Sudahkah Anda Melakukan Financial Check Up?

Tidak hanya kesehatan tubuh saja yang perlu dicek secara berkala, keuangan pun juga perlu dilakukan check up agar bisa tahu masalah yang ada. Meski demikian, masih banyak yang tidak melakukannya. Apalagi bagi para pelaku usaha kecil yang sekadar mengandalkan laporan sederhana di akhir tahun saja.

Apakah Financial Check Up Penting?

Jika ditanya penting atau tidak, tentu penting. Yang namanya check up adalah menganalisa apakah ada masalah atau tidak. Dan kalau ada masalah meski kecil, nantinya bisa segera mengantisipasinya. Bagi yang sudah memiliki sistem keuangan yang terlalu kompleks, memang butuh Financial Check Up secara berkala. Bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali.

Dalam prosesnya, Financial Check Up bisa dilakukan dengan melihat aspek-aspek penting yang berhubungan dengan sistem keuangan, yaitu seperti Total Aset yang dimiliki, Total Hutang atau Kewajiban, Total Pendapatan dan Pengeluaran, serta Total Tabungan yang dimiliki.

Selain bisa mengetahui kondisi sistem keuangan, keuntungan melakukan Financial Check Up adalah sebagai berikut :

1. Menjaga Kesehatan Keuangan

Kalau Medical Check Up bisa menjaga kesehatan tubuh, maka Financial Check Up juga akan bisa menjaga kesehatan keuangan kita. Dalam mengelola keuangan memang tidak mudah. Meskipun sudah menggunakan software akuntansi, tetap saja dari sisi SDM nya perlu melakukan check up secara berkala untuk melihat semua aspek-aspek seperti yang disebutkan di atas.

Financial Check Up bisa meminimalisir terjadinya kebangkrutan karena masalah-masalah kecil yang kadang tidak terdeteksi.

2. Bisa Lebih Bijak dalam Menggunakan Uang

Jika seseorang sudah berhadap dengan uang, biasanya akan muncul nafsu untuk terus menggunakan. Dalam dunia usaha, menggunakan uang perlu kehati-hatian. Tidak bisa sembarangan mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang tidak jeas dan tidak memberikan dampak positif bagi usahanya. Uang keluar harus jelas digunakan untuk apa.

Itulah jika sudah melakukan Financial Check Up, maka dalam menggunakan uang akan bisa lebih bijak lagi.

Kalau untuk kebutuhan personal, tentu juga berdampak positif. Karena kadang gaya hidup membuat seseorang lebih suka mengeluarkan uang yang tidak jelas fungsinya. Tahu-tahu uangnya sudah habis.

3. Bisa Tahu Cash Flow Keuangan

Kadang ketika menggunakan uang tidak sadar kalau itu sudah sangat berlebihan. Sehingga sudah tidak ingat lagi uangnya digunakan untuk apa saja. Financial Check Up akan membantu kita untuk mengetahui cash flow atau arus dana yang kita miliki sudah digunakan untuk apa saja. Sehingga dengan tahu apa yang sudah pernah di keluarkan, nantinya bisa memangkas pengeluaran yang tidak perlu.

4. Untuk Merencanakan Masa Depan

Karena sudah tahu cash flow nya dan segala aspek keuangan yang dimiliki, maka kita bisa dengan mudah untuk mengalokasikan dana untuk kebutuhan masa depan. Misalnya saja ingin membuka cabang usaha baru atau membangun kantor baru dan lain-lain.

Dan selain itu bisa mengkalkulasikan keuangan di masa depan. Ya meskipun hanya sebuah prediksi, akan tetapi dengan melihat kondisi kesehatan keuangan yang ada saat ini dan diimbangi dengan pengelolaan yang terus sehat, maka di masa depan bisa memprediksi kondisi keuangannya.

Melakukan Financial Check Up ini bisa dilakukan siapa saja, tidak hanya untuk sebuah usaha tetapi juga individu. Dan tidak terpatok untuk yang memiliki penghasilan besar saja, berapa pun penghasilan yang dimiliki bisa saja melakukan financial check up. Karena dasar dari ini adalah untuk mengetahui kesehatan keuangan dan pengelolaan keuangan yang lebih baik lagi.

Baca juga :