Ingin Investasi Emas? Sebaiknya Anda Baca Ini Dulu!

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih. Karena investasi emas cukup mudah dilakukan. Selain itu harga emas yang konstan dan lebih banyak mengalami kenaikan juga menjadi faktor utama mengapa emas jadi instrumen investasi yang menarik untuk dimiliki. Ya meskipun harga emas bisa turun, tetapi siklusnya tidak sesering ketika emas mengalami kenaikan harga.

Cara investasi emas ini pun sangat mudah, Anda cukup membeli emas secara langsung atau bisa melalui perusahaan pengelola investasi emas. Trik dalam berinvestasi emas ini adalah Anda bisa membelinya ketika harga emas sedang turun. Dan nanti bisa menjualnya ketika harga emas sudah naik.

Investasi emas ini juga tidak ada kadaluwarsanya, sehingga sangat cocok untuk investasi jangka panjang.

Namun, apabila Anda ingin berinvestasi emas, tetap Anda tahu dulu apa-apa saja yang berkaitan dengan investasi ini. Dan berikut ini beberapa hal yang perlu Anda tahu sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas.

1. Investasi Emas itu Minim Risiko

Peluang Anda untuk rugi dalam berinvestasi emas ini sangat kecil. Karena meskipun harga emas juga bisa mengalami penurunan, tetapi penurunannya tidak signifikan. Jika dibandingkan dengan kenaikan harga emas, peluang harga emas turun lebih kecil. Sehingga risiko dari investasi emas ini sangat kecil.

2. Pastikan Sudah Menentukan Tujuan Berinvestasi Emas

Sama halnya dengan investasi produk lain, investasi emas ini juga perlu dipikirkan tujuannya untuk apa. Karena ini nanti akan menentukan berapa lama jangka waktu investasi emas dan nominal yang akan digunakan berinvestasi. Misalnya saja Anda ingin berinvestasi emas untuk membeli rumah 10 tahun ke depan. Berarti Anda bisa coba hitung berapa investasi yang perlu dialokasikan per bulannya untuk membeli emas.

Investasi emas ini memang lebih cocok untuk digunakan dalam jangka panjang. Karena hasilnya akan lebih terasa seiring dengan siklus kenaikan harga emas. Kalau Anda berniat untuk berinvestasi jangka pendek melalui investasi emas, rasanya kurang cocok.

3. Cek Dulu Harga Emas

Sebelum membeli, pastikan Anda sudah mencari tahu dulu berapa harga emas batangan atau per gram nya jika ingin membeli dalam gram. Sekarang ini banyak situs-situs online yang menyediakan harga emas secara realtime. Anda bisa pantau lewat situs tersebut.

Selain itu Anda juga bisa lihat siklus perkembangan harga emas, sehingga Anda bisa melihat kapan kira-kira waktu yang tepat untuk membeli emas.

4. Tentukan Jumlah Emas yang Akan Dibeli

Ini ada hubungannya dengan poin ke-2 yakni tujuan berinvestasi. Jika Anda sudah tahu tujuannya, maka Anda bisa menentukan jumla emas yang akan dibeli. Berinvestasi emas ini seperti halnya menabung, jadi usahakan setiap bulan membeli emas dengan nominal atau jumlah yang sama. Sehingga nanti tujuan Anda bisa tercapai dan mendapatkan keuntungan dari investasi ini.

5. Pilih Sistem Investasi Emas yang Sesuai

Sekarang ini banyak pilihan sistem berinvestasi emas. Anda tidak hanya bisa membeli emas batangan secara langsung dan tunai, tetapi Anda bisa membelinya mulai per gram dan secara online. Beberapa penyedia layanan bahkan sudah memiliki program Tabungan Emas. Sehingga bagi Anda yang memang memiliki budget investasi sedikit, tetap bisa berinvestasi emas rutin setiap bulannya.

Pilihlah yang sesuai dengan kondisi Anda. Dan cari kelebihan dan kekurangannya. Jangan fokus pada satu penyedia saja.

6. Beli di Tempat yang Aman dan Terpercaya

Yang terakhir adalah beli di tempat yang aman dan terpercaya. Kalau misalnya Anda membeli secara online pastikan Anda mendapatkan jaminan keamanan dan proses yang memudahkan ketika ingin dicairkan. Jika Anda membeli emas batangan secara tunai, dan ingin menyimpannya sendiri, pastikan di simpan secara aman melalui tempat yang memang digunakan untuk menyimpan emas secara aman.

Selamat berinvestasi emas.