Mengetahui Lebih Jauh Tentang Perusahaan Dagang

Pengertian Sederhana Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang tidak asing lagi di dalam bisnis. Karena ini merupakan istilah yang sering diucapkan oleh entrepreneur usaha yang handal. Dari segi etimologi, perusahaan jenis ini adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan produk/jasa. Singkatnya perusahaan ini adalah perusahan yang bergerak dalam bidang perdagangan.

Karena hal itu, aktifitas perusahaan jenis ini terkait dengan pemesanan produk, penyediaan sekaligus penjualan produk kepada konsumen atau pelanggan yaitu masyarakat banyak.

Makna dari hal diatas ialah, perusahaan akan memesan atau memproduksi produk untuk dijual kembali. Dari sana, perusahaan akan mendapatkan keuntungan atau profit.

Ciri-Ciri Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang tentu berbeda dengan perusahaan lain, seperti perusahaan angkutan, perusahaan air negara dan lain sebagainya. Perbedaan ini bisa dilihat dari ciri-ciri yang dimiliki oleh perusahaan perdagangan. Ini dia ciri-ciri atau karakteristik perusahaan dagang, yaitu:

  1. Memiliki aktivitas beli, simpan dan jual barang
  2. Tidak melakukan produksi sendiri melainkan memesan dari perusahaan lain sebagai produsen
  3. Biasanya profit bersih sudah dipotong berbagai pembiayaan operasional dan modal barang
  4. Metode usaha yang dilakukan adalah niaga murni, yaitu tanpa pengolahan produk
  5. Penghitungan akuntansi menggunakan sistem single step by step

Jika ada perusahaan dengan ciri-ciri di atas, bisa dipastikan itu perusahaan perdagangan. Maka dari itu, pelajarilah terlebih dahulu sebelum melakukan kerjasama dengan perusahaan ini.

Jenis-Jenis Perusahaan Dagang

Jenis-Jenis perusahaan perdagangan dibagi menjadi dua, yaitu, menurut produk yang dijual dan berdasar target konsumennya. Dari dua unsur inilah, dipetakan jenis-jenis perusahaan dagang yang berbeda-beda. Ini dia penjelasan yang lebih detail:

1. Berdasarkan Produk yang Dijual

Menurut produk yang dijual, perusahaan jenis ini dibagi menjadi dua yaitu perusahaan dagang untuk barang produksi dan perusahaan dagang untuk barang jadi.

Perusahaan Untuk Barang Produksi

Perusahaan perdagangan untuk barang produksi adalah perusahaan yang menjual produk dalam bentuk barang baku. Nantinya, produk tersebut bisa digunakan untuk menghasilkan produk yang baru.

Perusahaan Untuk Barang Jadi

Perusahan yang hanya menjual barang jadi adalah perusahaan perdagangan yang hanya menjual barang jadi. Artinya, produk tersebut, sudah bisa digunakan secara langsung oleh masyarakat konsumen.

2. Berdasarkan Target Konsumen

Jenis perusahaan perdagangan berdasarkan target konsumen, terbagi menjadi tiga yaitu perusahaan besar, perusahaan perantara dan perusahaan retail. Ini dia penjelasannya, yaitu:

Perusahaan Besar

Perusahaan besar adalah perusahaan yang melakukan pembelian produk besar-besaran, karena jumlah target konsumennya juga besar. Biasanya, produk ini akan kembali dijual ke masyarakat dalam jumlah besar pula.

Perusahaan Perantara

Perusahaan perantara adalah perusahaan perdagangan yang menjual produknya ke pihak agen. Nantinya, agen tersebut yang akan memasarkan kepada masyarakat. Hal ini dilakukan, karena yang lebih tahu spesifikasi konsumen adalah agen perantara tersebut.

Perusahaan Retail

Perusahaan retail adalah perusahaan perdagangan yang menjualkan produknya hingga ke pihak pemasok yang paling bawah, yaitu warung dan toko. Sedangkan pemasok seperti mini market juga masuk pada jenis ini. Hal ini dilakukan, jika permintaan dari konsumen terbawah, cukup banyak.

Jadikan Pembukuan Semua Jenis Usaha Dagang Lebih Mudah Dengan Accurate Online

Setelah Anda mengetahui lebih jauh tentang usaha dagang, hal penting lainnya yang harus ada dalam setiap usaha adalah pembukuan, karena tanpa pembukuan tentu pengembangan bisnis akan sulit. Jika Anda baru memulai usaha, tidak ada salahnya untuk menggunakan pembukuan manual. Namun jika usaha Anda sudah besar ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi untuk efisiensi waktu dan juga meminimalisir kesalahan.

Anda bisa mencoba Accurate Online sebagai solusi pembukuan bisnis yang lebih baik. Accurate Online memiliki fitur terlengkap, harga terjangkau, dan mudah digunakan. Telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis usaha. Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :