Masalah Keuangan yang Sering Dihadapi Banyak Orang

Banyak masyarakat kita yang masih ‘gagap finansial’, mungkin ini adalah salah satu masalah yang dialami oleh negara berkembang. Gagap finansial di sini adalah tidak bisanya mengatur keuangan dengan baik sehingga akan memicu masala keuangan yang berhubungan dengan keseharian. Ini tidak ada hubungannya dengan orang kaya atau miskin, tetapi bagaimana seseorang bisa mengelola keuangan pribadi maupun keluarganya dengan baik dan jelas.

Masalah keuangan ini sangat perlu diberikan edukasi, karena jika dibiarkan akan berdampak pada kondisi yang tidak kondusif. Biasanya yang menyebabkan masalah keuangan muncul adalah faktor pendidikan dan gaya hidup. Faktor pendidikan di sini bukan berarti orang yang memiliki jenjang pendidikan lebih tinggi berarti mampu mengelola keuangan dengan baik, belum tentu. Akan tetapi pendidikan tentang pentingnya menyadari bahwa finansial itu perlu dikelola, bukan sekadar untuk digunakan saja.

Kemudian masalah gaya hidup inilah yang juga memiliki pengaruh besar terhadap masalah keuangan yang ada di masyarakat.

Lantas apa masalah keuangan yang sering dialami oleh kebanyakan orang?

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Tidak Memiliki Tabungan

Tabungan adalah salah satu instrumen investasi yang paling mudah digunakan orang. Sayangnya masyarakat kita masih belum memiliki kemauan untuk menabung. Yang mana ini menandakan kebanyakan belum bisa menentukan tujuan keuangannya di masa depan.

Yang sangat disayangkan adalah alasan tidak mau menabung adalah tidak memiliki uang. Padahal menabung tidak melulu harus besar nominalnya. Karena tidak ada tabungan, sehingga muncul berbagai masalah di kemudian hari. Misalnya terjadi sesuatu yang butuh uang mendadak, tidak ada uang yang bisa digunakan. Atau ketika masa tua tidak memiliki uang untuk kebutuhan hidupnya.

Banyak Hutang

Nah karena tidak punya tabungan, akhirnya jalan satu-satunya adalah berhutang. Masyarakat kita masih banyak suka yang berhutang. Sebenarnya tidak masalah, asal bisa menutupnya. Akan tetapi hutang yang ada saat ini memiliki bunga yang terus bertambah, sehingga banyak masyarakat kita yang terjebak hutang dan merasa tidak ada habisnya.

Akhirnya pun gali lubang tutup lubang. Ini masalah keuangan yang sangat serius jika tidak ada solusinya.

Bahkan dengan adanya gaya hidup yang serba digital sekarang ini, seseorang akan lebih mudah untuk berhutang. Misalnya membeli barang secara online tetapi melalui sistem kredit.

Selalu Mengandalkan Kartu Kredit

Adanya kartu kredit ini juga akan menjadi masalah keuangan yang serius jika tidak tahu bagaimana mengelolanya. Banyak yang pada akhirnya terjerat hutang sangat besar karena kebiasaan menggunakan kartu kredit. Ya kita tahu bahwa masyarakat kita memang suka berhutang, dengan selalu mengandalkan kartu kredit ini akan menjadi boomerang yang sewaktu-waktu membunuh keuangan sendiri.

Suka Telat Bayar Tagihan

Kebiasaan lain yang sering masyarakat kita lakukan adalah suka telat bayar tagihan. Entah karena lupa tanggalnya atau memang karena faktor finansial. Tapi ini jelas sangat membuat masalah keuangan baru, karena dengan tepat membayar tagihan akan muncul denda-denda yang itu tidak baik untuk keuangan.

Yang awalnya alokasi untuk pembayaran tagihan sekian rupiah, akhirnya menjadi bengkak karena denda akibat telat bayar.

***

Dari sekian banyak masalah keuangan yang sering muncul di masyarakat ini, lantas apa yang jadi penyebabnya. Tentu yang pertama adalah masalah edukasi finansial. Banyak masyarakat kita masih belum memiliki edukasi tentang perencanaan dan pengelolaan keuangan baik itu untuk kebutuhan pribadi maupun keluarga. Sehingga inilah yang menyebabkan tidak banyak orang bisa menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran.