Proses Rekonsiliasi Bank Dengan Accurate Online

Pengertian Rekonsilliasi Bank

Rekonsiliasi bank adalah proses mencocokkan saldo dalam catatan akuntansi perusahaan dengan rekening koran atau laporan bank. Tujuan dari proses ini adalah untuk memastikan tidak ada perbedaan informasi antara keduanya. Jika ada perbedaan yang terjadi antara catatan akuntansi dan rekening koran, maka perubahan dapat dilakukan pada catatan akuntansi yang sesuai. Informasi pada rekening koran adalah catatan yang dibuat bank untuk semua transaksi yang berdampak pada rekening bank dan arus kas perusahaan selama sebulan terakhir.

Rekonsiliasi bank harus dilakukan secara berkala untuk semua rekening bisnis, Anda bisa melakuan proses rekonsiliasi harian, mingguan, maupun bulanan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa catatan kas perusahaan benar. Rekonsiliasi bank juga bisa mendeteksi beberapa jenis penggelapan dana atau fraud berdasarkan fakta yang terjadi selama proses rekonsiliasi berlangsung. informasi ini dapat digunakan untuk merancang kontrol yang lebih baik atas penerimaan dan pembayaran.

Berikut Adalah Proses Rekonsiliasi Bank Melalui Accurate Online

1. Klik menu Kas & Bank lalu pilih opsi Rekonsiliasi Bank.

2. Tentukan akun bank yang akan direkonsiliasi, lalu akan ditampilkan oleh Accurate Online nilai yang ada pada Histori Bank (Accurate).

rekonsiliasi bank melalui accurate

3. Jika Anda tidak menggunakan fitur Internet Banking (fitur yang bisa mengunduh mutasi dari internet banking melalui Accurate Online), maka Anda dapat langsung mengklik satu persatu pada bagian ‘ada di Rekening Koran’ ketika dicocokan antara mutasi Histori Bank (Accurate) dengan Rekening Koran dari Bank.

rekonsiliasi bank ke 3

4. Jika Anda menggunakan fasilitas Internet Banking seperti BCA bisnis, maka klik tombol ‘Impor Data’ kemudian pilih ‘Impor Internet Banking’ dan akan tampil box untuk mengakses Internet Banking yang dimaksud. Pilih Akun Bank BCA Bisnis yang di masukkan di Relasi Akun Bank Smartlink e-Banking, lalu klik lanjut.

rekonsiliasi bank pada accurate

bca

 

5. Setelah klik Lanjut dan tunggu sampai ada konfirmasi ‘Impor Internet Banking telah berhasil di eksekusi’, yang menandakan proses impor transaksi telah berhasil dilakukan. Otomatis transaksi pada kolom Rekening Koran akan terisi sesuai dengan rekening koran pada Bank yang telah Anda impor seperti gambar dibawah ini :

rekonsiliasi bank pada accurate 2

rekonsiliasi bank 4

6. Klik ‘Cocok’ , untuk mengkonfirmasi mutasi dari Rekening Koran dengan Histori Bank telah sesuai.

proses rekonsiliasi accurate

7. Setelah Anda klik Cocok, maka transaksi yang sudah dikonfirmasi akan hilang dari tampilan Rekonsiliasi Bank.

Bagaimana jika saya tidak sengaja menekan tombol ‘Cocok’ pada transaksi yang sebenarnya tidak cocok dalam proses rekonsiliasi?

Hal ini bisa saja terjadi,  misalnya seperti aktifitas  rekonsiliasi per 31 Agustus 2018, ternyata salah tanggal menjadi 01 September 2018, sehingga terdapat dua transaksi di bulan September yang terekonsiliasi di bulan Agustus sehingga mengakibatkan kesalahan dalam proses rekonsiliasi, dimana terdapat selisih antara saldo menurut catatan histori Bank perusahaan dan saldo menurut pencatatan Rekening Koran Bank. Dalam hal ini anda bisa membatalkan status rekonsiliasi bank pada transaksi yang Anda inginkan dengan cara dibawah ini:

1. Klik menu Kas & Bank  lalu pilh opsi Histori Bank.

proses rekonsiliasi bank 1

2.  Pilih akun Bank yang akan dibatalkan stataus rekonsiliasi-nya.

proses rekonsiliasi bank 32

3. Pada bagian Filter Tanggal, masukan range tanggal transaksi yang akan di batalkan rekonsiliasinya, lalu klik Refresh.

proses rekonsiliasi bank 3

4. Selanjutnya klik checklist dari transaksi yang akan di batalkan rekonsiliasinya.

proses rekonsiliasi bank melalui accurate

5. Akan tampil notifikasi seperti dibawah ini, kemudian klik Ya.

rekonsiliasi bank 23

6. Transaksi yang sudah di batalkan rekonsiliasinya tidak ada tanda checklist seperti contoh di bawah ini

rekonsiliasi bank 278

7. Selanjutnya anda bisa melakukan pencocokan ulang atas transaksi yang telah dibatalkan rekonsiliasi-nya tersebut dari menu Rekonsiliasi Bank.

Penggunaan Laporan Rekonsiliasi Bank

Pada dasarnya rekonsiliasi ini tidak berpengaruh terhadap laporan keuangan, Namun proses  ini berguna untuk terus memantau jumlah kas agar cocok dengan rekening koran yang diterbitkan bank. Simpan salinan laporan ini setiap bulan dan transaksi yang belum direkonsiliasi, kemungkinan auditor akan memakai data ini sebagai bagian dari audit akhir tahun mereka.