Cara Mengatur Arus Kas Dengan Software Akuntansi

 

Banyak pemilik bisnis yang hanya memiliki sedikit rencana untuk mengatur arus kas mereka. Sebelumnya, segala hal berjalan dengan lancar ketika tiba-tiba permasalahan arus kas ini menjadi masalah besar bagi bisnis Anda. Misalnya, Anda harus berjuang keras untuk memenuhi daftar karyawan yang harus Anda gaji atau putus asa mencari pembiayaan tambahan, yang tentunya ini bisa membuat Anda menghabiskan banyak waktu yang terbuang sia sia.

Ini adalah masalah umum, bahkan untuk bisnis yang sedang berkembang pesat dan menguntungkan.

Menyiapkan proyeksi arus kas akan memungkinkan Anda untuk meramalkan keuangan bisnis Anda lebih akurat. Termasuk risiko kehabisan pendanaan atau lebih baik lagi, hal ini akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk mengambil keputusan penting sebelum terlambat.

Berikut adalah cara mengatur arus kas yang tepat dengan menggunakan software akuntansi:

 

1. Rencanakan Proyeksi Arus Kas Bulanan

Proyeksi arus kas adalah perkiraan dari dana yang Anda rencanakan mengalir masuk dan keluar pada bisnis Anda, termasuk semua proyeksi pendapatan dan pengeluaran Anda selama periode tertentu.

Meskipun proyeksi arus kas biasanya mencakup periode 12 bulan, Anda dapat menyesuaikan ini sesuai dengan keuangan yang ingin Anda lihat dengan mempersingkat perkiraan untuk mencakup periode yang lebih pendek, seperti sebulan atau bahkan seminggu.

Untuk pemilik usaha kecil, memproyeksikan arus kas membantu memberi Anda gambaran yang lebih jelas tentang ke mana arah bisnis Anda berjalan dan bagaimana Anda dapat melakukan improvisasi yang tepat. Proyeksi arus kas juga membantu menumbuhkan manajemen kas yang baik dan memberikan Anda lebih banyak waktu untuk memutuskan hal yang tepat untuk bisnis Anda

Anda harus memiliki perkiraan yang baik dari arus kas Anda untuk bisnis kecil Anda. Misalnya, proyeksi Anda dapat membantu Anda memperkirakan surplus atau kekurangan dana yang masuk, dan kemudian Anda akan siap untuk membuat keputusan strategis berdasarkan data itu.

 

2. Mempercepat Arus Kas Masuk

Semakin cepat Anda mengolah dana kedalam bisnis Anda, semakin kecil kemungkinan Anda akan beralih ke jalur kredit, dan Anda juga akan memperlancar perputaran arus kas.

Cara melakukannya dengan Accurate Online : Ada beberapa fungsi sederhana dan praktis dari Accurate Online yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat arus kas masuk Anda, seperti:

Menggunakan Accurate Online untuk memproses tagihan atau impor laporan penjualan saat bepergian

Melakukan hal ini akan membantu uang mengalir ke bisnis Anda lebih cepat, dan mengurangi risiko keterlambatan penagihan. Jika Anda adalah pelaku bisnis online yang akkrab dengan ecommerce di Indonesia. Anda bisa juga bisa mengimpor laporan penjualan pada ecommerce dengan fitur impor penjualan.

fitur ini disediakan oleh Accurate online yang memungkinkan anda untuk melakukan proses import atas transaksi penjualan pada media/aplikasi lainnya. Saat ini import penjualan ke Accurate online bisa dilakukan dari ecommerce (bukalapak, tokopedia & shopee)

Kemudahan memeriksa piutang kapanpun, dimanapun

Pantau piutang secara otomatis Anda dengan menampilkan widget pengingat piutang atau hutang dalam Dashboard Accurate Online. Hal ini memudahkan Anda melacak akun yang belum dibayar, dan memutuskan kapan harus mulai melakukan penagihan pada pembayaran yang mengalami keterlambatan. Jika terdapat klien berhutang kepada Anda dan belum membayar dalam jangka waktu yang Anda berikan kepada mereka, pastikan untuk berkomunikasi dengan mereka!

 

3. Memperlambat Arus Kas Keluar

Dengan menggunakan Accurate Online, dapat membantu Anda menjaga perputaran kas dalam bisnis terkontrol dengan memperlambat arus kas keluar.

Cara melakukannya adalah dengan : Misalnya, Anda dapat melacak tagihan yang memberikan potongan harga jika dibayar lebih awal, hal ini untuk menghindari bunga dan melakukan penghematan. Anda juga dapat menggunakan skema ini untuk para pelanggan Anda, membayar lebih cepat maka akan ada potongan harga. Seperti yang telah dibahas pada artikel ini 

 

4. Pantau Pengeluaran & Pemasukan Arus Kas Secara Rutin

Aplikasi akuntansi Accurate Online akan  sangat membantu mengelola arus kas bisnis Anda, jika Anda memantau perputaran arus kas secara rutin. Accurate Online akan mengoptimalkan manajemen arus kas bisnis Anda jika disertai dengan sikap penggunanya. Anda harus secara teratur membandingkan angka, termasuk arus kas masuk dan keluar secara aktual sesuai dengan proyeksi Anda, dan jangan lupa untuk menyesuaikan perkiraan Anda sesuai kebutuhan bisnis yang sedang berjalan.

Anda bisa mengunduh Accurate Online secara gratis melalui link ini

 

 

Anda juga bisa membaca artikel menarik lainnya dibawah ini :