3 Bisnis Properti dengan Modal Kecil Keuntungan Maksimal

Bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang bisa dibilang ekslusif. Beberapa bisnis properti yang muncul saat ini, umumnya dibuat dengan modal yang sangat besar dan resiko bisnis yang besar juga. Tidak jarang, untuk memulai bisnis ini, pemilik bisnis harus berutang cukup besar untuk modal membangun beberapa properti yang kemudian akan dijual kepada konsumen.

Meski begitu, bisnis ini juga merupakan salah satu bisnis yang cukup diminati. Tidak heran, sektor properti di Indonesia berkembang dengan pesat. Pertanyaan yang muncul adalah apakah ada yang mendirikan bisnis properi dengan modal kecil? Artikel ini akan membahasnya.

Bisnis Properti dengan Modal Kecil

Setelah kita ketahui, bisnis ini umumnya membutuhkan modal besar, apakah bisa dijalankan dengan modal kecil?

Jenis bisnis dengan modal kecil tapi keuntungan besar, tentunya sangat disarankan. Dibandingkan dengan melakukan pinjaman modal yang besar dengan resiko yang besar juga, lebih baik kita memulai bisnis dengan meminimalkan resiko kerugian yang mungkin terjadi. Lalu, bisnis properti apa yang bisa dijalankan dengan modal kecil?  Berikut ulasanya:

Jadilah Agen Makelar Properti

Bisnis properti sebetulnya sudah bisa dimulai dengan menjadi agen makelar properti. Dengan menjadi agen, Anda benar-benar bisa menjalankan bisnis ini tanpa modal. Anda hanya perlu mencari properti yang dijual di sekitar tempat Anda serta belum diiklankan. Agen perlu untuk menghubungi pemilik rumah, lalu menawarkan diri sebagai agen makelar dengan komisi yang tergantung dari harga jual properti tersebut. Umumnya, komisi untuk seorang agen makelar sebesar 2.5% dari harga jual rumah.

Mulai dengan Bisnis Homestay

Bisnis homestay juga merupakan salah satu bisnis properti yang menyewakan suatu properti dengan harga murah. Mencari rumah untuk homestay cukup mudah, Anda bisa memanfaatkan rumah kerabat, teman yang tidak digunakan dan tidak terawatt di kawasan pendidikan dan industry. Untuk promosi, Anda bisa melakukan iklan melalui Koran atau social media untuk target market Anda.

Membuat Situs Jual Beli Properti

Di zaman serba online seperti sekarang ini, Anda yang ingin berbisnis properti juga bisa memulai usaha ini dengan membuat situs jual beli properti. Namun, untuk menjalankan bisnis ini, Anda sebaiknya memiliki tim ahli IT, untuk membuat website resmi yang mudah diakses oleh pelanggan yang ingin membeli properti tertentu. Pastikan Anda rajin mengupdate isi website, agar calon konsumen yakin terhadap bisnis yang tengah Anda bangun.

Intinya, dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda harus memiliki keinginan serta cita-cita menjadi pebisnis. Anda juga harus mengetahui resiko dari setiap bisnis yang dijalankan, termasuk bisnis properti dengan modal kecil, agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.