Panduan Pemula dalam Memahami Laporan Keuangan

 

Jika Anda tidak terbiasa dengan laporan keuangan, tentunya laporan ini tampak seperti hal sulit yang hanya berisi angka dan lebih baik diserahkan kepada akuntan atau bagian keuangan lainnya.

Namun, kabar baiknya: Anda tidak perlu buku mahal dan sulit dipelajari untuk memahami laporan keuangan. Ketika Anda tahu cara membacanya, Anda dapat melacak kinerja perusahaan Anda, merencanakan arus kas bulan-ke-bulan, dan menghitung pajak dengan mudah.

Berikut adalah panduan sederhana untuk menggunakan laporan keuangan untuk bisnis kecil Anda.

Apa Tepatnya Laporan Keuangan itu?

Laporan keuangan adalah dokumen yang memberi tahu Anda:

  • Dari mana uang Anda berasal
  • Kemana uang Anda pergi
  • Dana apa saja yang saat ini Anda miliki untuk dikelola dalam pengembangan bisnis

Laporan keuangan meringkas informasi akuntansi Anda dengan cara yang (relatif) mudah dimengerti. Laporan ini dibuat dengan interval yang teratur, tergantung pada kebutuhan Anda. Bagi sebagian besar pemilik usaha kecil, baik bulanan atau triwulanan.

Ada beberapa jenis laporan keuangan yang dapat Anda gunakan, tergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan. Disini kita akan fokus pada dua pernyataan kunci: neraca, dan laporan laba rugi.

Ada jenis laporan keuangan ketiga yang perlu dipertimbangkan, yang tidak tercakup di sini: Laporan arus kas. Ini paling berguna jika bisnis Anda menggunakan akuntansi akrual, bukan berdasarkan akuntansi kas. Jika Anda tidak yakin jenis apa yang Anda gunakan pada bisnis Anda, luangkan waktu untuk mempelajari perbedaan antara basis kas dan akuntansi akrual.

 

Dari mana Laporan Keuangan Berasal?

Laporan keuangan dihasilkan tiga cara berbeda:

1. Dengan Aplikasi atau Software

Jika Anda menggunakan perangkat lunak akuntansi, akan secara otomatis menghasilkan laporan keuangan untuk bisnis Anda. Perlu diingat bahwa laporan Anda hanya akan dapat diandalkan jika aplikasi akuntansi Anda akurat dan mutakhir. Seperti Accurate Online atau Accurate Lite, software akuntansi yang bisa Anda gunakan untuk membuat segala laporan keuangan. Selama dalam mencatat secara akurat pengeluaran juga pendapatan Anda (faktur dibayar dan tertunda) hal itu akan membuat laporan keuangan yang berguna untuk Anda. Untuk cara melihat berbagai laporan keuangan pada Accurate Lite, Anda bisa kunjungi halaman ini

2. Oleh bagian pembukuan

Bagian pembukuan pada divisi keuangan di perusahaan Anda biasanya bisa membuat laporan keuangan untuk Anda, dan juga memastikan keuangan Anda akurat dengan laporan  terkini.

3. Oleh seorang akuntan

Anda dapat mengirim data pembukuan Anda ke akuntan, dan mereka akan membuat laporan keuangan untuk Anda. Ini tidak sepenuhnya diperlukan kecuali jika Anda memberikan laporan kepada investor atau pemegang saham. Seorang pada bagian pembukuan atau bookeeper dapat melakukan ini dengan lebih terjangkau.

Cara Membaca Laporan Keuangan

Neraca atau Laporan Posisi Keuangan

Neraca seperti sebuah gambaran keuangan  bisnis Anda yang saat ini berdiri, neraca memberitahu Anda dengan tepat berapa banyak uang yang harus Anda kerjakan. Meskipun dapat dilakukan setiap bulan, pada Accurate Online neraca dapat dibuat hingga tanggal terkini.

Membaca Neraca

Neraca Anda dibagi menjadi tiga bagian:

  • Aktiva atau Aset. Semua uang yang harus Anda kelola. Ini dibagi menjadi akun piutang dan kas. Piutang Akun terdiri dari faktur terutang, yang Anda harapkan akan dibayar kedepannya. kas terdiri dari semua uang yang Anda hasilkan tahun ini, hingga saat ini.
  • Kewajiban atau Liabilitas. Analoginya ini adalah hutang Anda. Secara umum, itu termasuk pinjaman, pembayaran kredit, atau hutang lainnya. Dalam pembukuan, ini dikenal sebagai liabilitas.
  • Ekuitas. Uang diinvestasikan di perusahaan Anda. Ini bisa termasuk pendapatan yang ditahan. Di beberapa perusahaan, ini adalah uang investor, atau saham yang Anda miliki. Itu juga bisa berupa uang yang Anda dapatkan sebagai pinjaman. Di Accurate Online, Ekuitas terdiri dari Penghasilan Bersih Anda.
    Cara terbaik untuk memahami bagaimana ketiga bagian neraca bekerja sama adalah dengan mengingat persamaan ini:

Aset = Ekuitas – Kewajiban.

 

Menggunakan Neraca

Info pada neraca Anda membantu Anda:

  • Melihat status finansial Anda dan lacak dari waktu ke waktu
  • Melacak utang yang telah Anda lunasi
  • Mengelola pinjaman atau uang investor
  • Menghitung pajak Anda, gunakan info dari neraca yang Anda hasilkan selama tahun anggaran

 

Laporan Laba Rugi

Sementara neraca memberi tahu Anda berapa banyak uang yang harus Anda kerjakan  dan berapa banyak utang Anda namun  itu tidak memberi tahu bagaimana hasill dari apa yang sudah Anda kerjakan.

Di sinilah guna dari laporan laba rugi. Laporan ini memberi tahu Anda berapa banyak uang yang Anda hasilkan dan berapa banyak yang telah Anda habiskan sepanjang tahun.

Laporan laba rugi dibagi menjadi dua bagian — Penghasilan atau Laba dan Dikurangi Biaya atau Pengeluaran.

Penghasilan atau Laba

Bagian pertama pada bagian ini adalah penjualan, merangkum semua uang yang telah telah dihasilkan atas faktur yang telah Anda keluarkan.

Bagian kedua, harga pokok penjualan (HPP), merangkum biaya pembuatan produk Anda. Misalnya, jika Anda membuat kaos khusus untuk klien, biaya kaos dan pencetakan akan dikategorikan sebagai HPP. Jumlah ini dikurangi dari Penjualan Anda sebelum menjumlahkan Penghasilan Anda (Ditagih).

Biaya

Biaya terdiri dari semua biaya non-HPP yang Anda alami dalam menjalankan bisnis.

Menggunakan Laporan Laba Rugi

Info tentang laporan laba rugi membantu Anda:

  • Melihat bagaimana pengeluaran memengaruhi bisnis Anda, dan kurangi biaya
  • Membuktikan bisnis Anda berkelanjutan, sehingga Anda bisa mendapatkan pinjaman atau investasi
  • Melacak investasi jangka panjang, bagaimana keputusan bisnis memengaruhi profitabilitas Anda
  • Mendapatkan pandangan sekilas dari pengeluaran Anda yang dapat dikurangkan
  • Menghitung besaran pajak Andaa, gunakan info dari neraca dan laba rugi yang Anda hasilkan selama tahun anggaran

Kesimpulan

Laporan keuangan memberi Anda semua info yang Anda butuhkan untuk pengambilan keputusan, meningkatkan profitibilitas dan pelaporan pajak dalam perkembangan bisnis Anda. Untuk memudahkan hal tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi akuntasi terpercaya seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi akuntansi berbasis cloud yang menjawab kebutuhan proses pengelolaan keuangan pada bisnis Anda. Accurate Online juga memiliki beragam fitur laporan yang lengkap seperti laporan neraca, laporan arus kas, laporan laba rugi, grafik pendapatan disertai perbandingan dan juga fitur perpajakan yang berlaku di Indonesia. Fitur yang tidak ada pada aplikasi akuntansi lainnya. Jadi tunggu apalagi?

Segera unduh accurate online gratis melalui tautan ini, kelola laporan keuangan Anda menjadi lebih mudah.

 

 

Anda juga bisa membaca artikel menarik lainnya dibawah ini :