5 Startup Digital Sukses yang Menginspirasi dan Fenomenal

Bisnis startup atau bisnis rintisan digital merupakan suatu bisnis yang belum lama beroperasi atau bisa dikatakan sebagai bisnis yang baru didirikan dan sedang dikembangkan. Uniknya, bisnis ini memang selalu berkaitan dengan teknologi, website dan internet yang semakin berkembang di era akhir 1990 hingga saat ini. Awalnya, bisnis startup banyak didirikan di luar negeri, namun kini Indonesia sendiri sudah memiliki banyak startup yang terbilang sukses.

Startup Digital Sukses dan Fenomenal

Bisnis startup digital di Indonesia yang marak saat ini, bergerak di bidang transportasi online. Dalam pengembanganya, tidak hanya transportasi yang dibidik, kini jasa antar makanan, jasa kebersihan,jasa menginap hingga jasa pengiriman juga bisa dilakukan dalam satu aplikasi.

Kesuksesan yang dialami oleh perusahaan bisnis rintisan ini, rupanya telah banyak menginspirasi para pebisnis pemula, serta menjadi fenomenal sepanjang perjalanan bisnis startup itu sendiri.

Apa saja bisnis startup digital bidang transportasi yang sukses dan fenomenal tersebut, berikut ulasanya:

Uber

Bisa dibilang Uber adalah pioneer untuk aplikasi transportasi online yang marak saat ini di Indonesia. Perusahaan Uber sendiri berbasis di Amerika Serikat. Nilai valuasi perusahaan rintisan ini mencapai Rp. 985 triliun. Kini Uber hanya memiliki sekitar 26% keuntungan sahamnya setelah bergabung dengan Grab. Fokus utamanya, kini hanya di Negara tempat didirikanya perusahaan tersebut.

Didi Chuxing

Didi Chuxing merupakan perusahaan rintisan dalam bidang ride sharing, yang sangat popular di Beijing, tempat didirikanya. Perusahaan startup ini mampu menarik perhatian sekitar 450 ribu user dari sekitar 1.3 juta penduduknya.

Air BnB

Air BnB merupakan startup digital yang dibuat untuk membantu orang menemukan tempat menginap seperti hotel, guest house, apartemen bahkan rumah sekalipun. Kelengkapan dan kemudahan akses di Air B n B menjadikan startup ini sukses besar di beberapa Negara barat.

Grab

Grab yang sudah hadir di beberapa Negara di Asia, termasuk Indonesia ini, merupakan startup digital yang sukses dengan semua inovasi yang dibuatnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam satu aplikasi.

Gojek

Saingan terbaik Grab adalah Gojek. Gojek adalah bisnis rintisanl karya anak bangsa yang menjadi sukses, sebagai perusahaan jasa untuk berbagai kebutuhan dalam satu aplikasi seperti halnya Grab.

Secara garis besar, terdapat kesamaan pada setiap bisnis startup digital tersebut. Hal itu terletak pada tidak adanya aset fisik perusahaan seperti yang dimiliki suatu perusahaan pada umumnya. Itu berarti perusahaan startup tersebut tidak perlu melaporkan asset dalam laporan keuanganya.

Selain itu, mereka melakukan sharing economy, dimana tidak saja pemilik perusahaan yang diuntungkan, tetapi penggunanya juga bisa mengambil manfaat dan keuntungan dari bisnis startup digital tersebut.

Membangun Startup Sukses dengan Pembukuan yang Baik

Jika Anda berencana membangun bisnis, hal yang pertama harus Anda lakukan adalah melakukan pembukuan bagi bisnis Anda. Pembukuan adalah hal yang mendasar untuk dilakukan pada saat Anda memulai bisnis. Tanpa pembukuan yang baik, hampir bisa dipastikan bahwa bisnis akan sulit berkembang.

Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk memudahkan proses pembukuan usaha Anda. Accurate Online solusi software akuntansi yang bisa Anda pilih.

Accurate Online sendiri adalah software akuntansi yang telah ada di Indonesia sejak tahun 2000 dan sudah digunakan oleh 300 ribu lebih pengguna. Hanyya 200 ribu perbulan Anda bisa mendapatkan fitur terlengkap untuk software akuntansi yang ada di Indonesia.

Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini. 

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis, keuangan & akuntansi? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini: