Pengertian Inflasi, Dampak Baik, dan Cara Menghadapinya

Apa itu Inflasi?

Sederhananya, pengertian inflasi adalah kenaikan jangka panjang dalam harga barang dan jasa yang disebabkan oleh devaluasi mata uang. Meskipun ada keuntungan terhadap inflasi yang akan kita bahas nanti di artikel ini, aspek pertama pada beberapa aspek negatif dari inflasi dan pengertian inflasi itu sendiri

Masalah-masalah inflasi muncul ketika kita mengalami inflasi yang tidak terduga yang tidak diimbangi oleh peningkatan pendapatan masyarakat yang cukup. Jika pendapatan tidak meningkat seiring dengan harga barang, daya beli setiap orang telah berkurang secara efektif, yang akhirnya dapat menyebabkan ekonomi melambat atau stagnan. Selain itu, inflasi yang berlebihan juga dapat mendatangkan malapetaka pada tabungan pensiun karena mengurangi nilai tukar pada dana yang ditabung

Penyebab Inflasi

Setelah kita membahas tentang pengertian inflasi, sekaran kita bahas tentang penyebab inflasi. Jadi apa sebenarnya yang menyebabkan inflasi dalam suatu perekonomian? Tidak ada jawaban pasti yang disetujui, tetapi ada berbagai teori, yang semuanya memainkan beberapa peran dalam inflasi:

1. Uang yang Beredar

Inflasi terutama disebabkan oleh peningkatan jumlah uang beredar yang melebihi pertumbuhan ekonomi.

Sejak negara-negara industri pindah dari standar emas selama beberapa abad yang lalu, nilai uang ditentukan oleh jumlah mata uang yang beredar dan persepsi publik tentang nilai uang itu sendiri. Ketika Bank sentral memutuskan untuk memasukkan lebih banyak uang ke dalam sirkulasi pasar dan berharap meningkatkan pertumbuhan ekonomi, nilai uang dapat jatuh karena perubahan persepsi publik tentang nilai mata uang yang mendasarinya. Akibatnya, devaluasi ini akan memaksa harga barang  naik karena fakta bahwa setiap unit mata uang sekarang bernilai lebih rendah.

Salah satu cara untuk melihat efek uang beredar pada inflasi adalah cara yang sama dengan barang yang diburu kolektor. Semakin langka suatu barang tertentu, semakin berharga harganya. Logika yang sama berlaku untuk mata uang; semakin sedikit mata uang yang ada dalam jumlah uang beredar, semakin bernilai mata uang itu. Ketika pemerintah memutuskan untuk mencetak mata uang baru, mereka pada dasarnya mengurangi nilai uang yang sudah beredar.

2. Utang Nasional

Kita semua tahu bahwa utang nasional yang tinggi pada suatu negara adalah hal yang buruk, tetapi apakah Anda tahu bahwa itu benar-benar dapat mendorong inflasi ke tingkat yang lebih tinggi dari waktu ke waktu? Alasannya adalah bahwa ketika utang negara meningkat, pemerintah memiliki dua pilihan: mereka dapat menaikkan pajak atau mencetak lebih banyak uang untuk melunasi utang.

Kenaikan pajak akan menyebabkan bisnis bereaksi dengan menaikkan harga mereka untuk mengimbangi peningkatan tarif pajak perusahaan. Alternatifnya, jika pemerintah memilih opsi yang terakhir, mencetak lebih banyak uang akan langsung mengarah pada peningkatan jumlah uang beredar, yang pada gilirannya akan menyebabkan devaluasi mata uang dan kenaikan harga (sebagaimana dibahas pada point pertama).

3. Demand-Pull Effect

Demand-Pull Effect menyatakan bahwa ketika upah meningkat dalam sistem ekonomi (sering terjadi dalam ekonomi yang sedang tumbuh dengan pengangguran rendah), orang akan memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan untuk barang-barang konsumsi. Peningkatan likuiditas dan permintaan barang-barang konsumsi ini menghasilkan peningkatan permintaan akan produk. Sebagai akibat dari meningkatnya permintaan, perusahaan akan menaikkan harga ke tingkat yang akan ditanggung konsumen untuk menyeimbangkan penawaran dan permintaan.

Contohnya adalah peningkatan dalam permintaan konsumen untuk produk atau layanan yang ditentukan oleh masyarakat menjadi murah. Misalnya, ketika upah pekerja bangunan menurun, banyak orang mungkin memutuskan untuk melakukan proyek perbaikan rumah . Peningkatan permintaan untuk barang dan jasa perbaikan rumah ini akan menghasilkan kenaikan harga oleh pekerja bangunan, tukang listrik, dan kontraktor umum lainnya untuk mengimbangi peningkatan permintaan. secara bersamaan hal ini akan menaikkan harga di seluruh aspek pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan konstruksi

4. Cost-Push Effect

Faktor lain dalam menaikkan harga barang dan jasa konsumen dijelaskan oleh teori ekonomi yang dikenal sebagai efek dorongan biaya. Pada dasarnya, teori ini menyatakan bahwa ketika perusahaan dihadapkan dengan peningkatan biaya input seperti barang mentah dan upah, mereka akan mempertahankan profitabilitas mereka dengan memberikan peningkatan biaya produksi ke konsumen dalam bentuk harga yang lebih tinggi.

Contoh sederhana adalah kenaikan harga susu, yang niscaya akan menaikkan harga cappuccino disetiap kedai kopi lokal di kota Anda.

5. Nilai Tukar Mata Uang

Inflasi dapat diperburuk oleh meningkatnya eksposur ke pasar luar negeri. Dalam basis sehari-hari, sebagai konsumen mungkin tidak peduli tentang nilai tukar mata uang, tetapi dalam ekonomi yang semakin global, nilai tukar merupakan salah satu faktor paling penting dalam menentukan tingkat inflasi.

Ketika nilai tukar mata uang begitu banyak sehingga mata uang negara kita menjadi kurang berharga dibandingkan dengan mata uang asing, hal ini membuat barang dan barang asing menjadi lebih mahal bagi konsumen dalam negeri. Sementara secara bersamaan membuat barang, jasa, dan ekspor ke luar negeri menjadi lebih murah untuk konsumen di luar negeri.

Perbedaan nilai tukar antara ekonomi dalam negeri dan mitra dagang luar negeri dapat mendorong penjualan dan profitabilitas perusahaan-perusahaan lokal. Hal ini akan meningkatkan profitabilitas dan daya saing mereka di pasar luar negeri. Tetapi juga memiliki efek simultan dalam membuat barang-barang impor menjadi lebih mahal bagi konsumen di dalam negeri.

Apakah Inflasi Selalu Berarti Buruk?

Dalam kenyataannya, para ekonom umumnya berpendapat bahwa beberapa inflasi adalah hal yang baik. Tingkat inflasi yang sehat dianggap sekitar 2-3% per tahun. Tujuannya adalah inflasi yang diukur dengan Indeks Harga Konsumen, atau CPI akan  melebihi pertumbuhan ekonomi yang mendasarinya jika diukur dengan Produk Domestik Bruto, atau PDB dengan jumlah yang kecil per tahun.

Tingkat inflasi yang sehat dianggap positif karena menghasilkan peningkatan upah dan profitabilitas perusahaan dan membuat modal mengalir dalam ekonomi yang terus tumbuh. Selama segala sesuatunya bergerak relatif positif, inflasi tidak akan merugikan.

Cara lain untuk melihat sejumlah kecil inflasi adalah bahwa ia mendorong konsumsi. Misalnya, jika Anda ingin membeli barang tertentu, dan tahu bahwa harganya akan naik 2-3% dalam setahun, Anda akan terdorong untuk membelinya sekarang. Dengan demikian, inflasi dapat mendorong konsumsi yang pada gilirannya dapat lebih merangsang ekonomi dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja.

pengertian inflasi dan cara bertahannya

9 Strategi untuk Mengurangi Efek Inflasi Pada diri Anda

Satu pertimbangan paling penting yang diperkenalkan oleh inflasi ke dalam proses perencanaan keuangan Anda adalah: Berapa banyak nilai investasi saya agar tidak tergerus inflasi?

Banyak strategi yang dapat kita gunakan untuk melindungi nilai terhadap inflasi, tetapi teknik-teknik ini harus digunakan secara strategis dan efektif untuk memanfaatkan keuntungan mereka. Sepuluh cara terbaik untuk memerangi inflasi adalah sebagai berikut:

1. Menghabiskan uang untuk investasi jangka panjang

Hampir dari kita semua suka menabung. Tetapi ketika datang ke investasi jangka panjang , terkadang membelanjakan uang sekarang memungkinkan Anda memperoleh manfaat dari inflasi yang akan datang. Sebagai contoh, Anda mengambil pilihanuntuk membeli rumah dan prediksi memproyeksikan inflasi yang signifikan selama 50 tahun ke depan. Ketika Anda mempertimbangkan Anda dapat membayar dengan uang yang bernilai kurang dari sekarang, maka Anda menggunakan inflasi untuk keuntungan Anda. Hal lain di mana Anda dapat memanfaatkan inflasi adalah : proyek perbaikan rumah, belanja modal untuk bisnis, atau investasi besar lainnya.

2. Investasikan pada komoditas

Komoditas, seperti minyak, memiliki nilai inheren yang tahan terhadap inflasi. Tidak seperti uang, komoditas akan selalu tetap diminati dan dapat bertindak sebagai lindung nilai yang sangat baik terhadap inflasi. Untuk sebagian besar dari kita, bagaimanapun, membeli komoditas di pasar terbuka mungkin terlalu menakutkan. Dalam hal ini, Anda dapat mempertimbangkan Exchange Traded Funds (ETFs) berbasis komoditas yang menawarkan likuiditas saham dengan kekuatan lindung nilai inflasi dari investasi komoditas.

3. Investasikan pada emas dan logam mulia

Emas , perak , dan logam mulia lainnya, seperti komoditas, memiliki nilai inheren yang memungkinkan mereka untuk tetap kebal terhadap inflasi. Bahkan, emas digunakan untuk menjadi bentuk mata uang pilihan sebelum pindah ke mata uang kertas terjadi. Dengan itu dikatakan, bahkan logam mulia dapat menjadi bagian dari bubble spekulatif.

4. Berinvestasi dalam real estat

Real estat juga secara historis menawarkan lindung nilai terhadap inflasi. Pepatah lama mengatakan: “tanah adalah satu hal yang tidak dapat mereka buat lagi.” Berinvestasi dalam real estat menyediakan aset nyata. Selain itu, properti sewaan dapat menawarkan opsi peningkatan harga sewa kepada pemilik lahan dari waktu ke waktu untuk mengikuti laju inflasi. Plus, ada alternatif tambahan dari kemampuan untuk menjual aset riil di pasar terbuka untuk apa yang biasanya merupakan pengembalian yang umumnya mengikuti atau melampaui laju inflasi

5. Tetaplah dengan ekuitas

Meskipun berinvestasi dalam obligasi mungkin terasa lebih aman, secara historis, obligasi telah gagal melebihi inflasi, dan kadang-kadang malah hancur selama periode hiper-inflasi. Dalam jangka panjang, satu-satunya sumber pengembalian yang mengalahkan inflasi adalah pasar saham . Ekuitas secara historis mengalahkan obligasi karena kemampuan perusahaan untuk memberikan kenaikan harga kepada konsumen mereka, menghasilkan pendapatan dan imbal hasil yang lebih tinggi bagi perusahaan dan investornya.

6. Pertimbangkan saham yang membayar dividen

Jika Anda memiliki toleransi risiko investasi untuk volatilitas dan horison waktu lebih dari 20 tahun hingga pensiun, pertimbangkan sekuritas pembayaran dividen. Saham Dividen menawarkan perlindungan nilai terhadap inflasi, karena dividen biasanya meningkat secara pertahun pada tingkat yang melebihi inflasi. Ini hampir menjamin apresiasi harga saham pada kecepatan yang sama, sambil menawarkan manfaat lebih lanjut ketika dividen diinvestasikan kembali.

7. Simpan Lebih Banyak

Faktanya adalah Anda mungkin akan membutuhkan lebih banyak uang untuk pensiun daripada yang Anda kira. Ada dua cara untuk mencapai tolok ukur baru Anda: Simpan lebih banyak, atau berinvestasi lebih agresif. Menyimpan lebih banyak mungkin adalah hal termudah dan paling proaktif yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kemampuan Anda mendanai pensiun yang nyaman. Jika Anda menabung Rp 250.000 sebulan, dapatkah Anda menabung Rp 500.000 sebulan jika Anda makan beberapa kali lebih sedikit dan siap untuk bekerja ? Pointnya adalah, Anda bisa. Dan ini akan membantu melindungi Anda dari inflasi di masa depan. Lihat beberapa strategi perencanaan ini untuk berapa banyak yang harus ditabung untuk pensiun berdasarkan usia.

8. Investasikan dalam koleksi

Siapa yang akan percaya laba atas investasi yang Anda dapatkan dari pembelian Motor vespa tua tahun 65? Membeli dan menjual koleksi benar-benar dapat menawarkan hasil yang disesuaikan dengan inflasi, sementara juga menjadi hobi yang menyenangkan dan menarik.

9. Menjadi penikmat seni

Fotografi, lukisan, patung, dan seni lainnya sering kali dapat memberikan hasil yang mengalahkan inflasi, meskipun tentu saja tidak selalu. Saran kami adalah menemukan yang terbaik dari kedua dunia, sebuah karya seni berharga yang Anda hargai dan tidak akan terburu-buru untuk dijual.

Konklusi

Suka atau tidak, inflasi itu nyata. Mengabaikan hal itu akan berdampak pada tabungan jangka panjang Anda dan ini adalah salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan banyak investor. Memahami penyebab dan efek merugikan dari inflasi adalah langkah pertama untuk membuat keputusan jangka panjang sebagai salah satu manajemen risiko. Langkah selanjutnya adalah mengambil tindakan. Pertimbangkan sembilan tips di atas untuk membantu Anda mengatasi pengaruh buruk inflasi yang dapat terjadi pada masa depan Anda. Untuk bisnis Anda, memakai tools yang tepat juga adalah salah satu cara Anda siap menghadapi inflasi. Pada pencatatan keuangan misalnya, Anda bisa menggunakan aplikasi pencatatan keuangan yang terpercaya dan dapat diandalakan. Dengan begitu, kedepannya Anda akan sangat mudah untuk memantau laporan keuangan dan kelangsungan bisnis.  Anda bisa menggunakan Accurate online. Software akuntansi yang sudah banyak dipakai banyak entitas usaha, mulai dari UKM sampai perusahaan multinasional.

Anda bisa mengunduh demo Accurate Online secara gratis melalui link ini

Anda juga bisa membaca artikel menarik lainnya dibawah ini :