Mengenal Dua Jenis Biaya Tetap yang Ada dalam Bisnis

Apa itu Biaya Tetap?

Seperti diketahui dalam artikel ini, biaya tetap adalah biaya yang konstan pada berbagai tingkat output yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Biaya Tetap juga biasa disebut biaya non-variabel, biaya stand-by, biaya periode atau biaya kapasitas. Biaya tetap tidak mengikuti perubahan volume produksi selama periode waktu tertentu dan dalam rentang aktivitas yang relevan.

Dua Jenis Biaya Tetap

Biaya Tetap atau fixed cost dibagi menjadi dua jenis yaitu : Committed Fixed Cost dan Discretionary Fixed Cost. Perbedaan dari dua jenis biaya ini adalah sebagai berikut :

1. Committed Costs

Commited cost atau biaya komitmen adalah biaya yang wajib dan harus dikeluarkan. biaya ini seperti biaya sewa bangunan, biaya pabrik atau peralatan yang perannya penting dalam menyediakan fasilitas produksi. Penyusutan, asuransi, sewa, properti, pajak, juga termasuk contoh dari committed costs. Karena biasanya setelah melakukan pembelian, pabrik atau peralatan produksi dengan sendirinya akan terdepresiasi.

Biaya-biaya ini disebut biaya berkomitmen karena mereka berkomitmen untuk biaya tersebut untuk jangka waktu lama. Terkadang committed cost diabaikan untuk keputusan jangka pendek. Namun harus tetap diingat bahwa biaya depresiasi tetap akan berkurang.

 

2. Discretionary fixed cost

discretionary fixed cost  atau biaya tetap diskresioner adalah pengeluaran untuk biaya pada periode tertentu atau aset tetap, yang dapat dihilangkan atau dikurangi tanpa berdampak langsung pada laba yang didapatkan dari suatu bisnis. Terkadang dalam suatu bisnis tidak banyak pengeluaran untuk Discretionary fixed cost atau biaya tetap dikrisioner, tetapi nilai dari biayan ini biasanya bisa sangat besar, sehingga patut ditinjau ulang oleh manajemen.

Membatasi pengeluaran yang sebenarnya penting pada akhirnya akan berdampak negatif terhadap daya saing bisnis. Apalagi jika dibatasi dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu, pengurangan biaya ini biasanya hanya akan dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, seperti beberapa berbulan-bulan sampai setahun. Pada akhirnya, bisnis perlu memperbarui pengeluaran ini, dan mungkin harus melakukan peningkatan pengeluaran di masa depan untuk menutupi kekurangan di masa lalu.

Dengan demikian, manajemen lebih mungkin untuk memangkas biaya diskresioner hanya ketika sebuah perusahaan menghadapi kekurangan kas jangka pendek, dan akan kembali mengimprovisasi bisnis  segera setelah arus kas membaik.

terus menerus mengurangi jenis biaya ini pada akhirnya akan mengalami penurunan kesadaran merek, penggantian produk yang kualitasnya lebih buruk, dan/atau penurunan efektivitas karyawan, tergantung pada jenis pengeluaran yang dikurangi. Jadi kesimpulannya,  meskipun biaya-biaya ini diklasifikasikan sebagai biaya diskresioner, biaya ini harus dikurangi ketika benar-benar diperlukan untuk melakukannya.

Berikut ini dapat dianggap biaya tetap diskresioner:

  • Kampanye iklan
  • Pelatihan karyawan
  • Hubungan Investor
  • Hubungan Masyarakat
  • Kegiatan penelitian dan pengembangan untuk produk tertentu

Pada tingkat definisi yang lebih luas, biaya diskresi dapat dianggap sebagai pusat biaya keseluruhan, seperti fungsi kebersihan, pemasaran, atau perusahaan. Pemahaman ini berlaku ketika manajemen memutuskan untuk sepenuhnya keluar dari unit bisnis, dengan kata lain bisnis secara permanen mengurangi biaya tetap diskresi yang terkait dengan unit bisnis tersebut dan mungkin dengan semua biaya yang terkait.

Dalam menentukan besaran biaya dalam setiap kas yang Anda buat, ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi untuk meminimalisir risiko pencatatan. Gunakan aplikasi akuntansi terpercaya, teruji, dan mudah digunakan. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate online. Accurate online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan tanpa perlu install dan dapat dipakai dimana saja dan kapan saja. Ayo coba segala kelebihan fitur dari Accurate online untuk memajukan bisnis Anda.

Anda bisa mencoba secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Anda bisa membaca artikel menarik lainnya dibawah ini :