anda akan berjalan lebih efisien terutama dalam kegiatan akuntansi dan pengelolaan keuangan

Anda bisa menggunakan Accurate Online, sebagai solusi software akuntansi bisnis Anda. Accurate Online adalah software akuntansi buatan Indonesia yang telah memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016. Accurate Online juga telah dipake oleh 300 ribu entitias bisnis di Indonesia, mulai dari UMKM sampai perusahaan Multinasional.

Dengan Accurate Online Anda dapat menghitung keuntungan usaha Anda dengan mudah sekaligus membuat laporan keuangan dengan cepat dan tepat. Jadi tunggu apalagi? Coba Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.