4 Peran Penting Akuntansi dalam Bisnis yang Wajib Diketahui

Suatu perusahaan baik dalam skala besar maupun kecil akan memerlukan akuntansi, begitu juga dalam dunia bisnis. Suatu bisnis yang akan dijalankan nantinya akan memerlukan sebuah laporan keuangan yang akan menjadi penentu dalam pengambilan keputusan dalam bisnis itu sendiri.

Informasi keuangan dalam sebuah bisnis harus diolah dengan baik kemudian dianalisis untuk menjadi dasar pengambilan keputusan bisnis selanjutnya. Dengan menggunakan akuntansi, maka bisnis yang berjalan akan lebih disiplin dalam hal keuanganya, baik dari segi pemasukan, pengeluaran, penentuan keuntungan dan lain sebagainya.

Peran Akuntansi dalam Bisnis

Jika Anda adalah seorang pebisnis yang sudah menjalankan bisnisnya saat ini, atau Anda seorang pemula bisnis yang baru saja merintis usaha di bidang tertentu, maka penting bagi kita untuk mengetahui peran akuntansi dalam bisnis, agar kita bisa maksimal saat menggunakanya dalam pengambilan keputusan usaha kita nantinya.

Apa saja peran akuntansi dalam bisnis, berikut ulasanya:

Sebagai Pengendali Keuangan

Peran penting akuntansi sebagai pengendali keuangan, dapat kita lihat dari data-data keuangan yang ada dalam bisnis kita. Data tersebut merupakan informasi yang dapat memberitahukan kepada pemilik bisnis, apakah usahanya mendapatkan kerugian atau keuntungan. Dengan adanya informasi tersebut, maka akuntansi berperan untuk mengendalikan dan mengontrol keuangan serta memberikan evaluasi tentang performa bisnis yang berjalan.

Sebagai Penyedia Informasi dan Jawaban Tentang Keuangan

Ini merupakan peran dasar bagi akuntansi dalam bisnis. Perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan sebaiknya melakukan pencatatan setiap transaksi keuangan yang terjadi dengan rapi. Bagian akuntansi dari bisnis Anda nantinya bisa menyediakan informasi tentang keuangan yang lebih akurat dari data –data transaksi yang sudah dicatat dalam buku besar atau dengan bantuan software akuntansi khusus.

Membantu Para Stakeholders dalam Mengambil Keputusan

Adanya informasi keuangan bisnis dalam perusahaan Anda, tentunya bisa membantu para stakeholder yang merupakan bagian dari eksternal bisnis untuk lebih mudah dalam mengambil keputusan.

Stakeholder membutuhkan informasi akuntansi, karena mereka tidak pernah berinvestasi tanpa melihat dan berpegang pada laporan data akuntansi yang selalu up to date serta akurat.

Sebagai Penghubung dengan Pihak Ketiga

Peran akuntansi ternyata tidak saja menjadi penting untuk pihak internal perusahaan, tapi juga eksternal perusahaan seperti para stakeholder. Akuntan nantinya akan menjembatani  pengambilan keputusan dengan pihak ke tiga, vendor, dan pihak lainya terkait dalam laporan keuangan yang dibuat. Tidak hanya itu, akuntansi ini juga dapat membantu hal lainya, seperti hal pembayaran pajak dan pemeriksaan auditor.

Membahas peran akuntansi secara singkat ini, akan memberikan manfaat untuk para pebisnis, dalam mengatur dan mengefisienkan keuangan dalam bisnisnya. Sekarang, mulailah untuk selalu mencatat berbagai transaksi keuangan, agar mengetahu peran penting akuntansi dalam bisnis secara maksimal.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam pencatatan keuangan dan pembukuan, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk mengoptimalkan pembukuan bisnis Anda.

Accurate Online adalah softeware akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak tahun 1999 dan memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang. Fitur terlengkap dan harga yang terjangkau menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi pilihan banyak pemilik bisnis di Indonesia.

Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui Link ini.