Manfaat Dan Tips Manajemen Waktu Yang Baik Untuk Bisnis Anda

Pengertian Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah proses perencanaan dan pengendalian berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tertentu. Manajemen waktu yang baik memungkinkan seseorang untuk menyelesaikan lebih banyak dalam periode waktu yang lebih singkat, menurunkan stres, dan mengarah pada kesuksesan karier.

Salah satu kemampuan penting dalam menjalankan sebuah bisnis adalah manajemen waktu yang baik. Jika Anda tidak dapat mengatur waktu dengan baik, tidak mungkin Anda akan mencapai sesuatu yang telah direncanakan sebelumnya. Manajemen waktu akan sulit diterapkan jika Anda tidak menghargai waktu sama sekali. Ketika Anda menyia-nyiakan waktu yang dimiliki, maka akan terasa sangat berat saat berusaha mencapai kesuksesan bisnis.

Jika ingin berhasil dalam berbisnis, manajemen waktu harus diperhatikan dengan baik. Mereka yang telah sukses juga memiliki waktu yang sama dengan Anda, sehingga Anda tetap memiliki kesempatan untuk berhasil. Jadi, ini bukan tentang berapa banyak waktu yang Anda miliki. Ini tentang seberapa efektif Anda mengatur waktu.

Manfaat Manajemen Waktu

Kemampuan untuk mengatur waktu Anda secara efektif adalah penting. Manajemen waktu yang baik mengarah pada peningkatan efisiensi dan produktivitas, lebih sedikit stres, makan akan ebih banyak kesuksesan dalam hidup begitupun dengan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa manfaat mengatur waktu secara efektif:

1. Menghilangkan stres

Membuat dan mengikuti jadwal tugas mengurangi kecemasan. Saat Anda memeriksa item pada daftar “to do list“, Anda dapat melihat bahwa Anda membuat kemajuan nyata. Ini membantu Anda menghindari stres karena khawatir tentang apakah Anda menyelesaikan sesuatu.

2. Lebih banyak waktu

Manajemen waktu yang baik memberi Anda waktu ekstra untuk dihabiskan dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang dapat mengatur waktu secara efektif menikmati lebih banyak waktu untuk dihabiskan untuk hobi atau kegiatan pribadi lainnya.

3. Lebih banyak peluang

Mengelola waktu dengan baik mengarah pada lebih banyak peluang dan lebih sedikit waktu yang terbuang untuk kegiatan sepele. Keterampilan manajemen waktu yang baik adalah kualitas utama yang dicari oleh pemberi kerja. Kemampuan untuk memprioritaskan dan menjadwalkan pekerjaan sangat diinginkan untuk organisasi mana pun.

4. Kemampuan untuk mewujudkan tujuan

Individu yang mempraktikkan manajemen waktu yang baik mampu mencapai tujuan dan sasaran dengan lebih baik, dan melakukannya dalam waktu yang lebih singkat.

Daftar Tips untuk Manajemen Waktu yang Efektif

Setelah mempertimbangkan manfaat dari manajemen waktu, mari kita lihat beberapa cara untuk mengatur waktu secara efektif:

1. Tetapkan tujuan dengan benar

Tetapkan tujuan yang dapat dicapai dan diukur. Gunakan metode SMART saat menetapkan tujuan. Intinya, pastikan tujuan yang Anda tetapkan adalah Spesifik (Specific), Terukur (Measurable), Dapat Dicapai (Attainable), Relevan (Relevant), dan Tepat Waktu (Timely).

Misalnya, setiap malam sebelum tidur, buat daftar kegiatan untuk hari berikutnya. Hal ini memang sedikit menganggu waktu tidur Anda. Tetapi dengan membuat daftar kegiatan, Anda secara efektif menetapkan kegiatan apa yang akan dilakukan pada hari berikutnya. Dengan begitu, Anda memiliki acuan untuk bisa bekerja secara maksimal. Secara tidak langsung hal itu akan menghindarkan Anda dari waktu yang tidak efisien.

2. Prioritaskan dengan bijak

Prioritaskan tugas berdasarkan kepentingan dan urgensi. Misalnya, lihat tugas harian Anda dan tentukan yang mana:

Penting dan mendesak: Lakukan tugas ini segera.

Penting tetapi tidak mendesak: Putuskan kapan melakukan tugas-tugas ini.

Mendesak tetapi tidak penting: Delegasikan tugas-tugas ini jika memungkinkan.

Tidak mendesak dan tidak penting: Sisihkan ini untuk dilakukan nanti.

3. Tetapkan batas waktu untuk menyelesaikan tugas

Menetapkan batasan waktu untuk menyelesaikan tugas membantu Anda menjadi lebih fokus dan efisien. Melakukan upaya ekstra untuk memutuskan berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk dibagikan untuk setiap tugas juga dapat membantu Anda mengenali masalah potensial sebelum timbul. Dengan begitu Anda dapat membuat rencana untuk berurusan dengan mereka.

Bukan hanya keuangan yang harus di audit, waktu yang telah dihabiskan juga harus audit. Luangkan waktu beberapa saat untuk menilai bagaimana Anda menghabiskan waktu. Anda bisa menggunakan buku kegiatan harian atau ponsel Anda untuk mencatat segala kegiatan yang dilakukan.

Apakah waktu yang dihabiskan digunakan dengan baik ? Apakah ada waktu yang terbuang percuma ? Anda bisa menilai kapan waktu yang sering Anda habiskan dan memastikan tidak ada waktu yang terbuang percuma.

4. Istirahat di antara tugas-tugas

Ketika melakukan banyak tugas tanpa istirahat, lebih sulit untuk tetap fokus dan termotivasi. Biarkan beberapa waktu jeda antar tugas untuk menjernihkan pikiran Anda dan menyegarkan diri Anda. Pertimbangkan untuk tidur sebentar, pergi berjalan-jalan pendek, atau bermeditasi.

Anda mungkin tidak berpikir bahwa ini akan membantu mengatur waktu Anda dengan lebih baik, tetapi bermeditasi dan berolahraga setiap pagi akan membuat tubuh Anda lebih bugar. Dengan begitu, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas rutin yang biasa dilakukan. Sehingga waktu yang dimiliki bisa digunakan dengan baik. Setelah berolahraga, pikiran Anda juga akan lebih segar dan dapat berfikir jernih untuk mengerjakan tugas yang ada.

5. Atur diri Anda

Manfaatkan kalender Anda untuk manajemen waktu jangka panjang. Tulis tenggat waktu untuk proyek, atau untuk tugas-tugas yang merupakan bagian dari penyelesaian proyek secara keseluruhan. Pikirkan hari-hari mana yang terbaik untuk mendedikasikan tugas tertentu. Misalnya, Anda mungkin perlu merencanakan rapat untuk membahas arus kas pada hari ketika Anda tahu CFO perusahaan ada di kantor.

6. Hapus tugas / kegiatan yang tidak penting

Penting untuk menghapus aktivitas atau tugas yang berlebihan. Tentukan apa yang penting dan apa yang pantas untuk waktu Anda. Menghapus tugas / kegiatan yang tidak penting membebaskan lebih banyak waktu Anda untuk dihabiskan untuk hal-hal yang benar-benar penting.

Salah satu pemboros waktu terbesar yang Anda miliki adalah kebiasaan buruk. Entah itu menonton film ,pergi ke pesta, terlalu banyak menggunakan media sosial, bermain game, sering pergi minum-minum bersama teman, atau sebagainya. Kebiasaan-kebiasaan buruk itu menyita sedikit waktu berharga yang kita miliki.

Gunakan waktu Anda dengan bijak dengan menghilangkan kebiasaan buruk Anda jika Anda serius mencapai tujuan besar dalam hidup. Anggaplah waktu sebagai sebuah emas yang harus Anda jaga dengan baik

7. Rencanakan ke depan

Pastikan Anda memulai setiap hari dengan ide yang jelas tentang apa yang perlu Anda lakukan – apa yang perlu dilakukan HARI INI. Pertimbangkan untuk membiasakan diri, pada akhir setiap hari kerja, untuk maju dan menulis daftar “yang harus dilakukan” untuk hari kerja berikutnya. Dengan begitu Anda bisa menyentuh tanah keesokan paginya.

Menemukan seorang mentor yang dapat membimbing Anda dalam memanajemen waktu juga adalah hal penting. Anda akan mudah terbuai untuk melakukan kegiatan lain yang diluar rencana jika tidak memiliki mentor. Pengalaman yang dimilikinya akan membuat Anda memiliki sebuah manajemen waktu yang luar biasa. Selektif dalam memilih mentor, pastikan dia bisa membantu Anda setiap saat.

Konsekuensi Manajemen Waktu Yang Buruk

1. Alur kerja yang buruk

Ketidakmampuan untuk merencanakan ke depan dan tidak berpegang teguh pada tujuan berarti efisiensi yang buruk. Misalnya, jika ada beberapa tugas penting yang harus diselesaikan, rencana yang efektif adalah menyelesaikan tugas terkait secara bersamaan atau berurutan.

Namun, jika Anda tidak merencanakan ke depan, Anda akhirnya harus melompat bolak-balik, atau mundur, dalam melakukan pekerjaan Anda. Itu berarti berkurangnya efisiensi dan produktivitas yang lebih rendah.

2. Waktu terbuang

Manajemen waktu yang buruk menghasilkan waktu yang terbuang. Misalnya, dengan berbicara dengan teman di media sosial saat melakukan tugas, Anda mengganggu diri sendiri dan membuang waktu.

3. Kehilangan kendali

Dengan tidak mengetahui apa tugas selanjutnya, Anda menderita kehilangan kendali atas hidup Anda. Itu dapat berkontribusi pada tingkat stres dan kecemasan yang lebih tinggi.

4. Kualitas kerja yang buruk

Manajemen waktu yang buruk biasanya membuat kualitas pekerjaan Anda menurun. Misalnya, harus buru-buru menyelesaikan tugas pada menit terakhir biasanya mengurangi kualitas dari hasil pekerjaan itu sendiri.

5. Reputasi yang buruk

Jika klien atau atasan Anda tidak dapat mengandalkan Anda untuk menyelesaikan tugas secara tepat waktu, harapan dan persepsi mereka tentang Anda akan terpengaruh. Jika klien tidak dapat mengandalkan Anda untuk menyelesaikan sesuatu tepat waktu, mereka kemungkinan akan membawa bisnis mereka ke tempat lain.

Kesimpulan

Tidak hanya pada bisnis Anda, manajemen waktu juga berhubungan langsung dengan hidup Anda. Jika Anda bisa mengatur waktu dengan baik, maka kualitas hidup yang baik juga bisa Anda dapatkan.

Dalam bisnis, hal krusial lain selain waktu adalah pembukuan. Tanpa pembukuan yang baik bisnis Anda akan sangat sulit berkembang.

Solusinya adalah dengan menggunakan software akuntansi untuk kemudahan pembukuan bisnis. Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai solusi untuk kemudahan pembukuan bisnis Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis dengan pengoperasian termudah dan menghasilkan laporan keuangan yang terlengkap. Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

 

Ingin mengetahui tips lainnya seputar manajemen? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini: