Biaya Operasional : Pengertian, Kategori, dan Pentingnya Bagi Bisnis

Jika Anda baru saja memulai usaha  atau sedang berpikir untuk mendirikan sebuah usaha, akan lebih baik bagi Anda untuk memahami dan mempelajari salah satu aspek terpenting dalam sebuah usaha. Aspek penting tersebut adalah biaya yang diperlukan untuk membuat usaha Anda berjalan optimal, yaitu biaya operasional.

Pengertian Biaya Operasional

Secara sederhana, biaya operasional adalah biaya yang terkait dengan menjalankan dan mengelola bisnis. biaya ini kadang-kadang disebut juga sebagai biaya dalam mengoperasikan perangkat, mesin atau peralatan. Biaya ini adalah sumber daya dalam organisasi untuk mempertahankan proses bisnis, karena bisasanya biaya ini adalah biaya sehari-hari yang dikeluarkan dalam kegiatan bisnis normal. Tentunya biaya-biaya ini muncul pada laporan laba rugi.

Pentingnya Biaya Operasional dalam Bisnis

Biaya operasional adalah komponen utama dari perhitungan pendapatan operasional, dan pendapatan operasional adalah komponen penting dari banyak ukuran finansial. Dengan demikian, semakin rendah biaya operasionl perusahaan, semakin menguntungkan sebuah bisnis secara umum.

Beberapa hal dapat memengaruhi biaya inil adalah seperti strategi penetapan harga, harga bahan baku atau biaya tenaga kerja, tetapi karena item-item ini secara langsung berkaitan dengan keputusan yang diambil manajer sehari-hari, tindakan finansial berdasarkan biaya operasional juga merupakan ukuran fleksibilitas manajerial dan kompetensi, khususnya selama menghadapi masa ekonomi yang sulit.

Penting juga untuk dicatat bahwa beberapa industri memiliki biaya operasi yang lebih tinggi daripada yang lain. Inilah sebabnya mengapa membandingkan biaya operasional atau pendapatan  hanya bisa dilakukan jika  pembandingnya adalah perusahaan dalam industri yang sama, dan definisi biaya “tinggi” atau “rendah”  suatu laba harus dibuat dalam konteks ini juga.

Kategori Biaya Operasional

Anda harus mengeluarkan uang untuk menjalankan bisnis Anda. Anda memiliki biaya pemasaran dan biaya administrasi, dan secara bersama-sama ini membentuk biaya operasional Anda. Ketika Anda mempelajari untuk memeriksa biaya-biaya ini secara terperinci, Anda dapat menemukan cara untuk memotong biaya dan mengevaluasi efektivitas dana yang Anda habiskan untuk menjaga bisnis Anda terus berjalan.

Bagilah biaya operasional dalam bisnis Anda ke dalam berbagai kategori sehingga Anda dapat memahami bagaimana Anda menanggungnya setiap bulan. Berikut adalah kategori dari biaya operasional.

Biaya Variabel

Anda memiliki beberapa pengeluaran yang dapat berubah dari minggu ke minggu atau bulan ke bulan. Biaya-biaya ini naik ketika Anda memproduksi atau menjual lebih banyak. Contohnya termasuk upah produksi, bahan baku dan biaya pengiriman.

Anda dapat melacak ini selama periode satu tahun dan membaginya dengan 12 untuk menemukan biaya variabel rata-rata. Setiap kali Anda memutuskan untuk meningkatkan produksi, ketahuilah bahwa Anda akan meningkatkan biaya variabel Anda.

Biaya Tetap

Beberapa biaya yang Anda keluarkan adalah tetap setiap bulan. Ini termasuk pembayaran sewa atau hipotek, gaji untuk karyawanl non-produksi, asuransi, pembayaran sewa, hosting internet, layanan telepon, dan pemeliharaan gedung.

Pikirkan biaya tetap Anda sebagai biaya layaknya Anda membuka pintu setiap hari. Anda dikenakan biaya tetap, tidak peduli berapa banyak atau seberapa sedikit Anda memproduksi atau menjual.

Cari cara untuk meningkatkan penjualan sambil memotong biaya tetap, dengan begitu Anda dapat membangun keuntungan perusahaan Anda lebih besar.

Untuk mengetahui perbaedaan biaya tetap dan biaya variabel lebih mendalam, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

Biaya Bunga

Meskipun ada yang menganggap pengeluaran dari bunga hutang adalah sebagai ” biaya tetap” karena jumlahnya selalu sama setiap bulan, Anda harus melihatnya sebagai biaya tersendiri yang Anda keluarkan karena Anda meminjam uang untuk mengembangkan bisnis Anda.

Pantau pos pengeluaran Anda pada pinjaman, proteksi cerukan, kartu kredit perusahaan, dan saldo yang belum Anda bayar kepada vendor. Kategorikan ini sebagai biaya bunga ketika menghitung total biaya operasional Anda.

Setiap kali Anda memutuskan untuk mendanai ekspansi bisnis dengan uang pinjaman, Anda akan tahu Anda berencana untuk meningkatkan porsi bunga dari biaya operasional Anda.

Penyusutan

Bagian dari biaya operasional Anda mencakup nilai yang Anda hilangkan setiap bulan untuk bangunan, peralatan, kendaraan, dan pealatan kantor. Penyusutan ini dihitung sebagai biaya operasional yang sedang berlangsung dan harus dimasukkan ketika Anda melakukan proses pembukuan setiap bulan.

Kesimpulan

Seperti halnya metrik keuangan apa pun, biaya operasi harus dibandingkan selama beberapa periode pelaporan untuk memahami tren apa pun yang terjadi. Perusahaan terkadang dapat memangkas biaya untuk kuartal tertentu sehingga menggembungkan pendapatan mereka untuk sementara waktu.

Jika Anda seorang investor atau pemilik usaha, tentunya Anda harus memantau biaya untuk melihat apakah Biaya operasional ini meningkat atau menurun dari waktu ke waktu sambil juga membandingkan hasil tersebut dengan kinerja pendapatan dan laba.

Untuk mengelola keseluruhan biaya ini dengan mudah, Anda dapat menggunakan software akuntansi terbaik, Accurate Online. Accurate Online sendiri adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah memenangkan Top Brand Award sebagai software akuntansi terbaik selama 4 kali berturut – turut sejak 2016.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

 

Ingin mengetahui artikel lainnya seputar bisnis? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :