4 Cara Memahami Manajemen Risiko pada Bisnis Online

Tahukah Anda, bahwa dalam bisnis online mempunyai risiko yang berbeda dengan bisnis offline atau tradisional seperti pada umumnya. Sebuah bisnis online juga selalu menghadirkan risiko bagi para pelaku bisnis tersebut, dimana kebenaran dari sebuah informasi merupakan focus utama yang harus selalu diperbarui sesuai dengan kenyataan. Jika hendak menjalankan bisnis online, maka sangat penting mengenali manajemen risikonya, agar bisnis online kita bisa meminimalisir kerugian yang mungkin dialami.

Memahami Manajemen Risiko pada Bisnis Online

Manajemen risiko itu sendiri merupakan suatu pendekatan metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman aktifitas manusia, serta pemberdayaan sumber daya terkait.Begitu juga dalam bisnis online yang marak saat ini. Dilansir dari diction.id, berikut ini cara memahami manajemen risiko bisnis online:

Kenali Risikonya

Tahap ini merupakan tahap pertama yang harus kita lakukan, dimana kita sebagai pemilik bisnis harus mengetahui risiko apa saja yang mungkin terjadi. Beberapa contoh risiko yang sering muncul seperti barang tidak laku, barang rusak, serta kerugian yang membuat tidak bisa balik modal.

Menghitung Risiko

Tahap selanjutnya adalah menghitung risiko dan ini merupakan tahapan yang penting dalam memahami manajemen risiko. Resiko kerugian dalam bisnis online bisa jauh lebih besar dibandingkan bisnis offline. Artinya, potensi penghasilan yang lebih besar bisa didapatkan juga. Hitung berapa kerugian yang mungkin terjadi saat website bisnis Anda tidak dapat diakses, atau hitung juga berapa banyak orang yang ingin bergabung dalam bisnis Anda, namun harus menundanya. Hal ini dapat memudahkan kita dalam pertimbangan penanganan risiko bisnis.

Menyiapkan Strategi dan Menerapkanya

Saatnya kita menyiapkan strategi dan menerapkanya, untuk memahami manajemen risiko pada bisnis online kita. Misalnya, jika diketahui resiko yang terjadi adalah barang Anda dibajak, maka Anda harus menyiapkan agar pengaman yang memadai untuk produk Anda. Misalnya, pastikan situs web Anda tidak down, dengan strategi memilih web hosting yang berkualitas.

Memantau Risiko

Memantau manajemen risiko dari bisnis Anda juga bisa menjadi lebih mudah, dengan membuat daftar risiko bisnis online Anda. Setelah itu, pastikan agar risiko ini bisa diminimalisir. Jangan ragu untuk segera melakukan perubahan, jika strategi awal memantau manajemen resiko, tidak bisa dilakukan. Pastikan Anda hafal dengan 5 strategi khusus, dengan judul “The 5P of Online shopping Management“, yang terdiri dari Password, Pricing, Protection, Payment method, hingga privasi.

Semoga dengan ulasan di atas, para pemilik bisnis bisa lebih memahami manajemen risiko yang memang penting dilakukan untuk memahami manajemen resiko pada bisnis online.

Menggunakan Software Akuntansi dalam Bisnis Online

Dalam menjalan sebuah bisnis, terutama bisnis online, pengaturan keuangan terperinci adalah hal yang harus Anda lakukan. Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk memudahkan kegiatan akuntansi dan pengaturan keuangan dalam bisnis Anda. Accurate Online adalah solusinya.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah terbukti dan teruji. Digunakan oleh lebih dari 300 ribu user mulai dari UMKM sampai perusahaan multinasional. Kini Anda tidak perlu khawatir dengan laporan dan pemantauan keuangan dalam bisnis Anda.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.